5 Tanaman Hias yang Tidak Disukai Nyamuk karena Aromanya



MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda ada tanaman hias yang tidak disukai nyamuk? Ada beberapa tanaman hias yang tidak disukai nyamuk. 

Nyamuk tidak menyukai tanaman hias yang memiliki aroma harum. Oleh karena itu, tanaman hias ini juga cocok untuk dijadikan tanaman hias dalam rumah.

Berikut ini tanaman hias yang tidak disukai nyamuk :


Baca Juga: 10 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk yang Jarang Ditemui, Cocok di Musim Hujan

1. Lantana

Minyak atsiri Lantana memancarkan aroma kuat yang sangat disukai nyamuk Aedes penyebab demam berdarah! Tidak seperti kebanyakan tanaman, gugusan bunganya yang kecil dan berwarna-warni serta daunnya yang kasar dan bergerigi membawa keharuman ini.

Menanamnya di sekitar pintu masuk, menggosok dedaunan tanaman yang hancur, atau membuangnya ke dalam api yang menyala juga dapat mengusir nyamuk.

Semak abadi ini tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dan tanah lembab atau kering. Namun, tanaman ini juga mudah beradaptasi dengan kondisi tanah yang buruk dan cukup invasif sehingga mampu bersaing dengan spesies asli.

Namun dengan bunga yang mekar sangat cantik, Anda dapat menahan keliarannya dengan menanamnya di dalam pot atau keranjang gantung. 

2. Sereh

Merupakan tanaman yang paling dibenci oleh nyamuk, rumput serai efektif mengusir serangga dengan aromanya yang seperti jeruk.

Ada dua varietas utama— Cymbopogon nardus dan Cymbopogon winterianus —yang mengandung minyak esensial seperti citronellal, citronellol, dan geraniol, semuanya berguna untuk mengusir nyamuk dan beberapa serangga lainnya, termasuk semut. 

3. Catnip

Berikutnya dalam daftar tanaman yang sangat dibenci nyamuk adalah tanaman yang disukai bayi kucing kami! Catnip memiliki aroma yang kuat karena senyawa yang disebut nepetalactone, yang merangsang kucing seperti halnya ganja mempengaruhi manusia! Dan itu hampir sama efektifnya dalam mengusir nyamuk!

Baca Juga: 12 Tanaman Hias Murah yang Bisa Didapatkan Gratis dan Harga Terjangkau

Tanaman ini memiliki daun hijau bulat telur bergerigi dalam dan bunga kecil berwarna keputihan atau keunguan yang tumbuh pada paku vertikal. 

Meskipun tanaman ini lebih menyukai tanah yang memiliki drainase baik dan sinar matahari penuh, tanaman ini dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi.

4. Papermint

Aroma mint selalu menjadi musuh nyamuk, dan  peppermint—persilangan antara water mint dan spearmint, adalah salah satu tanaman yang mereka hindari. 

Kandungan mentolnya yang tinggi membuat  indra serangga kewalahan. 

Jepit daun hijau segarnya untuk membuat minuman, jeli, dan saus, dan nikmati juga manfaatnya di dapur.

5. Lavender

Terakhir, kami menyukai lavender bukan hanya karena khasiat herbalnya tetapi juga karena banyak hama seperti nyamuk yang sangat membencinya! Ia memiliki  banyak minyak esensial, seperti linalool, linalyl asetat, dan kapur barus.

Baca Juga: 5 Referensi Bunga Berbentuk Hati yang Cocok Jadi Hadiah dan Buket

Dengan bunga ungu berduri tinggi dan dedaunan hijau keperakan, tanaman manis dan menenangkan ini adalah  pilihan sempurna untuk pagar tanaman dan pembatas.

Lavender dapat mentolerir banyak kondisi tetapi lebih menyukai tanah kering, berdrainase baik, dan sinar matahari penuh.

Nah itulah beberapa tanaman hias yang tidak disukai nyamuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria