6 Cara Membakar Lemak Saat Tidur, Mudah dan Efektif!



MOMSMONEY.ID - Cari tahu 6 cara membakar lemak saat tidur di sini.

Tubuh selalu membakar kalori untuk menjaga sistem saraf tak sadar tetap bekerja—memompa darah, bernapas, mencerna makanan, dan melakukan semua tugas lain untuk mempertahankan hidup

Tapi, tahukah Anda bahwa tubuh juga dapat membakar kalori dan lemak saat tidur? Kira-kira, bagaimana caranya?


Melansir Muscle and Fitness, berikut 6 cara membakar lemak saat tidur yang tidak boleh Anda lewatkan.

Baca Juga: Bagaimana Ciri-Ciri Terkena Kolesterol Tinggi? Ini Dia 11 Cirinya

1. Minum white tea

Cara membakar lemak saat tidur yang pertama yaitu minum white tea.

Meskipun tidak sepopuler teh hijau, namun white tea atau teh putih yang berasal dari tanaman yang sama dengan teh hijau, kaya akan antioksidan dan manfaat kesehatan termasuk pembakaran lemak.

Studi menemukan bahwa ekstrak white tea mampu menghambat sel menjadi lemak dan merangsang pemecahan lemak. Jadi, jangan ragu untuk mengganti secangkir kopi pagi Anda dengan secangkir white tea.

2. Konsumsi karbohidrat pada siang hari

Cara membakar lemak saat tidur yang kedua yaitu mengonsumsi karbohidrat pada siang hari.

Konsumsilah sebagian besar kalori Anda, terutama karbohidrat, pada siang hari dan lebih sedikit pada sore hari.

Langkah ini akan membuat Anda tidur dengan kadar hormon insulin yang lebih sedikit dalam darah. Sehingga, tubuh Anda dapat mengolah lemak menjadi energi saat tidur.

3. Minum protein shake di malam hari

Cara membakar lemak saat tidur yang ketiga yaitu minum protein shake di malam hari.

Sering merasa lapar di malam hari? Cobalah minum protein shake alih-alih mengambil sepiring nasi.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minum protein shake sebelum tidur tidak hanya membantu membangun massa otot, tetapi juga dapat mendukung perbaikan otot dan sel.

Baca Juga: Bikin Langsing, Begini Tips Diet Cepat Turunkan Berat Badan Anda!

4. Makan makanan tinggi asam amino triptofan

Cara membakar lemak saat tidur yang keempat yaitu makan makanan tinggi asam amino triptofan.

Cobalah makan makanan yang kaya akan asam amino triptofan seperti kalkun, ayam, dan telur. Pasalnya, makanan tinggi asam amino triptofan dapat membantu meningkatkan relaksasi dan tidur.

Selain itu, makanan tinggi asam amino triptofan juga dapat mendorong tubuh menggunakan lebih banyak kalori selama proses pencernaan daripada karbohidrat. Selanjutnya, ini akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak dalam semalam.

5. Tidur dalam keadaan gelap

Cara membakar lemak saat tidur yang kelima yaitu tidur dalam keadaan gelap.

Paparan cahaya sebelum tidur memiliki implikasi serius bagi kesehatan. Sebaliknya, tidur dalam kegelapan total dapat melepaskan hormon melatonin yang membantu mengatur tidur, tekanan darah, suhu tubuh, dan kadar kortisol (hormon stres).

Sebuah studi selama 10 tahun menemukan bahwa wanita yang terlalu banyak terpapar cahaya saat tidur memiliki kemungkinan 22% lebih besar untuk terkena kanker payudara. Sementara itu, studi lain menghubungkan paparan cahaya sebelum tidur dengan tingkat depresi yang lebih tinggi (yang dapat menyebabkan penambahan berat badan).

6. Makan makanan pedas

Cara membakar lemak saat tidur yang keenam yaitu makan makanan pedas.

Mengonsumsi makanan pedas dapat membantu proses termogenesis atau pembakaran lemak lho, Moms.

Capsaicin yang ditemukan dalam makanan yang mengandung cabai telah terbukti memiliki efek termogenik yang membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dan lemak.

Demikian 6 cara membakar lemak saat tidur. Kunci untuk menghilangkan lemak bukan hanya membakarnya atau membuangnya, tetapi juga menghentikan pembentukannya dengan mencegah lonjakan insulin di malam hari.

Jika Anda harus makan di malam hari, pilihlah sepotong protein rendah lemak dan salad atau sayuran hijau sebagai lauk untuk mencegah lonjakan insulin yang besar. Dengan begini, tubuh akan meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan yang dilepaskan setelah Anda tertidur, sehingga menyebabkan sel-sel lemak melepaskan lemaknya untuk digunakan sebagai energi.

 

Selanjutnya: Pavilion Indonesia di World Expo 2025 Osaka Buka Peluang Bagi Pelaku Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma