6 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Berbarengan dengan Pepaya, Ada Efek Buruknya!



MOMSMONEY.ID - Buah pepaya baik untuk pencernaan. Namun ternyata, terdapat beberapa pantangan saat mengonsumsinya, lo!

Pantangan-pantangan ini hadir sebab ada beberapa jenis makanan yang tak boleh dikonsumsi bareng buah pepaya.

Sebabnya beragam, terkadang kandungan yang ada dalam buah pepaya bisa berkontraksi dengan kandungan yang ada pada makanan tertentu tersebut.


Langsung saja kita simak bersama-sama apa saja makanan yang tak boleh dikonsumsi bareng buah pepaya agar Anda bisa lebih berhati-hati saat mengonsumsinya.

Baca Juga: 9 Jenis Madu di Dunia dan Khasiatnya yang Tersembunyi, Anda Wajib Tahu

Obat-obatan tertentu

Obat-obatan jenis tertentu tak boleh dikonsumsi bareng buah pepaya karena bisa menimbulkan efek buruk. Beberapa yang harus dihindari di antaranya seperti antiplatelet atau obat pengencer darah.

Jadi sebelum mengonsumsi buah pepaya dalam jumlah banyak, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter karena pepaya mengandung vitamin K yang dapat mengganggu pengobatan tersebut, dikutip dari Times of India.

Baca Juga: 7 Tips Bikin Anak Mau Makan Sayuran Tanpa Bikin Moms Pusing Kepala

Teh

Banyak orang yang memadukan buah dengan teh sebagai kebiasaan saat sarapan. Namun hal ini wajib segera dihentikan.

Mengonsumsi teh berbarengan dengan buah pepaya akan sangat berbahaya bagi tubuh. Senyawa katekin dalam teh & daun yang ditemukan dalam buah dapat bereaksi & sebabkan masalah pencernaan seperti mulas & kembung.

Mengonsumsi teh dengan buah pepaya dalam jangka panjang, menurut dokter, dapat menyebabkan masalah lambung permanen, dikutip dari Times Now News.

Baca Juga: 6 Tips Pilih Buah Pisang yang Matang dan Manis Agar Tak Salah Pilih

Buah jeruk

Mengonsumsi salad buah sudah jadi sebagian gaya hidup masyarakat di dunia. Ketika mengonsumsi salad buah, maka wajar apabila mencampurkan aneka jenis buah-buahan, termasuk buah jeruk & pepaya. Namun sebenarnya inilah yang harus Anda hindari!

Jeruk tak boleh dikonsumsi bareng buah pepaya matang karena keduanya mengandung vitamin C yang jika digabungkan sekaligus, maka akan menghasilkan sifat asam berlebihan. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada pencernaanmu.

Baca Juga: 6 Tips Mengolah Mashed Potato Jadi Super Lembut Seperti Buatan Koki Profesional

Telur

Telur tak boleh dikonsumsi berbarengan ataupun setelah makan buah pepaya. Jika keduanya dikonsumsi berbarengan, maka akan menyebabkan mual, muntah, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.

Hal ini disebabkan karena telur mengandung banyak protein & omega-3, sementara pepaya mengandung enzim papain.

Lemon

Sama seperti buah jeruk, lemon juga tak boleh dikonsumsi bareng buah pepaya.

Baca Juga: Tinggi Purin, Inilah Daftar Ikan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Namun bukannya menyebabkan mual, mengonsumsi lemon dengan buah pepaya ternyata membuat kadar hemoglobin dalam tubuh bisa menurun, dikutip dari India TV News. Tentu ini harus dihindari bagi para penderita anemia.

Makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi seperti kubis, brokoli, maupun kacang-kacangan jika dikonsumsi bareng buah pepaya akan memperburuk masalah pencernaan.

Itulah aneka makanan yang tak boleh dikonsumsi bareng buah pepaya yang ternyata akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jadi, berhati-hatilah.

Selanjutnya: Penguasaha Logistik Berharap Tim Ekonomi Prabowo Bisa Dorong UMKM Naik Kelas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti