5 Teknik Dasar Memasak ala Prancis yang Bisa Moms Tiru di Rumah



MOMSMONEY.ID - Tahukah Moms, ada beberapa teknik dasar memasak ala Prancis yang sangat berguna karena dapat mempermudah Moms memasak.

Beberapa teknik dasar memasak ala Prancis ini bisa digunakan dalam berbagai hal, mulai dari mengolah bahan, hingga menyajikan makanan di atas piring.

Melansir dari Easy Food dan Foodal, berikut ini MomsMoney rangkum 5 teknik dasar memasak ala Prancis yang bisa ditiru Moms di rumah, selengkapnya!

Baca Juga: Ingin Kurus? Coba Konsumsi 5 Minuman Alami Ini agar Berat Badan Cepat Turun

Julienne

Teknik dasar memasak ala Prancis yang pertama adalah Julienne.

Julienne sendiri merupakan teknik memotong berbagai jenis sayuran secara bersamaan membentuk ukuran yang seragam dengan ukuran seperti korek api.

Moms bisa mencoba teknik Julienne ini untuk mempercepat waktu memasak dan supaya tampilan visual masakan jadi lebih rapih.

Baca Juga: 6 Tips Tetap Sehat Setelah Mengonsumsi Gorengan, Tetap Bisa Makan Sepuasnya!

En papillote

En papillote merupakan teknik dasar memasak ala Prancis dimana makanan dimasukkan ke dalam kantong lalu dilipat dan dipanggang. En Papillote sendiri jika diterjemahkan memiliki arti “di dalam kertas”.

Teknik memasak ini sering dilakukan untuk memasak ikan hingga daging. En papillote adalah cara memasak dengan mengombinasikan metode panggang & kukus.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Energi Secara Cepat saat Sedang Kelelahan Akut

Coulis

Coulis adalah teknik dasar memasak ala Prancis yang berguna untuk pembuatan dessert. Coulis adalah saus kental berwarna-warni yang ditujukan untuk mempercantik makanan.

Warna-warni saus ini terbuat dari buah, sayur, hingga rempah, bergantung pada warna yang ingin didapatkan. Bahan-bahannya dimasak, dihaluskan, dan diayak sebelum disajikan.

Baca Juga: 5 Tips Food Plating untuk Percantik Sajian Makanan di atas Piring

Chiffonade

Potongan Chiffonade merupakan teknik memasak ala Prancis yang digunakan untuk mencincang halus sayuran berdaun seperti bayam, selada, hingga kemangi menjadi sehalus mungkin menyerupai bubuk.

Untuk menggunakan teknik memasak chiffonade, Moms bisa menumpuk beberapa daun lalu dilipat dan dipotong tegak lurus. Usahakan untuk menjaga sedikit jarak sehingga daun dapat terpotong sangat kecil.

Baca Juga: Coba 7 Cara Efektif Ini Untuk Memperbaiki Rasa Masakan yang Terlalu Asin

Saute

Teknik dasar memasak ala Prancis bernama saute atau lebih dikenal sebagai “teknik masak menumis” merupakan teknik paling umum yang diketahui banyak orang di dunia.

Teknik memasak saute dilakukan dengan menggoreng makanan secara cepat menggunakan minyak yang sangat sedikit dalam api besar sementara koki mengocok wajan sehingga makanan jadi melompat ke atas. Ini ditujukan agar bahan makanan tak menempel pada wajan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti