5 Manfaat Buah Lobi-Lobi Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui



KONTAN.CO.ID - Manfaat buah lobi-lobi untuk kesehatan mungkin masih terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, buah lobi-lobi menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah lobi-lobi sendiri merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari kawasan yang beriklim tropis, salah satunya Indonesia. Selain itu, bentuk buah lobi-lobi hampir menyerupai buah ceri yang berwarna merah dan kecil.

Banyaknya manfaat buah lobi-lobi berasal dari kandungan nutrisi di dalamya. Contohnya seperti vitamin C, protein, mineral, serat, antioksidan dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan yang Penting Untuk Diketahui

Lantas apa saja manfaat buah lobi-lobi untuk kesehatan?

Melansir dari Health Benefits Times, simak beberapa manfaat buah lobi-lobi untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat buah lobi-lobi yaitu dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan buah lobi-lobi mengandung antioksidan, khususnya flavonoid yang efektif mengontrol kadar gula. 

Sehingga dengan begitu buah lobi-lobi sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes atau gula darah tinggi.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah lobi-lobi juga mempunyai serat yang cukup banyak. Oleh sebab itu, mengkonsumsi buah lobi-lobi mampu memberikan manfaat yang baik untuk sistem pencernaan.

Selain itu, kandungan enzim lipase dalam buah lobi-lobi mampu memecah protein dan lemak sehingga sistem pencernaan semakin lancar.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Jambu Monyet untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah lobi-lobi selalnjutnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi buah lobi-lobi, bisa bermanfaat untuk mengurangi risiko berbagai gejala penyakit jantung seperti, stroke, kolesterol tinggi hingga kanker.

Hal tersebut dikarenakan buah lobi-lobi mengandung polifenol yang efektif mencegah stroke dan penyakit jantung lainnya.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain baik untuk sistem pencernaan, mengkonsumi buah lobi-lobi juga baik untuk kesehatan ginjal. Hal tersebut dikarenakan buah lobi-lobi mengadung antioksidan flavonoid yang mampu menangkal berbagai macam radikal bebas.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan, Catat!

5. Mencegah Penyakit Alzheimer

Manfaat buah lobi-lobi yang tak kalah hebatnya yaitu mampu mencegah penyakit alzheimer. Pasalnya, buah lobi-lobi mengandung antioksidan flavonoid yang mampu melancarkan aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi kognitif otak sehingga terhindar dari penyakit alzheimer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News