5 Negara penghasil gas alam terbesar di dunia



Gas alam merupakan komponen vital untuk suplai energi dunia. Seperti minyak mentah dan batubara, gas alam tercipta dari bahan bakar fosil sisa-sisa tanaman, hewan dan mikroorganisme yang tersimpan di dalam tanah selama jutaan tahun. Dibandingkan bahan fosil lainnya, gas alam dinilai sebagai sumber energi paling bersih, karena memiliki intensitas karbon yang rendah.  Gas alam juga merupakan sumber penting untuk produksi baik bahan bakar maupun amonia (amonia merupakan komponen vital untuk produksi pupuk).  Gas alam dalam bentuk cair (LPG) tabung, digunakan untuk kebutuhan rumah tangga dan kehidupan sehari-hari. Sedangkan gas alam yang sudah terkompresi (CNG) biasa digunakan untuk kebutuhan bahan bakar kendaraan bermotor atau industri. Berikut ini 5 negara penghasil gas alam terbesar di dunia versi Kontan.

Nama Negara : Qatar
Jumlah penduduk : 2.120.129 orang
Luas Wilayah : 11.571 km2
Produksi per tahun : 133,2 miliar meter kubik
Cadangan  : 911 triliun kaki persegi
Keterangan : - Pernah menjadi negara miskin dengan perekonomian bergantung pada hasil perikanan dan mutiara laut, Qatar relatif raksasa baru dalam perdagangan energi global. Pada 1970-an Shell menemukan ladang gas alam cair terbesar sejagat, disebut lapangan Utara, di perairan Qatar. Namun tidak ada pasar untuk bahan bakar. Pembeli potensial di Eropa terlalu jauh untuk dicapai lewat jaringan pipa. Shell lalu mundur. 
    - Lalu mencontoh Malaysia dan Indonesia, Qatar dan Hamad bin Khalifah ats-Tsani, kemudian menjadi emir, mulai memasarkan LNG pada pertengahan 1990-an. Exxon Mobil merupakan investor awal, lantas disusul Shell, Total, dan ConocoPhilips. Bersama para mitra bisnisnya, Qatar membawa bisnis LNG ini ke tahap baru. Membangun pabrik-pabrik pengolahan yang besar dan efisien. Qatar pun menghasilkan sepertiga dari seluruh produksi LNG di dunia dan menjadikannya negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia.
    - Qatar tadinya berencana mengekspor sebagian besar gas alam cairnya ke Amerika Serikat dan Eropa, namun terganjal oleh penemuan sumber gas di Amerika Utara. Sebanyak tiga perempat gas produksi Qatar tahun lalu akhirnya dipasarkan ke negara-negara Asia, seperti Cina, India, dan Korea Selatan. Jepang adalah konsumen terbesar gas dari Qatar. Hal yang perlu dicatat dari gas alam Watar adalah armada kapal tangkernya yang lebih besar dan efisien, yang menjadi bagian penting dari bisnis gas Qatar.
Sumber Foto : qu.edu.qa

Nama Negara : Kanada
Jumlah penduduk : 35.749.600 orang
Luas Wilayah : 9.984.670 km2
Produksi per tahun : 143,1 miliar meter kubik
Cadangan  : 57 triliun kaki persegi
Keterangan : - Kanada, secara historis dikenal sebagai Dominion of Canada, adalah negara paling utara di Amerika Utara. Dengan 10 provinsi dan 3 teritori, Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara. Kanada digolongkan negara maju dan ekonominya tergantung terutama pada ketersediaan hasil alam yang melimpah. Dengan hak penguasaan 1,7 juta km2 daerah Kutub Utara, Kanada diperkirakan akan menambah 30% cadangan gas alam yang belum ditemukan dunia. 
    - Guna mengamankan wilayah Kutub Utara, Kanada bersiap menghabiskan miliaran pada peralatan militer baru untuk mendukung operasi di wilayah Arktik. Menurut Defense News, baik Royal Canadian Navy dan Royal Canadian Air Force telah diputuskan untuk menerima beberapa upgrade peralatan utama guna membantu menjaga wilayah utara yang kaya sumber alam tersebut. Perdana Menteri Harper menegaskan bahwa stok minyak, gas alam, dan mineral sangat penting untuk perekonomian Kanada.
    - Dengan banyaknya sumber daya alam serta didukung oleh tenaga kerja trampil dan pabrik kapital modern, Kanada menikmati prospek ekonomi padat. Tidak heran kalau Kanada dapat menjaga pertumbuhan ekonominya dan terbebas dari krisis ekonomi yang menerpa berbagai negara di belahan dunia. Salah satu komoditas andalan yang berhasil diekspor Kanada adalah gas alamnya.
Sumber Foto : quora.com

Nama Negara : Iran
Jumlah penduduk : 78.511.100 orang
Luas Wilayah : 1.648.195 km2
Produksi per tahun : 162,6 miliar meter kubik
Cadangan  : 971 triliun kaki persegi
Keterangan : - Kementerian Minyak Iran pada Desember 2012 mengumumkan bahwa cadangan minyak mentah dan gas alam yang sudah dimiliki negara itu bernilai sekitar 37 triliun dolar AS. Cadangan tersebut meliputi 100 miliar barel minyak mentah, 94 miliar barel kondensat dan 207 miliar barel setara gas alam. Selanjutnya, pada Januari 2013, Menteri Perminyakan Iran mengumumkan bahwa Iran telah menemukan ladang gas yang baru di wilayah perbatasan Turkmenistan dan Irak.
    -  Pada paruh tahun berikutnya, Masoud Samivand, Menteri Perminyakan Iran mengabarkan mulai dioperasikannya tanki  penyimpanan gas terbesar se-Timur Tengah di Shurijah, Provinsi Khorasan Razavi. Dengan dimulainya proyek ini, kapasitas produksi gas Iran akan meningkat sekitar 10 juta meter kubik setiap harinya. Sebagai catatan, bahwa sampai saat ini lima sumur gas di pusat penyimpanan Shurijah sudah digali, nantinya injeksi gas akan dilakukan lewat sumur-sumur ini.
    -  Dengan dioperasikannya intalasi-instalasi kilang dan bagian hulu proyek penyimpanan gas alam Shurijah, Khorasan, sekitar 20 juta meter kubik gas akan menambah kapasitas kilang dan penyimpanan gas. Di antara proyek-proyek penyimpanan gas terpenting yang sedang dalam proses pengoperasian atau riset adalah Sarajeh Qom, Shurijah Khorasan Razavi, Gonbadha-ye Namaki Kashan, Yuretsha Varamin, Ahmadi Shiraz, Ghazal Tapeh Kavoos, Babaghir, Bankoul dan Vizanhar Ilam.
Sumber Foto : pbmc.ir

Nama Negara : Rusia
Jumlah penduduk : 146.583.630 orang
Luas Wilayah : 17.098.242 km2
Produksi per tahun : 669,7 miliar meter kubik
Cadangan  : 1.680 triliun kaki persegi
Keterangan : - Rusia selain diberkahi gas alam yang melimpah ruah juga sebagai pengontrol jalur pipa gas tersebut. Wajar jika Rusia  melakukan pengamanan terhadap energinya, baik energi minyak maupun gas alamnya. Tindakan ini dilakukan agar ketersediaan pasokan energi baik terhadap skala domestik (kebutuhan dalam negeri) maupun skala internasional (kebutuhan negara-negara pengimpor) tetap dapat terpenuhi. Selain itu, keamanan energi dilakukan karena adanya kecenderungan penurunan ketersediaan energi dunia. Hal ini jelas membuktikan bahwa pemerintah Rusia menangani secara serius mengenai potensi kekayaan gas alam mereka. Pemikiran jangka panjang tentang kelangsungan ketersediaan energi dunia pun turut menjadi pertimbangan mereka dalam mengalokasikan kuota gas alam yang hendak di kirim keluar dari negeri mereka.
    - Kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah Rusia adalah pembelian saham di atas 50% atas perusahaan-perusahaan energi swasta. Hal tersebut dilakukan karena pengiriman suplai energi yang cukup adalah sangat penting untuk kesehatan ekonomi negara. Intervensi dari otoritas negara dalam manajemen pengiriman dan penerimaan energi juga ditujukan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan negara akan energi. 
    - Perusahaan distribusi regional gas "Kurskgaz" milik  Rusia yang memiliki pipa gas distribusi yang beroperasi lebih dari 7.170 km mampu memasok sekitar 20.000 ton gas untuk lebih dari 270.000 rumah tangga, sekitar 1.800 lembaga-lembaga dan 230 perusahaan-perusahaan industri. Melimpahnya serta upaya penghematan secara total serta pengelolaan yang baik, membuat Rusia meraup untung dari hasil ekspor gas alam disamping memenuhi kebutuhan gas alam dalam negerinya. 
Sumber Foto : comqun.ru

Nama Negara : Amerika Serikat
Jumlah penduduk : 321.034.355 orang
Luas Wilayah : 9.826.675 km2
Produksi per tahun : 681,4 miliar meter kubik
Cadangan  : 193 triliun kaki persegi
Keterangan : - Sumber mineral yang tersedia melimpah dan tersebar hampir merata di semua kawasan Amerika utara, merupakan faktor geografis yang sangat berpengaruh bagi perkembangan Amerika Serikat. Amerika Serikat memiliki deposit gas bumi yang sangat kaya. Terdapat di Texas, Lousiana dan Alberta. Dari ketiga kawasan ini, Amerika Serikat memiliki sekitar 7% dari seluruh persediaan gas alam dunia. 
    - Amerika mengalami penurunan  produksi gas alam konvensional yang sekaligus juga menambah cadangan gas alamnya. Berkat hasil temuan dan pengembangan teknologi hydraulic fracturing dan horizontal drilling, Amerika pun berhasil menemukan cadangan gas baru yang diberi nama Shale gas. Shale gas adalah gas alam yang terdapat di dalam batuan shale, yaitu sejenis batu lunak (serpih) yang kaya akan minyak ataupun gas.  Selanjutnya, shale gas diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik Amerika. 
    - Memproduksi shale gas dapat menurunkan biaya energi atau gas alam secara signifikan. Tetapi  memproduksi shale gas yang besar juga akan membantu meningkatkan keamanan energi, dan membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang mahal. Di lain sisi munculnya shale gas juga telah menyebabkan jatuhnya harga komoditas energi lain, terutama batubara.
Sumber Foto : rbenersys.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Deni RIaddy