5 Cara Menyimpan Foto dan Video yang Hilang di Instagram



MOMSMONEY.ID - Instagram memiliki fitur sekali lihat. Berikut ini terdapat cara menyimpan foto dan video yang hilang di Instagram. 

Ada beberapa cara menyimpan foto dan video yang hilang di Instagram. Anda dapat mengikutip tips dan trik di bawah ini. 

Beberapa metode dan cara menyimpan foto dan video yang hilang di Instagram ini dapat Anda lakukan dengan mudah. 


Baca Juga: 2 Cara Simpan Foto Profil WhatsApp Orang Lain yang Tidak Bisa Diunduh

Mengutip Techwiser, berikut ini cara menyimpan foto dan video yang hilang di Instagram :

1. Screenshot Foto View Once

Tidak seperti WhatsApp, Instagram memungkinkan tangkapan layar untuk foto yang "dilihat sekali". Untuk menyimpan foto yang hilang, tekan cepat tombol Volume Naik + Sisi (pada iPhone) atau tombol Volume Turun + Daya (pada Android) sambil melihatnya.

Saat Anda mengambil tangkapan layar, ikon sinar matahari kecil akan muncul di samping foto pengirim. Mereka juga akan mendapatkan pemberitahuan “ mengambil tangkapan layar dari foto yang Anda kirim ” saat seseorang mengambil tangkapan layar dari foto atau video yang menghilang yang dikirim melalui pesan langsung.

Mode Vanish Instagram membuat pesan menghilang setelah Anda menutup obrolan. Bahkan dalam mode ini, mengambil tangkapan layar foto "lihat sekali" akan memberi tahu pengirim dengan ikon yang sama.

Namun, mengambil tangkapan layar seluruh layar obrolan dalam Mode Hilang akan memicu pemberitahuan yang lebih jelas. Pesan yang menyatakan “ mengambil tangkapan layar” akan muncul kepada Anda dan pengirim.

2. Rekam Layar Ponsel Anda

Cara lain untuk menyimpan foto atau video "view once" di Instagram adalah dengan mulai merekam layar di ponsel Anda sebelum membukanya. Di Android dan iOS, Anda akan menemukan opsi perekaman layar di panel pengaturan cepat atau pusat kendali.

Setelah Anda mulai merekam, buka obrolan dan lihat media yang menghilang. Kemudian, hentikan rekaman dan simpan. Jika berupa foto, cukup buka rekaman layar dan ambil tangkapan layar atau ekstrak bingkai. Jika berupa video, potong video sesuai panjang yang diinginkan.

Baca Juga: Daftar Rasio Postingan Instagram Feed hingga Postingan Foto, Video, dan Reels

Saya mengujinya di Android dan iPhone. Memulai perekaman layar di iPhone memicu pemberitahuan tangkapan layar pada foto. Namun, pada ponsel Samsung, perekaman layar tampaknya tidak memberi tahu pengirim dalam pengujian kami.

3. Screenshot Foto di Desktop

Instagram juga memungkinkan Anda menggunakannya di web. Jadi, saat Anda menerima foto yang dapat dilihat sekali saja di DM Anda, masuk ke Instagram Web, buka foto tersebut, dan ambil tangkapan layar. Tindakan ini tidak akan memberi tahu orang lain dengan cara apa pun.

Di Mac: Tekan Shift + Command + 3 untuk mengambil tangkapan layar . Gambar akan disimpan di Desktop secara default ( tetapi Anda dapat mengubahnya ).

Di Windows: Tekan tombol Print Screen (PrtScn) untuk menyalin gambar seluruh layar ke clipboard. Anda kemudian dapat menempelkannya ke editor gambar seperti Microsoft Paint, Paint 3D, atau Photoshop. Atau, Anda dapat menggunakan Snipping Tool. 

4. Mengambil Foto dari Ponsel Lain

Metode ini semudah kedengarannya. Buka foto atau video Instagram yang menghilang di ponsel Anda dan gunakan ponsel atau kamera lain untuk mengambil gambar atau video layar Anda. Metode ini sama sekali tidak terdeteksi, dan pengirim tidak akan diberi tahu sama sekali.

Cobalah untuk meredupkan lampu atau cari ruangan yang lebih gelap untuk meminimalkan silau dan pantulan pada layar, yang akan membuat gambar atau video lebih mudah dilihat.

Baca Juga: Cara Edit Foto dengan Teks dan Stiker di Instagram Secara Langsung

5. Menyimpan Foto yang Hilang Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda memiliki iPhone, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan fitur mirroring iPhone, tetapi sayangnya, cara kerjanya tidak seperti itu. Kami mencoba mirroring iPhone pada Mac lalu mengambil tangkapan layar dari gambar yang dilihat sekali saja, tetapi masih muncul pemberitahuan bahwa kami telah mengambil tangkapan layar.

Beberapa aplikasi pihak ketiga dan klien Instagram memungkinkan Anda menyimpan foto dan video yang diterima di DM Anda tanpa batasan atau pemberitahuan apa pun. Namun, hal ini mengharuskan mereka untuk memberikan akses ke akun Instagram Anda dan melanggar pedoman Instagram, jadi hal ini umumnya tidak direkomendasikan.

Nah itulah beberapa cara menyimpan foto dan video yang hilang di Instagram. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Resep Bir Pletok si Minuman Rempah Non-Alkohol yang Lancarkan Peredaran Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria