5 Tips Olahraga saat Cuaca Dingin biar Tetap Aman



MOMSMONEY.ID - Ini tips olahraga aman di tengah musim dan cuaca dingin supaya tetap bisa dilakukan dengan nyaman.

Walaupun cuaca tak menentu, namun melakukan olahraga ringan dan singkat tetap harus dilakukan, ya.

Seperti belakangan ini di mana cuaca dingin mulai dirasakan di beberapa daerah di Indonesia, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar olahraga di musim dingin seperti saat ini masih bisa dilakukan dengan nyaman:


Baca Juga: 4 Jenis Olahraga Untuk Penderita PCOS, Aman dan Boleh Dilakukan Rutin

Pilih pakaian yang tepat

Saat musim dan cuaca dingin, sebaiknya gunakan bahan pakaian yang lebih tebal jika ingin berolah raga di luar rumah. Pilihlah pakaian yang memiliki bahan lebih tebal namun tetap memiliki daya serap keringat yang tinggi.

Jika tak ingin repot memilih baju tebal, coba tambahkan jaket untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin. Gunakan juga pakaian dengan model lengan panjang sebagai tambahan untuk menghangatkan tubuh.

Lakukan pemanasan

Pemanasan merupakan kegiatan penting yang wajib dilakukan sebelum melakukan olahraga, terutama olahraga berat. Berbeda dengan saat di musim panas, pemanasan sebelum olahraga perlu dilakukan lebih lama saat musim dingin.

Melakukan dynamic warm up atau pemanasan dinamis juga bisa membantu untuk meningkatkan suhu tubuh, aliran darah dan mengurangi risiko terkena cedera saat berolah raga. 

Jangan lupa juga untuk melakukan pernapasan dengan benar melalui hidung agar tetap bisa menjaga suhu hangat pada tubuh dan melembabkan udara saat olahraga.

Baca Juga: 6 Tips Cara Meningkatkan Kecepatan Lari, Bisa Mengurangi Pace Lari Juga

Perbanyak minum

Cuaca yang dingin dapat membuat kulit maupun organ dalam tubuh menjadi kering dan kurang terhidrasi. Maka dari itu sebaiknya perbanyak mengonsumsi cairan saat ingin tetap melakukan olahraga di musim dingin.

Melansir dari laman Mayo Clinic, seseorang bisa mengalami dehidrasi di musim dingin karena keringat dan juga kegiatan bernapas. Tubuh juga akan lebih mudah merasa ingin kencing yang membuat tubuh menjadi dehidrasi dan kekurangan cairan.

Lindungi bagian tubuh

Laman Everyday Health menjelaskan, area jari-jari, telinga, hidung, dan jari kaki merupakan bagian tubuh yang paling mudah mengalami pembekuan karena cuaca dingin. 

Maka dari itu ada baiknya untuk menggunakan topi, headband, sarung tangan, dan juga kaos kaki ketika melakukan olahraga di musim dingin.

Tetap gunakan sunscreen

Hal lain yang tidak boleh ketinggalan untuk tetap dilakukan saat ingin berolah raga di musim dingin adalah tetap menggunakan sunscreen.

Sunscreen tetap diperlukan terutama jika melakukan olahraga di luar ruangan agar terhindar dari radiasi UVA dan UVB. Sebab kulit juga masih dapat terbakar saat musim dingin sama saat dengan di musim panas.

Nah, itulah tadi beberapa tips agar olahraga tetap aman dan nyaman dilakukan saat musim dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia