5 Tips Menceritakan Kelebihan dan Kekurangan Diri saat Interview Kerja



KONTAN.CO.ID -  Setiap perusahaan memiliki pola tersendiri saat melakukan wawancara kerja. Namun, kebanyakan perusahaan akan menanyakan kelebihan dan kekurangan diri saat interview atau wawancara kerja.  

Saat sesi interview, pihak perusahaan ingin melihat bagaimana Anda menyampaikan dengan jujur dan jelas tentang kelebihan dan kelemahan diri. Mereka juga ingin menilai seberapa jauh Anda memahami kemampuan Anda. 

Pertanyaan tentang kelemahan dan kelebihan diri merupakan pertanyaan jebakan. Tidak sedikit kandidat yang terjebak dan takut dengan pertanyaan-pertanyaan ini. 


Simak tips cara menjawab kelebihan dan kekurangan di bawah ini yang himpun dari The Muse dan The Balance Careers

Baca Juga: Pamapersada Buka Lowongan Kerja Buat Fresh Graduate, Cek Syarat Daftarnya

  • Menjawab dengan jujur

Dalam sesi wawancara kerja, pastikan Anda menjawab dengan jujur semua pertanyaan. Jawablah sesuai apa yang Anda alami tanpa melebih-lebihkan. 

Pilihlah juga jawaban yang rasional. Recruiter ingin melihat seberapa jauh Anda mengenal diri sendiri. Mereka juga ingin melihat kejujuran dan bagaimana menyikapi kelemahan dan kelebihan Anda. 

  • Menarasikan jawaban

Kebanyakan peserta hanya menjawab dengan menyampaikan poin-poin kelemahan dan kelebihan mereka saja. Jika menjawab seperti ini, perusahaan akan kesulitan untuk menilai kelebihan Anda. 

Kemas jawaban menggunakan narasi agar pihak perusahaan lebih mudah memahami poin-poin Anda. Anda bisa menceritakan kelemahan dan kelebihan dengan pengalaman bekerja selama ini.  

  • Sampaikan kelebihan yang sesuai

Pilihlah kelebihan yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Misal Anda memilih posisi sebagai public relation. Posisi ini pas jika Anda memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. 

Begitu juga dengan kelemahan. Jangan sebutkan kelemahan Anda yang berpotensi merugikan di pekerjaan. 

Poles jawaban Anda agar kelemahan bisa menjadi kelebihan Anda. Tunjukkan juga upaya Anda untuk mengatasi kelemahan tersebut. 

Baca Juga: Perbedaan Bank Umum & Bank Syariah, dari Sistem Keuntungan Hingga Dewan Pengawasnya

  • Jangan bertele-tele

Usahakan informasi yang Anda berikan cukup singkat tapi tetap jelas. Jika terlalu lama dan bertele-tele, recruiter akan kesulitan menangkap maksud Anda. 

Meskipun singkat, pastikan informasi yang Anda sampaikan mengandung informasi yang dicari oleh perusahaan.

  • Tetap tenang dan jangan panik

Tips menjawab kelebihan dan kelemahan yang terakhir adalah selalu tenang dan jangan panik. Memang sedikit susah, tapi dengan latihan Anda bisa lebih rileks. 

Tetap tenang saat sebelum dan saat Anda mengikuti sesi wawancara. Jangan terlalu stres dan tetap berfikir positif bisa membuat Anda lebih tenang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News