5 Bioskop dengan layar terbesar di dunia



Melewati akhir pekan dengan pergi ke bioskop akan terasa sangat menyenangkan. Apalagi bila dikukan bersama orang tercinta, seperti pasangan, anak, keluarga, pacar, teman, dan kerabat tercinta. Teknologi audio dan desain gedung yang dibuat untuk bioskop dewasa ini memang sangat memanjakan dan memberi kenyamanan para penonton. Apalagi misalnya, kalau suatu saat diberi punya kesempatan untuk menonton film yang diputar pada layar super besar. Sebut saja ukuran layarnya 70 x 20 meter. Bukan saja menyenangkan tetapi akan memberikan kenangan indah yang tak kan terlupakan. Berikut 5 bioskop dengan layar terbesar di dunia versi Kontan.

Nama : Cinemaxx di Sylvia Park
Alamat : 2, Sylvia Park Shopping Centre 286 Mount Wellington Hwy, Mt Wellington, Auckland 1060, Selandia Baru
Berdiri sejak : 06 Juni 2006
Pemilik : Hoyts (Wanda Group Company)
Lebar layar : 101 X 43 feet (30,78 X 13,11 meter)
Harga Tiket : US$ 21,5 per orang 
Keterangan : Menurut Guinness Book of World Records, kompleks Cinemaxx di Sylvia Park di Auckland, Selandia Baru ini, merupakan bioskop dengan layar layar 35 mm terbesar di dunia. Layar tersebut khusus dibangun untuk bioskop ini. Bioskop ini memiliki proyektor dijalankan oleh lampu 8000 watt. Kompleks Bioskop ini dibangun dengan biaya lebih dari 30 juta Dollar . Ini membanggakan bukan hanya karena layar super besarnya, tetapi juga memberikan perhatian khusus untuk kenyamanan, dengan tambahan ruang untuk santai dan tempat duduk stadion. 
Sumber foto : hoyts.co.nz

Nama : Imax  Darling Harbour
Alamat : 31 Wheat Rd, Darling Harbour NSW 2000, Australia
Berdiri sejak : 01 September 1996
Pemilik : Grocon
Lebar layar : 117 X 97 feet (35,72 X 29,57 meter)
Harga Tiket : US$ 35 per orang dewasa
Keterangan : Gabungan antara layar terbesar untuk bioskop dalam ruangan (indoor) dan layar IMAX terbesar adalah layar  yang bisa ditemukan di Bioskop IMAX Panasonic di Darling Harbour, Sydney, Australia. Untuk kepentingan layar besarnya saja, dibutuhkan Lampu 15.000 Watt untuk proyektor, yang membutuhkan sebuah sistem pendingin khusus, yang memompa 57.500 kaki kubik udara dan 9,5 galon air meskipun lampu itu digunakan setiap menit. Sistem suara juga besar, sebuah system dengan 15.000 watt speaker sekitar teater, termasuk di belakang layar. Layar diperforasi untuk membiarkan suara keluar. Bioskop ini memiliki Kursi 540 orang, sehingga tidak pernah ada kekurangan tempat duduk. 
Sumber foto : imax.com.au

Nama : The Bengies Drive-in
Alamat : 3417 Eastern Blvd, Middle River, MD 21220-2147, Baltimore, Amerika Serikat
Berdiri sejak : 06 Juni 1956
Pemilik : D. Edward Vogel 
Lebar layar : 120 X 52 feet (36,10 X 16,04 meter)
Harga Tiket : US$ 10 untuk dewasa, sedangkan anak usia 4 - 10 tahun US$ 5 
Keterangan : The Bengies, Bioskop dengan tipe Drive-in, dibuka pada tanggal 6 Juni 1956. Jadwal operasi bioskop berubah setiap pekan dan acara pemutaran filmnya dimulai pada Senja. Saat film selesai diputar, maka jam operasi bioskop pun berakhir. Layar besar dengan ukuran 36 x 16 meter ini, merupakan layar film terbesar di Benua Amerika. Karena sifat pertunjukan film ini anamorphic (cinematoscope), film pun diputar tanpa suara. Artinya, di dalam mobil, penonton diharuskan membuka saluran radio FM yang sudah disediakan. Agar dapat menikmati tayangan film dengan kualitas suara Doly stereo yang sempurna, The Bengies menyarankan penontonnya untuk menggunakan car audio yang memiliki subwoofer dengan suara surround system. 
Sumber foto : bengies.com

Nama : Rosengard
Alamat : Blok menara distrik kota Rosengård
Berdiri sejak : 30 September 2010
Pemilik : Nokia
Lebar layar : 167 X 91 feet (50,90 X 27,74 meter)
Harga Tiket : Gratis
Keterangan : Penduduk Kota Rosengård tidak akan pernah lupa, ketika suatu malam disuguhi film "Prince of Persia" yang diputar pada layar raksasa berukuran 51 x 28 meter yang membentang halaman Blok Menara Distrik Kota Rosengard. Agar layar bisa berdiri tegak, diperlukan rencana matang, tim orang dan peralatan khusus, agar pada saat yang ditentukan dapat bekerja sama secara efektif dan efisien.  Layar super besar itu dirakit di luar ruangan, ditopang dua crane raksasa. Sementara itu, empat XLM HD30 proyektor, masing-masing seberat 140 kilogram, dibutuhkan untuk memproyeksikan film ke layarnya. Sekitar 1.500 orang datang melihat film ini besar dan 1.000 orang lebih lainnya menonton dari apartemen mereka atau balkon.  
Sumber foto : gigantprint.se

Nama : Studio Pinewood
Alamat : Pinewood Studios, Pinewood Road, Iver Heath, Buckinghamshire SL0 0NH, Inggris
Berdiri sejak : 30 September 1036
Pemilik : The Peel Group (73%) dan Warren James Jewellers (27%)
Lebar layar : 240 X 60 feet (73,15 X 18,29 meter)
Harga Tiket : US$ 88 per kendaraan
Keterangan : Studio Pinewood, terletak tepat di sebelah barat London, diantara rumah bergaya Victoria. Bioskop ini, memiliki layar bioskop terbesar di dunia. Pada musim gugur dan musim dingin, studio luar ruangan “Water Filming” milik mereka, disulap menjadi drive-in dengan layar lebar. Film-film yang diputarpun merupakan film-film box office dan terbaru, seperti film Mission Impossible, Bridget Jones'Diaray, Slumdog Millionaire, Gladiator, dan Batman Begins dan masih banyak lagi yang lainnya. Setelah menampilkan pertunjukan terakhir pada akhir musim dingin, fasilitas yang ada drive-in ini dikonversikan kembali ke fasilitas fasilitas “Water Filming” seperti sebelumnya. 
Sumber foto : pinewoodgroup.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Deni RIaddy