5 Faktor penyebab bau mulut yang perlu Anda waspadai



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki bau mulut yang tak sedap bisa jadi salah satu faktor yang menurunkan kepercayaan diri. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui faktor apa saja yang jadi penyebab bau mulut.

Dengan begitu, Anda bisa menentukan langkah perawatan seperti apa yang dibutuhkan. Biasanya, bau mulut datang dari makanan dan minuman tertentu yang Anda konsumsi. Sayangnya, bau mulut juga bisa Anda alami karena masalah yang lebih serius.

Beberapa penyakit gigi dan mulut ditandai dengan bau mulut yang tidak sedap. Untuk menghindari masalah yang lebih parah, sebaiknya segera konsultasikan masalah Anda ke dokter. Dengan begitu, penyakit tersebut bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Selain mewaspadai beberapa faktor di bawah ini, penting pula bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Usahakan untuk menyikat gigi minimal dua kali per hari. Menggunakan produk perawatan gigi yang lain juga bisa Anda coba supaya penyebab-penyebab ini dapat teratasi dengan baik.

Baca Juga: Cara mengobati radang amandel yang mudah, bisa menggunakan bahan alam di rumah

Kopi

Melansir Listerine (listerine.com), aroma kuat yang berasal dari kopi dapat memengaruhi produksi air liur. Hal itulah yang membuat bau mulut Anda tak sedap. Saat jumlah air liur berkurang, bakteri penyebab bau mulut menjadi lebih mudah untuk berkembang.

Merokok

Selain mengganggu kesehatan paru-paru, kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan bau mulut menjadi tak sedap, lo. Tidak berhenti sampai di situ, merokok dapat mengganggu kesehatan gigi dan gusi yang mana dapat memperparah bau mulut yang Anda miliki.

Jenis Obat Tertentu

Beberapa jenis obat bisa membuat produksi air liur berkurang sehingga bau mulut tak sedap pun Anda alami. Jika Anda mengalami kondisi itu, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter, ya. Apabila memang terasa sangat mengganggu, biasanya dokter akan memberikan resep obat lain yang lebih sesuai.

Baca Juga: Gunakan baking soda, ini 3 cara menghilangkan karang gigi secara alami

Alkohol

Penyebab bau mulut lainnya adalah mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang terlalu banyak. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membatasi atau kalau bisa tak mengonsumsi alkohol sama sekali. Dengan begitu, produksi air liur bisa lebih terkontrol dan perkembangan bakteri bau mulut dapat Anda hindari.

Masalah Pada Sistem Pencernaan

Listerine mengatakan bahwa bau mulut tak sedap bisa terjadi saat ada masalah pada sistem pencernaan. Jika frekuensi asam lambung naik terlalu sering, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Selanjutnya: Dari bahan alami, coba 5 rekomendasi obat panas dalam ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News