5 Rekomendasi Tanaman Hias Aromaterapi yang Menenangkan, Cocok untuk Relaksasi



MOMSMONEY.ID - Tanaman hias aromaterapi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Anda dapat menempatkan tanaman hias aromaterapi ini di kamar.

Terdapat rekomendasi tanaman hias aromaterapi yang dapat Anda rawat di rumah. 

Selain untuk dekorasi, tanaman hias aromaterapi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Anda dapat memanfaatkan tanaman hias aromaterapi untuk relaksasi. 


Baca Juga: Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Berdasarkan Zodiak yang Cocok Dirawat di Rumah

Berikut 5 rekomendasi tanaman hias aromaterapi: 

1. Chamomile 

Meskipun chamomile terkenal dengan tehnya yang menenangkan, aromanya juga sangat menenangkan saraf. 

Dengan cara ini, selain aromaterapinya, Anda juga akan mendapatkan bunga berwarna kuning dan putih seperti bunga aster.

2. Lavender

Hidung Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ramuan Mediterania yang menenangkan ini. Meskipun paling sering ditanam di luar ruangan, Anda juga bisa menanamnya di dalam ruangan sebagai tanaman hias. 

Sebaiknya berikan sinar matahari sebanyak mungkin dan rotasikan setiap 3-4 minggu untuk mendorong pertumbuhan yang merata.

3. Rosemary

Baca Juga: Rekomendasi Tanaman Hias Musim Kemarau yang Cocok Dirawat Pemula

Menanam rosemary di dalam ruangan mirip dengan menanam lavender. Ia tidak aktif selama bulan-bulan musim dingin tetapi tetap mempertahankan daunnya sepanjang tahun.

Meskipun Anda mungkin menikmati tanaman populer ini dalam masakan, tanaman ini juga bisa menjadi secangkir teh yang sangat menenangkan, bunga rampai yang harum, dan pendamping wangi untuk dinikmati di sekitar rumah.   

4. Lemon Balm

Lemon balm telah digunakan sejak Abad Pertengahan untuk mengurangi kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan pencernaan yang baik.

Ini akan tumbuh subur sebagai bagian dari kebun ramuan dalam ruangan Anda selama mendapat cukup cahaya, sebaiknya setidaknya 5 jam per hari.

Sebagai bagian dari keluarga tanaman mint, lemon balm memberikan aroma harum dimanapun digunakan. Kegunaan favorit kami untuk lemon balm adalah dalam teh atau sebagai hiasan dalam salad atau masakan lainnya.

Baca Juga: 16 Tanaman Hias Meningkatkan Produktivitas, Cocok untuk Ruang Kerja

5. Melati

Melati menyaingi salah satu wewangian paling inspiratif di dunia tumbuhan.

Untungnya, bunga harum ini bisa kita nikmati di dalam ruangan sebagai tanaman hias. Dengan perawatan yang tepat, bunga melati akan mulai mekar di musim semi dan memberi Anda waktu delapan minggu untuk menikmati aromanya yang mempesona.

Selama sisa tahun ini, daunnya akan mempertahankan aroma yang kurang kuat namun menenangkan.  

Jadi, itulah beberapa rekomendasi tanaman hias aromaterapi yang dapat Anda manfaatkan di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria