5 Kandungan Gizi Penting Daging Sapi, Cek Jumlah Kalorinya Juga!



MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Cek kandungan gizi dan jumlah kalori daging sapi untuk ukur nilai gizi. Informasi terkait konsumsi daging sapi berikut cocok dalam rencana pemenuhan kebutuhan gizi vitamin hingga mineral.

Masyarakat yang menyambut Hari Raya Idul Adha tentu dapat mempertimbangkan jumlah konsumsi daging sapi kurban.

Dalam konteks daging sapi, jumlah kalori harian tentu dapat bervariasi per harinya agar tubuh mendapatkan gizi yang seimbang


Jumlah kalori daging sapi akan berbeda bergantu pada bagian daging yang dikonsumsi dan cara memasaknya.

cBaca Juga: Inilah 7 Bahaya Makan Daging Sapi Berlebihan, Salah Satunya Dehidrasi

Kalori Daging Sapi

Secara umum, daging sapi mengandung protein, lemak, dan sejumlah nutrisi penting lainnya. Berikut adalah perkiraan kandungan kalori dan komponen gizi dalam daging sapi:

Jumlah kalori dalam daging sapi dapat bervariasi antara 250-300 kkal per 100 gram, tergantung pada bagian daging dan tingkat lemaknya.

Bagian daging dengan lemak yang lebih tinggi cenderung memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi.

Nah, selain kalori ada banyak kandungan gizi daging sapi yang bisa menjadi informasi baru dilansir dari Healthline.

Baca Juga: Tips Tepat Mengolah Daging Kambing Supaya Tak Bau dan Bikin Eneg

Kandungan Gizi Daging Sapi

1. Protein

Daging sapi mengandung protein, yang penting untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh, dan fungsi tubuh yang optimal. Jumlah protein dalam daging sapi berkisar antara 20 hingga 26 gram per 100 gram, tergantung pada bagian dagingnya.

2. Lemak

Daging sapi juga mengandung lemak, yang merupakan sumber energi yang penting. Kandungan lemak dalam daging sapi dapat bervariasi tergantung pada bagian daging dan tingkat kegemukan hewan tersebut.

Bagian daging dengan lemak yang lebih tinggi biasanya memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi. Sebagai contoh, daging sapi panggang tanpa lemak dapat mengandung sekitar 5 gram lemak per 100 gram.

3. Zat Besi

Daging sapi merupakan sumber zat besi hewani yang baik. Zat besi diperlukan untuk membantu membentuk sel darah merah dan menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh.

Kandungan zat besi dalam daging sapi adalah sekitar 2-3 mg per 100 gram yang bisa berubah sesuai bagian tubuh sapi.

4. Vitamin dan Mineral

Selain itu, daging sapi juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting lainnya, seperti vitamin B12, vitamin B6, zinc, selenium, dan fosfor.

Kebutuhan ini tentu cukup penting dalam kesehatan reproduksi dan pertumbuhan pada umur tertentu.

5. Kandungan Lain

Kreatin berfungsi sebagai sumber energi untuk otot dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Selain itu ada Taurin sebagai asam amino antioksidan dan bahan umum dalam minuman energi. Itu diproduksi oleh tubuh Anda dan penting untuk fungsi jantung dan otot.

Glutathione menjadi antioksidan yang ditemukan di sebagian besar makanan utuh, glutathione sangat melimpah di daging.

Kolesterol dalam sapi sebagai kolesterol makanan memiliki sedikit efek pada kolesterol darah dan umumnya tidak dianggap sebagai masalah kesehatan.

Penting untuk dicatat bahwa informasi ini merupakan perkiraan umum, dan kandungan nutrisi dalam daging sapi dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis sapi, pakan yang diberikan, dan proses pemotongan daging.

Apabila Anda memiliki kebutuhan khusus terkait diet atau kesehatan, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau profesional kesehatan untuk informasi yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan.

Dari informasi yang berkaitan kandungan gizi hingga jumlah kalori daging sapi dapat menjadi pertimbangan sebelum konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News