5 Minuman Tinggi Antioksidan yang Bagus untuk Penderita Diabetes



MOMSMONEY.ID - Bisa Anda coba konsumsi, inilah beberapa minuman tinggi antioksidan yang bagus untuk penderita diabetes!

Antioksidan adalah senyawa yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas bisa dianggap sebagai "musuh" tubuh yang menyebabkan kerusakan sel dan berperan dalam berbagai penyakit kronis.

Antioksidan bekerja dengan menangkal dan menghilangkan radikal bebas dari tubuh, sehingga mengurangi stres oksidatif.


Jika stres oksidatif berkurang, peradangan dalam tubuh juga dapat menurun. Ini penting bagi penderita diabetes karena peradangan yang lebih rendah dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu menjaga sensitivitas insulin, sehingga gula darah lebih stabil.

Baca Juga: Mau Cepat Kurus? Coba Konsumsi Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Berikut Ini

Ada banyak antioksidan alami, termasuk polifenol, yang terdapat dalam berbagai tanaman. Polifenol ini, seperti flavonoid, asam fenolik, dan lainnya, berperan besar dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan.

Selain itu, vitamin C, E, beta-karoten, selenium, dan mangan juga merupakan antioksidan yang mendukung pengelolaan diabetes.

Ada sejumlah minuman tinggi antioksidan yang bagus untuk penderita diabetes konsumsi. Melansir laman Eating Well, inilah rekomendasinya:

1. Teh Hijau Tanpa Kafein

Teh hijau adalah minuman sehat yang kaya akan polifenol, terutama katekin dan theanine, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan serta meningkatkan toleransi glukosa.

Teh hijau tanpa kafein direkomendasikan karena kafein bisa meningkatkan gula darah. Satu hingga dua cangkir teh hijau sehari bisa menjadi tambahan yang baik dalam diet diabetes.

Baca Juga: Apa Khasiat Minum Serai untuk Kesehatan Tubuh? Intip 15 Khasiatnya di Sini

2. Jus Delima  

Jus delima mengandung banyak polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan. Antioksidan dalam jus delima, seperti flavonoid dan antosianin, mendukung sensitivitas insulin dan mengontrol kadar gula darah.

Jus delima juga membantu mengurangi peradangan. Sebaiknya konsumsi jus delima dalam porsi kecil, sekitar 4 ons (120 ml), untuk menghindari peningkatan gula darah berlebih.

3. Jus Plum

Selain baik untuk pencernaan, jus plum juga kaya akan polifenol yang membantu menurunkan peradangan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Plum mengandung serat alami yang dapat mendukung kesehatan usus dan mengurangi lonjakan gula darah. Karena jus plum tinggi karbohidrat, kombinasikan dengan protein dan lemak sehat agar kadar gula darah lebih stabil.

Baca Juga: Inilah Makanan Pencegah Kanker Usus Besar yang Dapat Anda Konsumsi

4. Anggur Merah

Anggur merah memiliki polifenol resveratrol, yang dikenal dapat melindungi sel-sel tubuh dan mendukung kesehatan jantung. Resveratrol juga membantu mengurangi peradangan.

Meski anggur merah bisa menjadi bagian dari diet ramah diabetes, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah moderat dan dengan kontrol porsi, sekitar 5 ons (150 ml) per hari, untuk manfaat optimal tanpa mengganggu gula darah.

5. Smoothie

Smoothie adalah cara mudah untuk mendapatkan berbagai antioksidan dalam satu minuman. Anda bisa membuat smoothie dengan bayam, kale, biji-bijian, gandum, dan buah beri untuk manfaat antioksidan dan serat.

Untuk menyeimbangkan gula darah, tambahkan protein dan lemak sehat ke dalam smoothie Anda, seperti yogurt Yunani, selai kacang, atau biji chia.

Baca Juga: Khasiat Tersembunyi Buah Naga untuk Diabetes, Ini Ulasan Lengkapnya!

Nah, itulah beberapa minuman tinggi antioksidan yang bagus untuk penderita diabetes. Anda mau coba yang mana?

Selanjutnya: Mendag Tak Ingin Halal Hub Indonesia Kalah Saing dengan Thailand dan Malaysia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas