5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Mengganggu, Lakukan Rutin



MOMSMONEY.ID - Jadi salah satu permasalahan yang membuat percaya diri menurun, simak cara untuk mengatasi bau kaki di sini.

Bagi siapa pun yang suka menggunakan sepatu tentu sudah tidak asing lagi dengan permasalahan bau kaki.

Sering mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri, masalah bau kaki ternyata bisa diatasi, loh.


Agar tidak merasa malu karena bau kaki yang mengganggu, simak cara mengatasi bau kaki di sini.

Baca Juga: Perhatikan 3 Hal Ini saat Memilih Catokan Rambut biar Tak Salah Pilih

Cuci kaki

Dengan rajin cuci kaki, masalah seperti bau kaki bisa diatasi dengan baik. Mencuci kaki bisa menghilangkan kuman dan bakteri penyebab bau kaki yang menempel di kulit.

Cuci kaki setidaknya satu kali sehari setelah memakai sepatu dengan menggunakan sabun anti bakteri untuk pencegahan lebih lanjut.

Hindari sepatu basah

Kondisi bau kaki juga bisa dipicu karena penggunaan sepatu maupun kaus kaki yang basah. Maka dari itu, laman NHS menjelaskan untuk tidak menggunakan sepatu maupun kaus kaki yang masih basah.

Pastikan untuk selalu memakai kaus kaki dan sepatu kering terutama jika memiliki aktivitas padat. Sebab, keringat yang bercampur dengan bakteri dan air yang terperangkap pada sepatu basah bisa menyebabkan bau kaki.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mengatasi Wajah Bengkak Saat Bangun di Pagi Hari

Perhatikan kebersihan kaki

Selain rutin mencuci kaki saat selesai pakai sepatu, hal lain yang perlu diperhatikan agar tidak bau kaki adalah dengan menjaga kebersihan kaki.

Cara termudah untuk menjaga kebersihan kaki adalah dengan rutin menggosok kulit mati, mengeringkan dengan benar, memotong kuku dan membersihkannya, serta menggunakan sandal sesekali agar kaki bisa bernafas dari udara terperangkap.

Perhatikan bahan kain

Saat menggunakan sepatu tentu Anda juga akan menggunakan kaus kaki untuk melindungi kulit kaki agar tetap bersih. Sebelum memutuskan untuk menggunakan bahan kain secara sembarangan, sebaiknya pilih bahan kain kaus kaki yang nyaman.

Pastikan kaus kaki Anda terbuat dari bahan katun yang menyerap keringat atau dari bahan yang memungkinkan sirkulasi udara lebih mudah saat digunakan beraktivitas.

Gunakan produk perawatan

Jika perawatan rumahan tidak membantu meringankan gangguan bau kaki yang Anda alami dan semakin memperparah keadaan, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Laman Health Line menjelaskan bahwa nantinya dokter mungkin akan meresepkan anti-perspiran dan sabun kaki yang lebih kuat, serta memungkinkan untuk dapat memberikan saran mengenai perawatan medis pada kondisi tersebut.

Demikianlah beberapa cara mengatasi bau kaki yang bisa dicoba sendiri di rumah. Semoga membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia