5 Fitur iPhone 16 Pro yang Sudah Ada di HP Android Sejak Lama



MOMSMONEY.ID - Model iPhone 16 Pro menghadirkan sejumlah fitur penting. Ada fitur iPhone 16 Pro yang sudah ada di HP Android lo. 

Ternyata sebagian besar fitur baru yang diperkanalkan Apple telah tersedia di hp Android sejak lama. Fitur iPhone 16 Pro sudah ada di HP Android.

Berikut beberapa fitur iPhone 16 Pro yang sudah ada di HP Android:


Baca Juga: Cara Melacak iPhone di HP Android lewat 2 Langkah Ini

1. Tombol Kamera Khusus

Salah satu fitur menonjol dari seri iPhone 16 adalah tombol Kontrol Kamera yang baru. Tombol sentuh kapasitif ini terletak tepat di bawah tombol daya, yang memungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi Kamera dan mengambil foto dengan cepat. 

Tombol ini juga mendukung berbagai gerakan: tekanan ringan akan menyesuaikan zoom, sementara ketukan dua kali memungkinkan Anda menyesuaikan aperture, white balance, kecepatan rana, dan banyak lagi.

Menariknya, fitur ini bukanlah hal yang sepenuhnya baru. Ponsel seri Xperia 1 dan Xperia 5 besutan Sony telah memiliki tombol rana kamera khusus di bagian samping selama bertahun-tahun. 

Meskipun tombol rana Sony memiliki fungsi yang cukup terbatas—hanya dapat meluncurkan aplikasi Kamera, mengambil foto, dan merekam video—implementasi Apple menawarkan lebih banyak fitur, seperti zoom, kontrol lanjutan, dan bahkan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga.

2. Kamera Ultra Lebar 48MP

Meskipun iPhone secara konsisten dipuji atas kinerja kameranya selama beberapa tahun terakhir, salah satu hal yang mengganggu adalah kualitas foto ultra lebar yang di bawah standar, yang sering kali menunjukkan noise dan grain, terutama dalam kondisi kurang cahaya.

Apple telah mengatasi masalah ini pada model iPhone 16 Pro dengan memperkenalkan sensor ultra-lebar 48MP baru, yang merupakan peningkatan dari sensor 12MP pada model sebelumnya. Secara teori, hal ini akan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jernih.

Namun, kamera ultra-lebar megapiksel tinggi bukanlah hal baru di dunia ponsel pintar Android. Bahkan, model unggulan seperti OnePlus 10 Pro dari tahun 2022 sudah dilengkapi lensa ultra-lebar 50MP.

Kini, Anda bahkan dapat menemukan sensor semacam itu di perangkat kelas menengah, seperti Vivo V40 Pro.

Baca Juga: Ini 4 Cara Menonaktifkan Notifikasi HP Android dan iPhone yang Mengganggu

3. Rekaman Video 4K/120FPS

Berbicara tentang kamera, salah satu fitur utama iPhone 16 Pro adalah kamera utama "Fusion" 48MP yang baru, yang dipadukan dengan ISP cepat dari prosesor A18 Pro, memungkinkan perekaman video 4K pada 120FPS.

Apple mengklaim kini Anda dapat merekam video gerak lambat 4K pada 120FPS, bahkan dalam Dolby Vision, dan memilih frame rate setelah perekaman. Namun, fitur ini juga tampaknya terinspirasi oleh ponsel pintar Android.

Meskipun Google Pixel 9 Pro yang baru tidak memiliki kemampuan ini, beberapa ponsel Android unggulan lainnya yang dirilis pada tahun 2024—termasuk Samsung Galaxy S24 Ultra yang kami ulas dan Xiaomi 14 Ultra—sudah mendukung perekaman 4K pada 120FPS.

4. Konektivitas Wi-Fi 7

Meskipun Apple tidak menyebutkan hal ini selama keynote, semua model iPhone 16 mendukung standar Wi-Fi 7 terbaru. 

Ini berarti mereka dapat mengirim dan menerima data secara bersamaan melalui pita 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz. Meskipun kami belum mengujinya, peningkatan ini secara teoritis akan memberikan kecepatan Wi-Fi yang lebih cepat, latensi yang lebih rendah, dan konektivitas yang lebih andal.

Namun, banyak ponsel pintar Android andalan dari tahun 2023, seperti Samsung Galaxy S23 Ultra dan Google Pixel 8 yang kami ulas, juga telah mendukung Wi-Fi 7.

Apple akhirnya mengejar kemampuan yang telah menjadi standar pada beberapa perangkat Android kelas atas selama hampir satu tahun.

Baca Juga: Cara Melacak Langkah Jalan Kaki di HP Android dan iPhone Tanpa Perlu Aplikasi Lain

5. Pengisian Daya USB-C Lebih Cepat

Meskipun Apple membuang konektor Lightning untuk port USB-C pada model iPhone 15, kecepatan pengisian daya tetap tidak berubah pada 20-27W. 

Namun, menurut sertifikasi dari Pusat Sertifikasi Mutu Tiongkok, yang dibagikan oleh Ice Universe di X , model iPhone 16 diduga mendukung kecepatan pengisian daya hingga 39W, yang merupakan peningkatan yang nyata dibandingkan generasi sebelumnya.

Bahkan jika ini ternyata benar, kecepatan pengisian daya iPhone 16 masih tertinggal dari sebagian besar ponsel pintar Android kelas atas. 

Misalnya, Samsung Galaxy S24 Ultra mendukung kecepatan pengisian daya 45W, sedangkan OnePlus 12 mendukung pengisian daya kabel hingga 80W.

Bahkan, perangkat kelas menengah, seperti OnePlus 12R dan Honor 200 Pro, masing-masing menyediakan pengisian daya hingga 100W dan 66W.

Hal ini menunjukkan, meskipun kecepatan pengisian daya iPhone 16 yang lebih cepat merupakan peningkatan yang dipuji, Apple masih tertinggal dengan perangkat Android.

Secara keseluruhan, iPhone 16 Pro tidak menawarkan banyak fitur baru yang inovatif. Namun, Apple telah menguasai seni menyempurnakan fitur yang ada dan memasarkannya secara efektif.

Meskipun beberapa peningkatan yang nyata membuat iPhone 16 Pro menarik , jika Anda sudah memiliki ponsel Android andalan modern, ponsel tersebut mungkin sudah memiliki sebagian besar fitur yang diperkenalkan Apple pada tahun 2024.

Nah, itulah beberapa fitur iPhone 16 Pro yang sudah ada di HP Android. 

Selanjutnya: Harga Logam Industri Naik, Simak Prospeknya Hingga Akhir Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria