5 Cara Melindungi Kulit dari Paparan Heat Wave, Gelombang Panas Matahari



MOMSMONEY.ID - Agar kulit terhindar dari bahaya gelombang panas matahari yang semakin menjadi, gunakan beberapa tips ini.

Heat wave atau gelombang panas yang semakin hari semakin terasa tentu membuat beberapa orang khawatir dengan kesehatan kulitnya.

Untuk mengurangi bahaya paparan gelombang panas matahari atau heat wave, coba lindungi kulit dengan beberapa tips ini.


Baca Juga: Bagaimana Cara Menambah Kecepatan Berlari? Coba 6 Tips Ini

Gunakan sunscreen

Produk sunscreen wajib selalu digunakan dalam segala situasi, ya. Sunscreen tak hanya bagus untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari tapi juga sinar biru lainnya yang menyebabkan kerusakan kulit.

Pastikan untuk menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah dan juga saat di dalam rumah. Gunakan juga sunscreen yang tepat bagi wajah, bibir, sekaligus tubuh, ya.

Pakai topi

Bukan sebagai gaya, gunakan topi untuk melindungi kepala dari paparan gelombang panas matahari. Agar mendapat perlindungan makin maksimal, gunakan topi yang memiliki pelindung depan.

Perhatikan bahan topi dan sebaiknya memilih topi berbahan SPF. Jauhi menggunakan top dengan bahan jerami agar paparan panas tidak masuk melalui celah-celah topi.

Baca Juga: 6 Langkah Memperbaiki Jam Tidur Malam Agar Berkualitas dan Nyenyak

Pertimbangkan kacamata

Menurut laman UK Health Care, kacamata hitam bisa melindungi mata dari sinar UV dan mengurangi risiko katarak.

Pilihlah kacamata hitam yang menghalangi sinar UVA dan UVB untuk memberikan perlindungan terbaik. Jenis kacamata hitam yang menutupi seluruh bagian mata berfungsi paling baik karena menghalangi sinar UV masuk dari samping.

Perhatikan pakaian

Saat berada di luar ruangan, ada baiknya untuk menggunakan pakaian yang bisa melindungi kulit dari paparan gelombang panas. Contohnya seperti pakaian berlengan panjang, celana panjang, dan rok panjang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Beberapa jenis pakaian ada yang sudah dilengkapi dengan perlindungan UV dan aman digunakan di luar ruangan. Namun, lengkapi juga dengan perlindungan lain seperti jaket dan sunscreen, ya.

Kurangi kegiatan outdoor

Dengan mengurangi waktu kegiatan di luar rumah, Anda bisa melindungi kulit dari paparan radiasi matahari penyebab kanker.

Terutama saat terjadi gelombang panas, FDA menyarankan agar tidak keluar rumah di antara jam 10 pagi hingga 12 siang. Sebab itu adalah waktu di mana sinar matahari menjadi sangat intens.

Jangan lupa juga untuk selalu re-apply sunscreen setiap dua jam sekali saat sedang ada di luar ruangan agar perlindungan dari heat wave atau gelombang panas makin maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia