5 Hal ini bisa jadi cara menghilangkan bau mulut, lo



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda memiliki bau mulut yang kurang sedap? Jika iya, ada banyak cara menghilangkan bau mulut yang sebaiknya segera Anda coba. Mulai dari menerapkan kebiasaan tertentu hingga menghentikan hal-hal yang memicu bau mulut.

Bau mulut bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya, mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, ada masalah pada sistem pencernaan, infeksi pada gusi dan gigi, serta faktor-faktor yang lain. Untuk sumber masalah yang parah, Anda memang perlu meminta bantuan dokter.

Namun, untuk beberapa faktor pemicu bau mulut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dari rumah. Apabila setelah melakukan hal-hal di bawah ini bau mulut tak kunjung hilang, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Perbanyak Frekuensi Sikat Gigi

Untuk menghindari penyakit gigi dan mulut, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan. Caranya adalah dengan rajin sikat gigi. Sikat gigi mampu mencegah penumpukan sisa makanan menjadi plak dan menurunkan risiko infeksi bakteri.

Mengutip dari Web MD (webmd.com), cobalah untuk sikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi, ya. Namun, jangan terlalu kasar atau terlalu sering melakukan hal-hal tersebut karena justru bisa membuat gigi menjadi lebih mudah rusak.

Baca Juga: Cara cara menghilangkan bau jengkol dan petai? Ini tips dari Ridwan Kamil

Makan Buah dan Sayur

Mengonsumsi beberapa jenis buah dan sayur bisa jadi penghilang bau mulut, lo. Jenis buah dan sayur yang dimaksud seperti apel, wortel, dan lain sebagainya. dengan rutin mengonsumsi bahan alami itu, bakteri penyebab bau mulut bisa dihilangkan.

Berhenti Merokok

Berhenti jadi salah satu cara menghilangkan bau mulut yang perlu Anda coba. Tak hanya menyebabkan masalah bau mulut, Web MD menyebutkan bahwa kandungan dalam rokok juga dapat mengganggu kesehatan tubuh secara kesulitan. Jika Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan itu, cobalah untuk meminta saran dari dokter.

Baca Juga: Selain kompres, obat sakit gigi anak bisa dari 4 hal ini

Manfaatkan Cuka Apel

Jika bau mulut muncul setelah Anda mengonsumsi bawang merah, bawang putih, atau jenis makanan lain dengan aroma yang menyengat, cobalah untuk mengatasinya dengan cuka apel. Anda hanya perlu menambahkan sedikit cuka apel dalam segelas air lalu gunakan air tersebut untuk berkumur.

Pakai Obat Kumur

Selain memakai sikat dan benang gigi, cara menghilangkan bau mulut juga bisa Anda lakukan dengan memakai obat kumur. Usahakan untuk memilih obat kumur yang tak hanya menghilangkan bau tidak sedap, tapi juga membunuh kuman penyebab penyakit.

Selanjutnya: Kenali 5 penyebab gigi ngilu ini, tak hanya infeksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News