6 Benda Paling Kotor di Rumah yang Bisa Sebarkan Kuman dan Penyakit ke Tubuh



MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, ternyata benda paling kotor di rumah bukanlah kloset di toilet, melainkan beberapa benda yang berikut ini!

Toilet kerap kali disebut-sebut sebagai benda paling kotor karena keberadaannya yang berkaitan dengan kotoran. Namun sebenarnya, toilet lebih bersih daripada beberapa benda berikut ini, sebab toilet sering dibersihkan dengan air dan sabun.

Sementara beberapa benda berikut ini bahkan tak pernah dibersihkan sama sekali.


Untuk mengetahui apa sajakah benda yang dimaksud, yuk simak ulasan berikut ini:

Baca Juga: 6 Minuman Paling Menjijikkan di Dunia, Ada yang Terbuat dari Urin Sapi

Remote

Remote adalah salah satu benda paling kotor di rumah sebab ia sering disentuh oleh banyak tangan, namun jarang atau bahkan tak pernah dibersihkan.

Benda ini dapat menampung bakteri terutama jika Anda menggunakannya saat makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, dikutip dari Pulse Nigeria.

Disarankan untuk membersihkan remote dengan tisu desinfektan secara teratur sehari sekali.

Saklar lampu

Baca Juga: Cuaca Ekstrim Datang, Konsumsi 6 Makanan Pereda Nyeri Tenggorokan Ini

Saklar lampu juga menjadi benda paling kotor di rumah karena keberadaannya yang seringkali disentuh oleh berbagai tangan tanpa memperhatikan kehigienisan benda ini.

Sayangnya, banyak orang yang takut membersihkan saklar lampu dengan alasan takut tersetrum. Nah untuk mencegah menyebarnya kuman, Anda bisa membersihkan saklar lampu dengan kain yang telah dibasahi cairan desinfektan. Jangan lupa untuk mengeringkannya kembali.

Baca Juga: Persiapan Kurban Dimulai, Ini 7 Cara Mengolah Jeroan Sapi Supaya Tak Berbau Amis

Bantal

Bantal yang sering kita tiduri adalah benda paling kotor di rumah yang bisa membuat wajah jadi jerawatan! Maka untuk mencegahnya, Anda harus rutin mengganti sprei bantal setidaknya sebulan 1-2 kali.

Jangan lupa periksa label perawatan untuk mengetahui apakah bantal Anda bisa dicuci pakai mesin, ataukah tidak, dikutip dari USA Today.

Baca Juga: Daftar 5 Bandara Terluas di Dunia, Ada yang Tercatat dalam Guinness World Records!

Karpet

Seorang ahli mikrobiologi di New York University, Philip Tierno, mengatakan kepada Men’s Health bahwa karpet memiliki 200.000 bakteri per inci persegi. Ini artinya karpet 4.000 kali lebih kotor daripada dudukan toilet! Ini menjadikan karpet sebagai benda paling kotor di rumah Anda!

Tierno mengatakan bahwa penyedot debu terbaik pun tidak bisa menyerap hingga ke dasar karpet dan tetap meninggalkan bakteri berbahaya seperti salmonella hingga E. coli.

Untuk membersihkannya, gunakan vakum mingguan, jangan lupa bersihkan dnegan uap setahun sekali kepada profesional. Atau jika malas, Anda bisa membeli karpet terbaru.

Baca Juga: Ini Lo Cara Tepat Mencuci Bantal dengan Mesin Cuci

Keyboard

Keyboard tempat Anda mengetik jadi salah satu benda paling kotor di rumah karena mengandung bakteri tingkat tinggi, yakni 400 kali lebih banyak daripada rata-rata dudukan toilet.

Karena benda ini digunakan setiap hari, maka keyboard sering dipenuhi remah-remah makanan, debu, rambut, atau sisa kotoran lainnya. Keyboard ini mengandung ragi, jamur, dan aneka makhluk hidup yang tak seharusnya ada.

Untuk membersihkannya, menurut Reader Digest, gunakan sikat gigi kecil, lalu semprotkan sedikit kain bersih dengan campuran 1/3 air & 2/3 alkohol, lalu digosokkan ke keyboard dan sela-selanya.

Bersikan benda paling kotor ini hingga bersih dan lakukan rutin setiap minggu, terutama jika keyboard digunakan setiap hari.

Baca Juga: Ini 5 Benda yang Bikin Saluran Wastafel Mudah Tersumbat

Baling-baling kipas angin

Banyak yang beranggapan bahwa kipas yang bergerak akan mengumpulkan debu, namun teori ini salah. Debu akan menumpuk pada benda, baik itu beda bergerak ataupun diam.

Dalam hal ini, debu pada kipas akan bergoyang dan menyebar ke seluruh ruangan sehingga akan berdampak pada penderita asma, alergi, dan sejenis penyakit lainnya.

Itulah deretan benda paling kotor di rumah yang rutin harus Anda bersihkan. Jangan sampai menunggu sakit, baru akan dibersihkan, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti