MOMSMONEY.ID - Stres akibat kerja dapat mempengaruhi banyak hal, mulai dari kesehatan, hubungan dengan sesama manusia, hingga kinerja di kantor. Tetapi ada juga loh cara mengontrol manajemen stres tersebut. Stres merupakan respons alami terhadap tekanan yang datang. Meski memang tidak mungkin untuk menghilangkan seluruh stres dalam hidup, tapi setidaknya Anda dapat belajar mengatasinya & belajar untuk mulai mengontrol situasi yang dapat membuat stres. Maka sebelum bisa mengontrol manajemen stres, mari simak apa saja penyebab stres kerja yang paling sering dialami oleh para pegawai, berikut ini.
Penyebab stres kerja
Banyaknya pegawai yang mengalami stres akibat kerja biasanya disebabkan oleh beberapa hal sebagaimana yang dikutip melalui
American Psychological Association:
- Gaji rendah
- Kerja berlebihan
- Rendahnya peluang karier
- Pekerjaan terlalu monoton
- Kurangnya dukungan sosial
- Ekspektasi kinerja yang tidak jelas
Cara mengontrol manajemen stres
Stres kerja berdampak besar bagi kesehatan, baik dalam hal kecil seperti flu ringan, hingga penyakitserius seperti penyakit jantung & gangguan metabolic tubuh. Meski begitu, hampir seluruh orang di tempat kerja telah “terbiasa” dengan rasa stres. Maka, cara mengontrol manajemen stres yang realistis bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut: 1. Cari penyebab stres Untuk tahu hal apa yang membuat Anda stres, cobalah buat jurnal/tulisan selama 1-2 minggu untuk mengindentifikasi situasi manakah yang paling membuatmu stres. Sebuah penelitian yang dilansir dari
Psych Center menunjukkan bahwa menulis jurnal dapat menghilangkan stres di setiap kondisi. Catat seluruh perasaan & pemikiranmu, serta kondisi lingkungan, teramasuk orang-orang yang terlibat. Dengan mencatat, Anda akan lebih menemulan pola penyebab stresmu & cara menghadapinya.
Baca Juga: Ada 4, Kenali Beragam Jenis Hormon Bahagia di Tubuh dan Cara Meningkatkannya 2. Beristirahat
Saat kadar stres sedang meninggi, biasanya anda akan kesulitan tidur. Tapi tidur yang kurang juga bisa meningkatkan kadar stresmu, loh. Makan cara mengontrol manajemen stres bisa dnegan menjaga pola tidur sebagaimana mestinya. Namun jika Anda harus bekerja ekstra & membuatmu kurang tidur dalam jangka waktu panjang, sebaiknya hubungi ahli kesehatan untuk memperbaiki jadwl tidurmu yang telah kacau.
Baca Juga: Cegah Stres, Ini 5 Makanan dan Minuman Penyebab Stres yang Harus Anda Kurangi 3. Ambil waktu sejenak Mengambil waktu istirahat sejenak merupakan salah satu cara mengontrol manajemen stres saat bekerja. Ambilah istirahat selama beberapa menit. Anda bisa melakukan berbagai hal mulai dari ke toilet, membuat teh hangat, berjalan-jalan sebentar, atau ambil waktu untuk menonton Youtube selama 1-5 menit. Anda juga dapat meregangkan badan & bercanda bersama rekan kerja. 4. Latih pernapasan Melatih pernapasan adalah salah satu cara mengontrol manajemen stres akibat kerja berlebihan. Penelitian yang dilansir dari
Very Well Mind menyebutkan bahwa berlatih pernapasan dapat menghilangkan stres & ketegangan.
Baca Juga: Deretan 6 Jenis Minuman untuk Mood Booster yang Mudah Dijumpai 5. Hindari multitasking Multitasking bukanlah cara efektif untuk membereskan suatu pekerjaan. Justru multitasking dapat mengurangi kecepatan & kewarasan seseorang.
Dengan multitasking, orang akan mudah lelah karena tidak fokus pada 1 hal. Akibatnya, pekerjaan tak akan beres secara efektif. Alih-alih multitasking, cobalah selesaikan pekerjaan satu per satu dengan ritmemu sendiri. Pekerjaan akan jauh lebih maksimal jika dikerjakan dengan cara ini. Itu dia berbagai cara mengontrol manajemen stres yang disebabkan oleh pekerjaan. Jadi jangan sampai perasaan stres yang sedang anda alami mempengaruhi kinerjamu dalam bekerja. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Raissa Yulianti