5 Kandungan Skincare Terbaik untuk Mengatasi Pori-Pori Besar, Auto Mulus!



MOMSMONEY.ID - Pori-pori besar mengganggu? Inilah 5 kandungan skincare terbaik untuk mengatasi pori-pori besar.

Pori-pori yang membesar dapat memengaruhi semua jenis kulit terutama kulit kombinasi hingga berminyak, dan merupakan hasil dari berbagai faktor seperti sebum berlebih.

Menyesuaikan rutinitas skincare dapat secara dramatis memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi tampilan pori-pori besar, sehingga menghasilkan kulit yang lebih merata dan halus.


Tak semua kandungan skincare bisa membantu, berikut MomsMoney bagikan 5 kandungan skincare terbaik untuk mengatasi pori-pori besar sebagaimana dilansir dari BeautyDecoded.

Baca Juga: Mengulik Fakta, Benarkah Terlalu Lama Duduk Menyebabkan Ambeien

1. Niacinamide

Kandungan skincare terbaik untuk mengatasi pori-pori besar yang pertama adalah niacinamide.

Niacinamide atau yang dikenal juga sebagai vitamin B3 merupakan komponen penting dalam pengelolaan sebum. Sebum sendiri adalah lapisan berminyak pada permukaan kulit yang meskipun penting untuk melindungi epidermis, namun terkadang dapat memberikan tampilan mengkilap yang tidak diinginkan.

Jika dioleskan secara topikal, niacinamide dapat secara efektif mengurangi produksi sebum oleh kelenjar sebasea. Dan, dengan penggunaan rutin, pori-pori akan mengencang dan mengecil.

Anda dapat memasukkan produk yang mengandung niacinamide ke dalam rutinitas kecantikan Anda di pagi dan/atau malam hari.

2. Azelaic acid

Kandungan skincare terbaik untuk mengatasi pori-pori besar yang kedua adalah azelaic acid.

Azelaic acid dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat pembaruan sel. Juga, membantu membuka sumbatan pori-pori, sehingga mengurangi tampilannya yang besar.

Azelaic acid memiliki sifat antibakteri yang efektif melawan bakteri penyebab jerawat. Dengan mengurangi bakteri dan peradangan, azelaic acid mampu membantu mencegah penyumbatan pori-pori sekaligus mengurangi ukurannya.

3. Salicylic acid

Kandungan skincare terbaik untuk mengatasi pori-pori besar yang ketiga adalah salicylic acid.

Salicylic acid merupakan salah satu jenis BHA yang larut dalam lemak. Salicylic acid sangat efektif untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat, karena mampu menembus lapisan hidrolipid untuk bekerja jauh di dalam pori-pori.

Salicylic acid bekerja pada beberapa tingkatan untuk mengatasi jerawat, komedo, bisul, ketidaksempurnaan kulit, dan pori-pori yang membesar.

Salicylic acid memiliki efek keratolitik yang menghilangkan sel kulit mati dan mendorong pembaruan sel untuk kulit yang lebih halus dan bebas noda. Tindakan seboregulasi yang dimiliki salicylic acid dapat mengendalikan sebum berlebih dan memurnikan kulit.

Baca Juga: 6 Manfaat Serum Niacinamide untuk Semua Jenis Kulit, Sudah Tahu?

4. Retinol

Kandungan skincare terbaik untuk mengatasi pori-pori besar yang keempat adalah retinol.

Retinol memiliki sifat eksfoliasi yang membantu mengatur produksi sebum dan membersihkan pori-pori. Dengan cara ini, retinol berkontribusi dalam meningkatkan kualitas dan tekstur kulit, meminimalkan tampilan pori-pori, serta mengurangi ketidaksempurnaan dan noda yang tersisa.

Adaptasi kulit terhadap retinol memerlukan pengembangan "reseptor retinoid", protein alami yang meningkatkan kemanjurannya. Untuk tujuan ini, gunakanlah retinol secara bertahap dan mulai dengan konsentrasi yang rendah terlebih dahulu yakni 0,1%.

Sebagai permulaan, aplikasikan produk yang mengandung retinol setiap malam sebanyak 1-2 kali saja dalam seminggu. Jika tidak ada iritasi yang muncul, Anda bisa menggunakan retinol setiap malam jika kulit Anda mampu menerimanya. Terakhir, selalu ingat untuk tidak mencampur retinol dengan bahan-bahan aktif seperti AHA, BHA, dan vitamin C.

5. Green tea

Kandungan skincare terbaik untuk mengatasi pori-pori besar yang kelima adalah green tea.

Green tea atau teh hijau kaya akan antioksidan, termasuk polifenol seperti katekin. Antioksidan ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang pada gilirannya meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi pori-pori besar.

Green tea juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan yang berkaitan dengan jerawat dan kondisi kulit lainnya, sehingga membantu meminimalkan tampilan pori-pori.

Teh hijau dapat membantu mengatur produksi sebum berkat senyawa anti-androgeniknya. Adapun produksi sebum yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya tampak lebih besar.

Itulah 5 kandungan skincare terbaik untuk mengatasi pori-pori besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma