5 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui



MOMSMONEY.ID - Buah ciplukan mungkin tidak terdengar familiar layaknya buah-buahan lainnya. Padahal, buah berwarna kuning emas ini cukup sering ditemukan di sekitar kebun, tanaman liar, maupun pekarangan rumah.

Berbagai kandungan gizi dalam buah ciplukan dapat memberikan manfaat kesehatan seperti berikut ini.

1. Meningkatkan fungsi penglihatan mata

Buah ciplukan memiliki kandungan zat lutein, beta karoten, dan beberapa jenis karotenoid lainnya. Kandungan yang terdapat dalam buah ciplukan ini memiliki manfaat dalam menurunkan risiko degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.

Baca Juga: 5 Cara Agar Bisa Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia

2. Melawan peradangan

Senyawa bernama withanolides dalam buah ciplukan memiliki manfaat untuk membantu melawan efek peradangan yang mengakibatkan penyakit radang usus.

Hal ini disebutkan dalam sebuah penelitian yang dimuat pada Hawai’i Journal of Medicine & Public Health.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah ciplukan memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Vitamin K dalam buah ciplukan memiliki manfaat dalam proses metabolisme tulang, sehingga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang Anda.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam International Journal of Endocrinology menyatakan bahwa vitamin K sebaiknya dikonsumsi bersama dengan vitamin D untuk untuk meningkatkan kesehatan tulang secara optimal.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian pada tahun 2017 menyatakan buah ciplukan memiliki manfaat untuk membantu menguatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh berkat kandungan polifenolnya.

Polifenol adalah senyawa antioksidan yang bekerja untuk menghalangi pelepasan penanda sistem kekebalan tertentu ketika terjadi peradangan.

Selain itu, buah ciplukan juga kaya akan kandungan vitamin C yang memiliki peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Baik untuk Tumbuh Kembang Anak, Inilah 5 Manfaat Buah Naga

5. Mencegah kerusakan sel

Buah ciplukan adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Menurut sebuah penelitian yang dimuat pada Pharmacognosy Review, antioksidan adalah zat yang dapat melindungi dan memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh akibat efek radikal bebas.

Selain itu, perlu Anda ingat bahwa mengonsumsi buah ini dalam jumlah banyak mungkin dapat berbahaya. Untuk lebih lengkapnya tentang efek samping buah ini, baiknya konsultasikan ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian