5 Cara mengatasi kebiasaan suka menunda suatu pekerjaan



KONTAN.CO.ID - Tidak sedikit masyarakat yang sering menunda suatu pekerjaan. Sifat ini tidak jarang membuat mereka menemui banyak kesulitan. 

Suka menunda pekerjaan atau prokrastinasi merupakan kebiasaan yang tidak baik. 

Bersumber dari The New York Times, prokrastinasi berasal dari bahasa Latin procrastinare yang berarti menunda sampai esok hari. 


Orang yang suka menunda pekerjaan biasanya menghindari tugas yang sulit. Mereka cenderung mencari pengalihan agar tidak melakukan pekerjaan tertentu. 

Kebiasaan suka menunda pekerjaan hanya akan menyulitkan diri sendiri. Anda bisa kewalahan saat pekerjaan tersebut masuk ke tenggat waktu.

Agar tidak menjadi kebiasaan, Anda perlu segera memperbaiki sikap suka menunda pekerjaan. 

Baca Juga: Yuk hindari 5 faktor ini agar tidak menghambat saat mengembangkan potensi diri

Berikut cara mengatasi kebiasaan suka menunda pekerjaan atau prokrastinasi yang dihimpun KONTAN.co.id dari Psychology Today dan Lifehack:

  • Membagi pekerjaan

Tidak jarang orang menunda pekerjaan karena merasa kesulitan mengerjakannya. Semisal, mahasiswa yang suka menunda mengerjakan tugas penelitian karena dianggap sulit. 

Mulai sekarang, cobalah untuk membagi pekerjaan atau tugas tersebut. Pecah satu pekerjaan menjadi beberapa bagian. 

Kemudian, kerjakan pekerjaan tersebut per bagian. Jika satu bagian sudah selesai, lanjutkan ke bagian selanjutnya.

  • Membuat jadwal 

Susun jadwal tugas atau pekerjaan Anda. Tulis timeline pekerjaan Anda beserta tenggat waktu yang spesifik.

Cara ini bisa menjadi pengingat Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas. Coba untuk disiplin mengikuti jadwal yang sudah Anda buat. 

Baca Juga: 5 Skill yang perlu dimiliki mahasiswa sejak masih kuliah, asah sejak sekarang