6 Barang Pribadi yang Tak Boleh Dipakai Bersama Orang Lain, Hindari Penyakit Menyebar



MOMSMONEY.ID - Ada beberapa barang pribadi yang tak boleh dipakai bersama orang lain untuk mencegah peyebaran penyakit, lo.

Saat sedang bepergian ataupun menginap bersama teman-teman, kadangkala ada beberapa barang pribadi yang lupa dibawa. Tak jarang saling meminjam barang pribadi jadi solusi ampuh untuk sebagian orang.

Namun, Anda perlu berhati-hati, sebab ada beberapa barang pribadi yang tak boleh dipakai bersama orang lain secara sembarangan.


Penyebab utama Anda tak boleh meminjamkan barang pribadimu adalah untuk mencegah berpindahnya kuma, penyakit, hingga virus yang ada pada barang tersebut kepada orang lain.

Berikut ini beberapa barang pribadi yang tak boleh dipakai bersama. Simak selengkapnya.

Baca Juga: 7 Kombinasi Makanan yang Bantu Stabilkan Gula Darah, Turunkan Risiko Diabetes

Handuk

Handuk adalah salah satu barang pribadi yang tak boleh dipakai bersama orang lain, sebab handuk bisa menjadi sarang bakteri & jamur, juga dapat menjadi perantara menyebarnya infeksi kulit seperti kutu air & kurap, dikutip dari Fakaza News.

Gunting kuku

"Ada lebih dari 60% populasi dunia mengalamai beberapa bentuk infeksi kuku yang disebabkan oleh jamur, ragi, dan fungi," ucap Dr Mark Hinkes, seorang ahli penyakit kaki bersertifikat, dikutip dari Yahoo.

Infeksi tersebut dapat menular lewat penyebaran melalui alat yang tidak steril, seperti pada gunting kuku. Penularannya pun tergolong cukup tinggi.

Dr Hinkes juga menyarankan untuk selalu membersihkan gunting kuku menggunakan disinfektan secara teratur.

Baca Juga: 6 Makanan Sumber Vitamin E Paling Tinggi untuk Tubuh, Bisa Bikin Kulit Jadi Mulus

Sisir

Berhati-hatilah untuk berbagi barang pribadi, seperti sisir contohnya, kepada orang lain. Sebab melalui sisir, penyebaran ketombe, kutu, dan rambut rontok bisa terjadi. Infeksi kulit kepala pun tak jarang dialami beberapa orang yang saling meminjamkan sisirnya.

Sikat gigi

Sikat gigi dapat menyebarkan banyak bakteri jahat seperti E.Coli ataupun Staph jika digunakan bersama-sama, dikutip dari Hindustan Times.

Barang pribadi yang satu ini memiliki tingkat risiko yang sangat besar untuk terkena infeksi yang dapat sebabkan kerusakan gigi, hingga penyakit pada tenggorokan.

Baca Juga: 7 Buah dengan Indeks Glikemik Tinggi yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Peralatan makan

Peralatan makan seperti sendok & garpu tak boleh dipakai bersama orang lain. Jika dipakai bersama maka berisiko menularkan banyak bakteri dan virus, terutama jika kita tak mengetahui apakah orang tersebut memiliki virus berbahaya di tubuhnya seperti HIV ataupun TBC yang berpotensi menyebar lewat air liur.

Sabun batang

Sabun batang tak boleh dipakai bersama orang lain. Meski sabun pada dasarnya dapat membasuh & membersihkan aneka kuman & bakteri, namun sabun batang dapat menyebarkan bakteri dari satu kulit ke kulit lain.

Baca Juga: 7 Buah dan Sayur yang Paling Sedikit Kandungan Nutrisinya, Ada Apa Saja?

Hindarilah  penggunaan sabun yang disimpan di tempat umum atau digunakan oleh orang lain.

Hindari juga barang pribadi seperti spons mandi atau loofah spons agar tak digunakan orang lain sembarangan agar tak menumbuhkan kumah di dalam serat-seratnya.

Itu dia berbagai barang pribadi yang tak boleh digunakan bersama orang lain agar tak menyebabkan berpindahnya kumah, bakteri, ataupun virus dari orang lain pada tubuh Anda. berhati-hatilah selalu.

Selanjutnya: BNI Finance Targetkan Pembiayaan Alat Berat Rp 90 Miliar hingga Akhir 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti