5 Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit Wajah di Dalam Produk Skincare



MOMSMONEY.ID - Kandungan skincare yang cukup populer, simak manfaat alpha arbutin untuk kulit wajah. Alpha arbutin bisa Anda temukan di bahan-bahan alami seperti tanaman blueberry, cranberry, gandum, dan beberapa pir.

Mengutip dari blog.avoskinbeauty.com, alpha arbutin adalah senyawa turunan hidrokuinon yang secara alami ada pada tumbuhan tertentu. Hidrokuinon salah satu bahan aktif yang bisa mencerahkan kulit. 

Namun, pemakaian hidrokuinon bisa menimbulkan efek samping jadi wajib atas izin dan pengawasan dokter kulit.

Alpha arbutin kini bisa Anda temukan di produk skincare. Untuk lebih jelasnya, simak lima manfaat alpha arbutin untuk kulit wajah dilansir dari blog.avoskinbeauty.com

Baca Juga: Pahami Bromhidrosis dan Cara Mengatasinya dengan Tepat, Yuk!

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat pertama alpha arbutin untuk wajah adalah mencerahkan kulit wajah. Alpha arbutin dapat memudarkan noda hitam dan mencerahkan warna kulit secara signifikan setelah pemakaian selama 12 minggu.

Alpha arbutin memiliki sifat antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak lapisan kulit luar, membuat kulit tampak kusam, kering, dan munculnya tanda penuaan dini

2. Mengurangi Hiperpigmentasi

Manfaat alpha arbutin selanjutnya adalah mengurangi hiperpigmentasi. Beberapa referensi studi ilmiah tentang alpha arbutin menyebutkan bahwa alpha arbutin memiliki efek yang lebih signifikan dan lebih stabil daripada arbutin.

Alpha arbutin bekerja dengan menghambat enzim yang dikenal sebagai tirosinase dalam melanosit. Melanosit mengontrol produksi melanin yang bertanggung jawab pada tingkat pigmentasi di kulit.

3. Melembapkan Kulit 

Anda bisa mendapatkan kulit lembab dari kandungan alpha arbutin. Kandungan alpha arbutin dalam produk skincare bisa membantu membuat kulit wajah tampak lebih dewy, lembut, dan glowing.

Kulit wajah yang kusam ini disebabkan karena kulit wajah terlalu sering terpapar sinar matahari, debu, polusi udara, dehidrasi, dan terlalu sering menggunakan produk make up yang memiliki kandungan kimia.

Alpha arbutin ini bisa membantu menghidrasi kulit yang kusam, mengontrol minyak, menjaga kadar air dalam kulit, dan membuat kulit lebih lembap dan bercahaya.

Baca Juga: 4 Manfaat Beres-Beres Ruangan untuk Kesehatan Tubuh dan Mental, Simak Ya!

4. Memudarkan Bekas Jerawat

Manfaat alpha arbutin berikutnya adalah memudarkan bekas jerawat. Jika wajah Anda ada noda berwarna merah kehitaman yang sangat sulit hilang dan membuat kulit menjadi kusam, alpha arbutin  sangat cocok untuk kamu gunakan karena mampu mengatasi hiperpigmentasi dan bekas jerawat.

Produk dengan kandungan alpha arbutin ini lebih cocok digunakan untuk kulit kering, kulit kusam, dan cenderung normal tidak berjerawat.

5. Aman untuk Kulit Sensitif

Kandungan alpha arbutin sangat aman untuk kulit sensitif dibandingkan dengan hidrokuinon. Penggunaan hidrokuinon dapat menimbulkan iritasi kulit jadi kandungan ini tidak dapat digunakan bagi pemilik kulit sensitif.

Sedangkan, alpha arbutin sebagai turunan hidrokuinon memiliki efektivitas yang tinggi dan tidak menimbulkan efek samping iritasi seperti hidrokuinon.

Selain itu, Anda juga bisa memakai kandungan ini 2 kali sehari. Beberapa bahan aktif pencerah lainnya membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga disarankan dipakai pada malam hari saja.

Namun, alpha arbutin aman untuk digunakan pada siang atau malam hari. Tidak heran jika efek yang dihasilkan lebih maksimal.

Jadi, itulah beberapa manfaat alpha arbutin untuk kulit wajah. Jika Anda tertarik, pilihlah produk skincare yang mengandung bahan ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana