500 Formasi CPNS 2004 BRIN untuk Lulusan S3 Sudah Dibuka



KONTAN.CO.ID - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membuka 500 formasi untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 lulusan S3. 

Informasi mengenai hal tersebut diumumkan oleh BRIN melalui akun Instagram resminya, @brin_indonesia pada Jumat (17/8/2024). 

"BRIN akan membuka Pendaftaran Seleksi Penerimaan CPNS 2024 untuk 500 Formasi Jabatan Fungsional Peneliti Ahli Muda dengan Pendidikan S3. Pendaftaran Seleksi akan dibuka tanggal 20 Agustus 2024 di portal SSCASN BKN," bunyi keterangan dalam unggahan BRIN. 


Menanggapi pengumuman itu, sejumlah warganet mengaku kecewa karena syarat pendidikan terakhir dianggap terlalu tinggi, yaitu S3. 

Lantas, benarkah formasi CPNS BRIN hanya untuk lulusan S3 saja? 

Adakah formasi CPNS BRIN untuk lulusan S1 dan S2? 

Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia (BOSDM) BRIN, Erra Wulandari membenarkan bahwa 500 formasi CPNS hanya diperuntukkan untuk lulusan S3. 

Hal itu karena saat ini BRIN masih terbilang tertinggal dalam urusan riset dan ingin menciptakan inovasi baru. 

"BRIN sedang mengejar ketertinggalan riset dan inovasi serta jumlah SDM ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)," kata Erra kepada Kompas.com, Sabtu (17/8/2024). 

Baca Juga: Segera Dibuka Seleksi PPPK 2024 untuk Tenaga Honorer, Catat Informasinya

Meski begitu, lanjutnya, lulusan S1 dan S2 bisa ikut berkontribusi di BRIN dengan mengikuti program magang riset lalu dilanjutkan dengan skema Degree by Research (DBR). 

"S2 bisa magang juga dan lanjut S3 dengan DBR, baru nanti bisa ikut CPNS dengan pengalaman riset yang banyak," tambah Erra. 

DBR adalah program peningkatan sivitas BRIN dengan melanjutkan studi di universitas. Adapun kegiatan peserta mencakup penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi. 

Selain berkesempatan meningkatkan kompetensi, peserta juga diberi biaya pendidikan berupa uang kuliah dan dana bantuan riset selama masa perkuliahan. 

Baca Juga: Formasi CPNS 2024 & Cara Buat Akun Sscasn.bkn.go.id, PPPK Boleh Daftar Tanpa Mundur

Erra menambahkan, informasi mengenai program magang juga bisa dilihat di laman manajamentalenta.brin.go.id.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BRIN Buka 500 Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan S3, Adakah Posisi untuk S1 dan S2?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie