6 Cara Mengecek Kesegaran Ikan di Pasar dan Swalayan Tanpa Keliru



MOMSMONEY.ID - Mengecek tingkat kesegaran ikan yang ada di pasar maupun swalayan sebenarnya sangat mudah.

Kesegaran ikan dapat diketahui melalui pengecekan fisik dimulai dari dagingnya, mata, hingga aroma yang tercium. Beberapa cara berikut ini bisa Anda jadikan referensi saat mengecek kesegara ikan di pasar, ini dia.

Cium aromanya


Bagi sebagian orang, mencium aroma ikan sedikit menjijikan. Namun sebenarnya cara ini berguna untuk mengecek kesegaran ikan yang biasa dijual di pasar.

Baca Juga: 6 Kesalahan Saat Masak Sayuran Hijau, Bikin Warnanya Pucat dan Nutrisi Jadi Hilang

Ikan yang segar memiliki ciri berupa aromanya lembut, tidak berbau anyir/amis yang menusuk hidung.

Dikutip dari Times of India, bau amis ikan yang terlalu menyengat justru menandakan ikan tersebut basi atau telah diawetkan dengan bahan kimia. Bau ikan yang telah basi biasanya tetap terasa bahkan setelah dimasak.

Kejernihan mata

Kejernihan mata merupakan salah satu cara untuk bisa mengecek tingkat kesegaran ikan.

Mata ikan segar pastinya jernih, berkilau, montok, basah, tidak cekung, dan tidak keruh, dikutip dari The Neff Kitchen.

Apabila mata ikan terlihat bagus, maka ikan tersebut dapat dipastikan masih segar. Namun jika kurang jernih, maka ikan tersebut sudah tak terlalu segar.

Baca Juga: Perbedaan Salted Butter vs Unsalted Butter, Jenis Mentega untuk Segala Masakan

Daging kenyal

Cara cek kesegaran ikan bisa dengan menyentuh daging pada bagian perutnya. Daging ikan segar akan terasa kenyal saat disentuh. Dagingnya akan kembali ke bentuk semula (seperti saat bantal ditekan).

Namun apabila daging ikan yang ditekan tidak kembali ke bentuk semula, maka ikan tersebut dipastikan sudah tidak terlalu segar.

Warna Mengkilap

Baca Juga: Meledak hingga Luka Bakar, Ini 6 Makanan yang Tak Boleh Dimasukkan dalam Microwave

Warna adalah ciri paling mudah yang dapat diketahui. Ini karena tingkat kesegaran ikan dapat diketahui hanya dengan melihat warna keseluruhan pada tubuh ikan.

Melansir dari Food NDTV, secara fisik, ciri ikan segar memiliki sisik yang utuh dan kencang. Warnanya mengkilap dan tidak terkesan kusam.

Sementara ikan yang sudah tidak segar memiliki ciri seperti sisiknya mudah terlepas, tidak ada lendir, serta tampilannya kusam. Hindarilah membeli ikan dengan ciri-ciri ini.

Insang berlendir

Ikan segar idealnya memiliki insang yang berwarna merah muda cerah atau kemerahan. Ciri ikan segar juga dapat dilihat dari insangnya yang berlendir jernih, basah, dan berwarna kecoklatan.

Mengutip dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pamekasan, hindari ikan dengan insang yang kering, berwarna pucat, dan berbau menyengat.

Baca Juga: 5 Tips Simpan Sayur Tanpa Kulkas, Kesegaran Sayuran Tetap Terjaga!

Tenggelam dalam air

Cara terakhir untuk dapat mengetahui kesegaran ikan adalah dengan mengecek ikan di dalam air.

Melansir dari Maggi, coba ambil sebaskom air dan mulai tenggelamkan ikan segar yang baru Anda beli. Jika ikan tersebut tenggelam, maka ikan dapat dipastikan segar. Sementara jika ikan mengapung, maka bisa dipastikan ikan sudah mulai membusuk entah karena suhu ataupun waktu.

Itulah beberapa cara mengecek tingkat kesegaran ikan yang ada di pasar maupun swalayan. Moms bisa mengaplikasikan cara-cara ini sebelum membeli ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti