5 Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Tentukan Pilihan



MOMSMONEY.ID - Mengganggu penampilan, Anda bisa coba beberapa kandungan skincare untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Flek hitam adalah munculnya bintik-bintik hitam atau hiperpigmentasi pada kulit wajah yang biasanya disebabkan paparan sinar Matahari.

Paparan sinar Matahari memicu produksi melanin pada kulit secara tidak merata. Dan, penumpukan itu menyebabkan flek hitam pada permukaan kulit.


Selain itu, flek hitam juga disebabkan oleh jerawat dan iritasi kulit. Sehingga, Anda perlu untuk menghilangkan flek hitam.

Jika Anda sedang mengalaminya, simak lima kandungan skincare untuk menghilangkan flek hitam di wajah, dikutip dari blog.avoskinbeauty.com

1. Azelaic acid

Kandungan skincare pertama untuk menghilangkan flek hitam adalah azelaic acid. Kandungan ini alami karena ditemukan dalam gandum, gandum hitam, dan barley.

Azelaic acid merupakan salah satu jenis eksfolian lembut dan baik untuk kulit yang rentan terhadap hiperpigmentasi. Hal ini disebabkan oleh kandungan dalam azelaic acid dapat menunjukkan efek saat berada dalam konsentrasi 10-20%.

Kandungan ini juga cukup aman untuk digunakan, bahkan bagi Anda yang memiliki masalah jerawat. Sifat anti bakteri dan anti inflamasi dalam azelaic acid ini aman untuk berbagai jenis kulit.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Mendapatkan Glass Skin Pada Wajah dengan Benar

2.  Vitamin C

Kandungan skincare menghilangkan flek hitam selanjutnya adalah vitamin C. Vitamin C memang dikenal sebagai kandungan yang mampu meratakan warna kulit dan memperbaiki lapisan kulit yang menghitam.

Kandungan antioksidan dalam vitamin C mampu menetralisir radikal bebas yang merusak kulit dan menyebabkan penggelapan warna kulit. Kandungan ini juga membantu meregenerasi sel kulit dan memperbaiki lapisan kulit yang rusak.

Selain itu, Vitamin C juga berfungsi untuk eksfoliasi, sel kulit mati akan hilang dan sel kulit baru yang lebih cerah akan naik ke permukaan kulit.

3.  Ekstrak licorice

Kemudian, kandungan ekstrak licorice dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Skincare dengan kandungan ekstrak licorice sangat cocok untuk Anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan.

Ekstrak licorice ini memiliki antioksidan glabridin dan licochalcone A yang berfungsi untuk menangkal radiasi matahari.

Kandungan di dalam licorice ini mampu mencerahkan kulit yang mengalami kerusakan dan menghambat enzim yang membuat kulit menggelap setelah terpapar sinar matahari. Licorice ini akan menenangkan kulit dan mengatasi noda-noda hitam.

Baca Juga: 20 Kartu Ucapan Idul Adha 2023 Bisa Diedit, Download Template di Sini

4. Ekstrak pomegranate

Berikutnya, ekstrak pomegranate juga bisa menghilangkan flek hitam. Buah pomegranate kaya akan kandungan vitamin C yang menjadi antioksidan unggul.

Kandungan proanthocyanidins dan flavonoid di dalamnya memiliki fungsi untuk memperlambat proses penuaan dini. Kalau Anda memiliki kulit sensitif, Anda tidak perlu takut menggunakan ekstrak pomegranate karena kandungan di dalamnya memiliki fungsi anti inflamasi.

5. Beta karoten

Kandungan skincare untuk menghilangkan flek hitam lainnya adalah beta karoten. Kandungan skincare ini merupakan salah satu kandungan natural yang mampu meratakan warna wajah.

Beta karoten sering digunakan dalam produk skincare karena mampu melindungi kulit dari sinar UVA.

Kandungan ini bisa membantu mengurangi tingkat stres oksidatif dan memperbaiki kulit. Beta Carotene ini juga berfungsi untuk mendorong perlindungan sunscreen.

Karena konsumsi beta carotene 90-180mg dapat mengurangi efek sunburn dan menyediakan SPF 4.  

Sekarang Anda sudah tahu beberapa kandungan skincare untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Jadi, mana pilihan Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana