6 Cara Menyembuhkan Flu Tanpa Harus Minum Obat



KONTAN.CO.ID - Flu atau pilek adalah salah satu penyakit infeksi di saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Cara menyembuhkan flu bisa dilakukan tanpa harus meminum obat.

Terdapat beberapa gejala yang sering ditimbulkan flu, di antaranya hidung tersumbat, sakit tenggorokan, sakit menelan, suara serak, batuk, dan masih banyak lagi gejala flu lainnya. 

Virus yang menyebabkan flu sangat mudah menular terlebih di masa pandemi Covid-19 yang mempunyai beberapa gejala serupa dengan flu. 

Melansir dari Everyday Health, terdapat beberapa cara efektif menyembuhkan flu tanpa harus minum obat.

1. Tidur

Tidur merupakan salah satu cara meredakan flu yang bisa dibilang efektif. Tubuh yang sedang tidak sehat membutuhkan waktu istirahat yang ekstra. Oleh karena itu, tidur menjadi solusi pertama menyembuhkan flu secara alami. 

Baca Juga: Rekomendasi 6 Buah yang Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi

2. Berkumur air garam 

Selain beristirahat yang cukup, berkumur dengan air garam juga bisa menjadi alternatif meredakan flu. Sebab, berkumur dengan air garam mampu mengurangi pembengkakan di tenggrokan dan menghilangkan bakteri atau virus yang menempel. 

3. Permen pereda tenggorokan yang mengandung zinc

Jika tenggorokan Anda terasa tidak nyaman saat flu, mengonsumsi permen pereda tenggorokan yang mengandung zinc bisa menjadi solusi. Zinc dapat membantu meningkatkan kekebalan, yang bisa mempersingkat durasi atau tingkat keparahan flu.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Susu Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?