6 Jenis Ending Film Paling Umum Digunakan di Film-Film, Sudah Tahu?



MOMSMONEY.ID - Sudah tahu belum? Ada beberapa jenis ending film yang umum digunakan untuk mengakhiri film.

Bagian akhir film adalah bagian penentu sebuah film. Banyak pesan yang disampaikan di akhir film baik secara implisit maupun eksplisit.

Jenis dan cara untuk mengakhiri sebuah film pun juga beragam. Cara tersebut biasanya menggambarkan tentang kesimpulan dan pesan ingin disampaikan kepada penontonnya.


Berikut ini Momsmoney telah merangkum beberapa jenis ending film yang umum digunakan untuk mengakhiri sebuah film.

Baca Juga: 5 Film Fantasi Sihir Serupa Harry Potter, Potterhead Pasti Suka

Moral ending

Mudahnya, film dengan ending ini akan memberikan pesan moral kepada penontonnya secara eksplisit atau implisit. Di mana diharapkan penontonnya bisa belajar dari perkembangan karakter dari awal hingga akhir cerita yang sudah diikuti tadi.

Surprise ending

Jangan kaget jika ending ini menyajikan plot twist pada menit-menit akhir film berakhir. Biasanya film thriller dan detektif adalah genre film yang sering menggunakan ending ini.

Ending ini harus dibuat semenarik mungkin sehingga bisa meninggalkan kesan memorable bagi penontonnya.

Baca Juga: 5 Film Disney Ini Dapat Rating Tinggi dari IMDb, Sudah Nonton Semua?

Circle ending

Cerita akhir film ini ditampilkan dalam frame bulat atau circle. Akhir dari cerita ini biasanya menampilkan kembali scene awal dari karakter utamanya.

Jenis ending ini mengindikasikan bahwa karakter utamanya masih membutuhkan banyak pengalaman dan membuat mereka kembali ke titik awal sebelum mencapai hal yang mereka inginkan.

Image ending

Akhir dari jenis ending ini hanya akan menyuguhkan gambar pada bagian akhirnya. Bisa berupa gambar bergerak, gambar yang diam, atau hitam putih.

Image ending akan membuat penonton memikirkan sendiri pesan yang ingin disampaikan sebagai endingnya.

Baca Juga: Tak Kalah Seru, 5 Film Action Ini Bertema Agen Rahasia Wanita Penuh Aksi

Emotional ending

Emotional ending adalah akhir film yang akan memberikan kesan emosional pada penontonnya. Dari mulai emosi bahagia, kepahitan, hingga kebahagiaan. Biasanya cerita yang mengaduk emosi akan di bangun di bagian awal hingga akhir film.

Agar emosi penonton bisa menyatu dan keluar saat film berakhir.

Cliff hanger ending

Pecinta film tentu sudah tak asing dengan tipe ending film yang terakhir ini. Cliff hanger bisa mengindikasikan hal-hal di luar ekspektasi yang terjadi setelahnya. Penulis harus mampu membuat penontonnya memikirkan kemungkinan yang terjadi sebelum ending sebenarnya terungkap.

Tentu saja akhir atau ending dengan tipe ini harus dipikirkan dengan matang dan tak bisa dibuat dengan mudah, ya.

Nah, itulah tadi beberapa tipe ending yang kerap digunakan secara umum untuk mengakhiri sebuah film. Ada ending favorit Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia