5 Pertimbangan Sebelum Membeli Baterai Laptop Baru, Wajib Disimak!



MOMSMONEY.ID - Bisakah mengganti baterai laptop yang rusak menjadi baru? Tentu saja. Akan tetapi, ada beberapa pertimbangan sebelum membeli baterai laptop baru. 

Jika Anda ingin mengganti baterai laptop baru, Anda wajib menyimak pertimbangan sebelum membeli baterai laptop baru.

Baterai laptop telah berkembang jauh dari sekadar perangkat yang dapat diganti-ganti seperti yang biasa kita gunakan. Nah, berikut ini pertimbangan sebelum membeli baterai laptop baru yang wajib Anda simak:


1. Kesesuaian

Langkah pertama dalam membeli baterai laptop adalah memeriksa apakah baterai yang Anda pertimbangkan kompatibel dengan laptop Anda. Dalam kebanyakan kasus, baterai laptop dijual berdasarkan nomor komponen atau merek dan model laptop, sehingga memudahkan dalam memilih komponen yang tepat.

Menemukan nomor komponen khusus untuk perangkat Anda tidaklah sulit. Laptop Anda dilengkapi dengan label berisi informasi nomor seri dan model yang tercetak di atasnya, biasanya terletak di bagian bawah. Untuk memudahkan pencarian, Anda dapat mencari baterai yang kompatibel dengan nomor model tersebut.

Atau, jika Anda membuka laptop Anda, Anda akan menemukan nomor komponen yang tertera pada baterai. Menemukan baterai yang sesuai dengan nomor komponen yang tertera adalah cara paling pasti untuk membeli baterai yang tepat.

Baca Juga: Ini 8 Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi dengan Baik

Perlu diingat bahwa Anda harus membuka setidaknya panel belakang laptop, karena hampir setiap laptop modern dilengkapi dengan baterai terintegrasi. 

Jika Anda tidak ingin menggunakan obeng untuk memeriksa laptop, alat untuk menganalisis kesehatan baterai laptop di Windows sering kali mencantumkan semua spesifikasi relevan yang perlu Anda perhatikan.

2. Kapasitas dan Tegangan 

Berikutnya adalah kapasitas dan voltase. Bahkan jika baterai cocok dengan laptop Anda, itu tidak berarti baterai tersebut akan berfungsi. Baterai menyediakan voltase tertentu saat diisi dayanya, dan itulah yang dikonfigurasikan untuk laptop Anda. 

Cara terbaik untuk mengetahui voltase dan kapasitas yang harus diperhatikan adalah dengan memeriksa baterai yang disertakan dengan laptop Anda, karena voltase, ampere, dan kapasitas selalu tertera pada baterai OEM.

Misalnya, jika laptop Anda memerlukan baterai 20 volt, memasang baterai 10 volt tidak akan berhasil, meskipun baterai terpasang dengan sempurna dan terhubung ke laptop. 

Meskipun laptop Anda bekerja dengan baterai bertegangan rendah, Anda akan menghadapi masalah kinerja saat menggunakan baterai atau masa pakai baterai yang lebih rendah karena baterai pengganti yang Anda gunakan tidak dapat memenuhi tingkat daya yang dibutuhkan laptop Anda.

Kapasitas merupakan aspek penting lainnya yang perlu diperhatikan. Alternatif pihak ketiga seringkali lebih murah daripada baterai OEM. Salah satu cara vendor pihak ketiga menurunkan harga adalah dengan membuat baterai yang menghasilkan daya yang sama tetapi dengan kapasitas yang lebih kecil.

Baca Juga: 11 Tips Bikin Awet Baterai Laptop, Begini Cara Memperpanjang Umur Baterai

Laptop Anda akan tetap berfungsi dengan baik selama baterainya memenuhi persyaratan daya, tetapi masa pakai baterai akan berkurang tergantung pada perbedaan kapasitas antara baterai asli dan baterai pengganti yang Anda gunakan. 

Jika Anda menggunakan Windows 11, Anda juga dapat mengubah sepuluh pengaturan ini agar baterai laptop Anda bertahan lebih lama. 

3. Kimia Baterai

Baterai tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bahkan jika Anda menemukan baterai yang sesuai dengan spesifikasi yang Anda cari, jika baterai tersebut terdiri dari berbagai elemen, daya, kinerja, dan beratnya dapat bervariasi.

Saat ini, Anda akan melihat dua pilihan kimia baterai yang populer di pasaran: litium-ion (Li-ion) dan Litium-Polimer (LiPo). Secara umum, disarankan agar Anda mendapatkan kapasitas baterai yang sama dengan yang disertakan dengan laptop Anda. 

Namun, selama baterai tersebut menyediakan daya yang sama, Anda akan baik-baik saja.

4. OEM vs Pihak Ketiga

Seperti halnya semua komponen PC, Anda akan menemukan pilihan baterai OEM dan pihak ketiga. Jika Anda menginginkan penggantian yang mudah dan tidak merepotkan, saya sarankan untuk menggunakan pilihan OEM. 

Selain itu, jika Anda memiliki laptop tipis dan ringan seperti ultrabook, Anda cukup terbatas pada penggantian baterai OEM karena baterai untuk perangkat yang lebih tipis dibuat khusus untuk laptop tersebut.

Di sisi lain, laptop murah menawarkan lebih banyak kebebasan dalam memilih. Jika Anda memiliki baterai standar tiga atau enam sel di laptop Anda, Anda akan menemukan banyak opsi pihak ketiga yang sesuai dengan spesifikasi dan konektor baterai Anda. 

Baca Juga: 9 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tahan Lama untuk Digunakan

Baterai pihak ketiga juga cenderung lebih murah daripada baterai OEM, tetapi perlu diingat bahwa mungkin ada beberapa cara untuk menurunkan harga. Ketersediaan juga merupakan salah satu alasan mengapa Anda harus membeli laptop dengan baterai yang dapat dilepas. 

Misalnya, vendor pihak ketiga mungkin menggunakan bahan kimia baterai yang berbeda (dan lebih murah) atau menjual baterai berkapasitas lebih rendah untuk menurunkan harga suku cadang OEM. 

Jadi ya, meskipun membeli baterai pihak ketiga dapat menghemat uang, Anda benar-benar perlu memperhatikan ketentuan yang tertera dan memastikan bahwa Anda mendapatkan spesifikasi yang tepat. 

5. Ulasan dan Peringkat

Terakhir, jika membeli baterai secara daring, Anda tidak akan dapat mengujinya hingga baterai tersebut dikirimkan, dan pada saat itu sudah sangat terlambat. 

Dalam kasus seperti itu, sebaiknya mencari nomor model baterai yang akan Anda beli dan mencari ulasan serta peringkat untuk menentukan apakah baterai tersebut berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris Horizontal, Simak Penyebab dan Solusinya

Namun, metode ini tidak sepenuhnya aman; kemungkinan besar Anda tidak akan merasa yakin, terutama jika mempertimbangkan opsi pihak ketiga. Namun, melakukan sedikit riset dapat membantu Anda memverifikasi klaim produsen atau penjual tentang daya dan kapasitas pengisian daya baterai. Lebih baik aman daripada menyesal.

Selama Anda mengetahui daya baterai, kapasitas pengisian daya, faktor bentuk, dan kimianya, mungkin tidak akan salah saat mencari penggantinya. 

Yang dibutuhkan hanyalah sedikit waktu dan penelitian, dan Anda akan memiliki laptop yang berjalan dengan baik dengan daya baterai seperti pada hari pertama.

Nah, itulah beberapa pertimbangan sebelum membeli laptop baru yang wajib disimak.

Selanjutnya: Kemenkeu Ungkap Sejumlah Tantangan dalam Pemungutan Pajak Daerah & Retribusi Daerah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria