6 Fitur Android 14 Terbaik dan Terbaru, Apa Saja?



MOMSMONEY.ID - Android 14 telah resmi dirilis oleh Google. Ada banyak perubahan dalam fitur Android 14. 

Dalam artikel ini terdapat enam fitur Android 14 terbaik dan terbaru. Fitur Android 14 terbaik dan terbaru dapat memudahkan pengguna Android. 

Lalu, apa saja enam fitur Android 14 terbaik dan terbaru itu? Yuk simak artikel ini hingga akhir.


Baca Juga: Punya Banyak Fitur Baru, Simak Kelebihan iOS 17 yang Wajib Anda Update

1. Custom layar kunci 

Salah satu perubahan paling signifikan yang dihadapi pengguna di Android 14 adalah kemampuan untuk menyesuaikan layar kunci. Anda dapat mengubah gaya jam, pintasan, font, dan wallpaper untuk memberikan tampilan baru.

Jadi, Anda dapat menggunakan emoji kesayangan Anda sebagai wallpaper layar beranda ponsel Anda, sedangkan layar kuncinya akan menggunakan gambar yang berbeda.

Ada banyak gaya jam yang dapat dipilih, dan Anda juga dapat menggunakan warna dan ukuran berbeda untuk jam tersebut.

Fitur ini hampir mirip seperti fitur yang ada di iOS 16. Dan meskipun penerapan Google bagus, itu masih jauh dari apa yang ditawarkan Apple di iPhone dan iPad. Anda tetap tidak dapat menempatkan widget di layar kunci Pixel, meskipun hal ini dapat berubah pada rilis Android mendatang.

Selain itu, Google harus menambahkan opsi Acak Foto yang mirip dengan Layar Kunci di iOS. 

2. Pemberitahuan Kilat 

Fitur aksesibilitas baru yang utama di Android 14 adalah dukungan untuk notifikasi flash. Jika Anda kesulitan menentukan kapan ponsel Anda berdering, Anda dapat mengatur notifikasi flash untuk mendapatkan bantuan visual.

Masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Notifikasi flash. Kemudian Anda akan menemukan opsi untuk memflash lampu kamera atau layar setiap kali ada notifikasi baru masuk atau alarm berbunyi. 

Baca Juga: Kenapa Tidak Ada iPhone 15 Mini? Simak Alasan dan Penjelasannya

3. Konfirmasi PIN Otomatis

Saat menyiapkan perangkat baru yang menjalankan Android 14, OS akan secara aktif mendorong Anda untuk menyetel PIN 6 digit. Hal ini sudah dapat dilakukan di Android 13—hanya saja OS kini mendorong Anda untuk menggunakan opsi paling aman.

Selain itu, setelah PIN yang benar dimasukkan, ponsel Anda akan otomatis terbuka kuncinya. Anda tidak perlu menekan tombol Enter untuk mengonfirmasi tindakan Anda. Perlu diperhatikan bahwa konfirmasi PIN otomatis hanya tersedia bila menggunakan PIN dengan enam digit atau lebih.

Ada cara untuk mengatur ulang kode sandi ponsel Android Anda, jadi silakan coba PIN enam digit tanpa khawatir tentang apa yang terjadi jika Anda lupa.

4. Integrasi Health Connect 

Android 14 memiliki dukungan Health Connect bawaan, memungkinkan berbagi data kebugaran Anda dengan mudah di berbagai aplikasi. Ini bertindak sebagai tempat sentral untuk menyimpan semua data kesehatan Anda, termasuk detak jantung Anda, langkah yang diambil, kalori yang terbakar, dll.

Aplikasi pihak ketiga dapat meminta data ini dari Health Connect, dan Anda dapat mengelola semuanya dari lokasi terpusat untuk memastikan data tidak disalahgunakan. Semua metrik kesehatan yang Anda kumpulkan dienkripsi dengan aman di ponsel Anda untuk alasan privasi.

Health Connect sudah tersedia sebagai aplikasi mandiri di Play Store. Namun dengan Android 14, Google mengintegrasikannya langsung ke dalam OS. Anda dapat menemukan Health Connect di Setelan > Privasi di ponsel Pixel yang menjalankan Android 14.

5. Penskalaan Teks Non-Linear

Fitur aksesibilitas baru yang signifikan lainnya di Android 14 adalah penskalaan teks non-linier. 

Anda sekarang dapat menskalakan ukuran font hingga 200 persen, namun karena penskalaan akan terjadi secara non-linear, hal ini tidak akan memotong elemen UI atau terlihat terlalu aneh. Fitur aksesibilitas yang menonjol ini akan membantu orang-orang dengan masalah penglihatan.

Baca Juga: 10 Fitur iOS 17 yang Baru Diluncurkan, Ada Pesan Suara Langsung

Jika Anda sudah menggunakan TalkBack di ponsel Android, penskalaan teks non-linier bisa menjadi fitur aksesibilitas baru yang penting.

6, Tindakan Kustom 

Google mengizinkan aplikasi pihak ketiga menambahkan tindakan khusus ke lembar berbagi asli. Hal ini akan memungkinkan pengembang untuk menggunakan lembar berbagi asli OS tanpa membuat implementasi kustom mereka sendiri. Semua tindakan aplikasi khusus akan muncul di bagian atas lembar berbagi.

Karena menu berbagi adalah bagian utama Android, perubahan ini akan menghasilkan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik.

Nah itulah beberapa fitur Android 14 terbaik dan terbaru yang perlu Anda ketahui. Sudah pernah mencobanya? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria