KONTAN.CO.ID -
Interpersonal skill adalah salah satu kemampuan yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan.
Interpersonal skill atau keterampilan interpersonal, bersumber dari
The Balance Careers, adalah keterampilan saat bekerja. Kemampuan ini fokus pada kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan berinteraksi,
soft skill, dan kecerdasan emosional adalah kunci dari interpersonal skill yang baik.
Baca Juga: 15 Perusahaan Terbaik Indonesia 2024 versi Linkedin, Pencari Kerja Cek Apa Saja Menutip dari
Indeed.com, keterampilan interpesonal yang baik bisa membantu karier Anda. Degan keterampilan ini, Anda bisa sukses dalam wawancara kerja hingga saat Anda bekerja di kantor. Empati, pemecahan masalah, dan manajemen konflik adalah contoh dari
interpersonal skill. Keterampilan interpersonal bisa Anda latih agar terus meningkat. Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus. Namun demikian, Anda bisa mencoba 5 cara meningkatkan
interpersonal skill yang sederhana. Kiat ini dihimpun dari
Kelly Services dan
Indeed.com:
Ciri
interpersonal skill yang baik adalah mampu tetap berpikir dan bersikap positif. Karenanya, penting untuk Anda berlatih mengendalikan emosi. Tenangkan diri Anda meskipun sedang menghadapi situasi yang sulit. Ambil napas dalam dan keluarkan perlahan.
Ada beragam jenis pekerja di dalam dunia kerja. Itu sebabnya, Anda perlu menjunjung toleransi antar rekan kerja. Menghargai rekan kerja Anda bisa membangun kepercayaan mereka pada Anda.
-
Observasi cara Anda berkomunikasi
Sempatkan beberapa waktu untuk mengevaluasi cara Anda berkomunikasi. Apakah cara Anda menyampaikan pendapat sudah baik atau belum. Tidak hanya cara berbicara, tetapi juga gerak tubuh saat berkomunikasi juga perlu di observasi.
Baca Juga: Ini jaminan yang didapat jika terkena PHK, pekerja perlu tahu Jangan segan untuk meminta kritik dan pendapat orang lain. Carilah rekan kerja yang terpercaya dan minta pendapat mereka. Anda perlu pintar memilih mana kritik yang membangun dan yang tidak. Anda juga perlu mempersiapkan diri karena kritik terkadang bisa menyakiti perasaan. Pendapat orang lain terhadap keterampilan interpersonal Anda bisa menjadi bahan evaluasi yang baik.
-
Berlatih menjadi pendengar yang aktif
Salah satu elemen penting interpersonal skill adalah menjadi pendengar aktif. Menjadi pendengar yang aktif memerlukan latihan. Soalnya, tidak semua orang mampu menjadi pendengar yang baik. Dengan menjadi pendengar yang aktif, Anda bisa mendapatkan informasi secara utuh. Dari informasi tersebut Anda bisa mengambil kesimpulan dengan lebih rasional dan tepat. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News