5 Aneka Hewan Tertua di Dunia, Fosilnya Tercatat Ada Sejak Bumi Tercipta!



MOMSMONEY.ID - Bumi telah tercipta sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu. Tentu tak bisa dibantah jika ada banyak hewan tertua di dunia yang tercipta bahkan sebelum manusia hadir di bumi.

Mengutip dari Live Science, pada bulan November 2010 lalu, Guinness World Record menganugerahkan gelar “makhluk hidup tertua” kepada Triops cancriformis atau Udang Kecebong. Fosilnya mengatakan bahwa hewan tertua ini telah ada sejak periode Trias (sekitar 251,9 juta hingga 201,3 juta tahun lalu).

Lantas, apa saja hewan tertua di dunia yang pernah ditemukan pada ilmuwan? Simak informasinya berikut ini.


Baca Juga: 7 Hewan Pembawa Keberuntungan Bagi Pasangan dalam Hubungan Percintaan

Ubur-ubur

Mengutip Oldest.org, ubur-ubur merupakan hewan multi-organ tertua di dunia dan telah ada dalam ebberapa bentuk selama 500-600 juta tahun.

Fosil definitive tertua hewan ini telah diteliti & dirilis tahun 2007 silam dan dinyatakan bahwa usianya lebih dari 200 juta tahun, lebih tua dari fosil ubur-ubur tertua lainnya yang pernah ditemukan.

Baca Juga: 6 Perilaku Hewan yang Mirip Manusia, Ada yang Sangat Romantis hingga Doyan Berjudi

Spons laut

Spons laut diketahui sebagai salah satu hewan tertua di dunia sekaligus makhluk paling lama yang hidup di bumi, di luar dunia mikroorganisme seperti bakteri terntunya.

Bukti yang dikutip melalui Mom.com, yakni telah ditemukan fosil spons laut pada batu yang ternyata umurnya 760 juta tahin. Ini mengalahkan rekor fosil spons laut tertua sebelumnya, yakni berumur 635 juta tahun (ditemukan pada tahun 2009).

Baca Juga: 8 Hewan Terkuat di Dunia, Ada Gajah Sabana Afrika hingga Beruang Grizzly

Hiu gajah

Meskipun namanya adalah ‘hiu gajah’, namun sebenarnya hewan ini bukanlah termasuk jenis hiu melainkan hanya ikan bertulang rawan. Hiu gajah termasuk ke dalam kelompok ikan yang disebut ratfish.

Para peneliti meyakini bahwa hewan ini merupakan salah satu spesies vertebrata tertua yang diketahui, yakni sekita 400 juta tahun yang lalu. Sebab genom hiu gajah unik & sangat berbeda dari genom vertebrata hidup lainnya.

Banyak ilmuwan yang mengatakan bahwa hiu gajah mengalami sedikit perubahan dibandingkan hewan lainnya, sehingga hewan ini disebut sebagai hewan paling lambat yang berevolusi.

Baca Juga: Deretan Hewan Unik yang Tak Makan dalam Hitungan Bulanan hingga Tahunan

Coelacanth

Telah dianggap punah jutaan tahun lalu, namun sebenarnya Coelacanth masih hidup & telah ditemukan oleh para nelayan di Afrika Selatan pada tahun 1938. Dengan ditemukannya Coelacanth, maka hewan tertua di dunia ini resmi dikatakan sebagai hewan yang super langka dan terancam punah (pada saat itu).

Diperkirakan ada dan berusia 360 juta tahun, Coelacanth disebut-sebut sangat mirip dengan ikan purba yang berevolusi untuk merangkak keluar air & menjadi vertebrata darat pertama.

Baca Juga: 8 Hewan yang Punya Kebiasaan Tidur Super Aneh, Ada yang Berdiri Membuka Mata

Sianobakteri

Bakteri diyakini sebagai bentuk kehidupan tertua di bumi yang diketahui. Dan sianobakteri merupakan spesies tertua yang ada di dunia.

Stromatolit, sejenis batuan berlapis yang terdiri dari lapisan mikroba mikroorganisme berusia lebih dari 3,5 miliar tahun yang lalu, rupanya mengandung bukti aktivitas Sianobakteri ini.

Adapun bukti Sianobakteria tertua lainnya yakni berusia 2,1 miliar tahun.

Sianobakteri hidup di hampir semua habitat darat maupun perairan, termasuk tempat-tempat ekstrim seperti gurun, tanah lembap, hingga Antartika. Mereka dikenal karena warnanya biru kehijauan.

Itu dia aneka jenis hewan tertua di dunia yang bisa teridentifikasi oleh para ilmuwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti