6 Manfaat Minyak Kelapa bagi Tubuh yang Jarang Diketahui



KONTAN.CO.ID - Pamor minyak kelapa akhir-akhir ini meningkat lantaran mahalnya harga minyak goreng dari kelapa sawit yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Nah, selain digunakan untuk memasak, ternyata ada sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan tubuh.

Minyak kelapa murni diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa diolah menggunakan bahan kimia tambahan atau diproses tanpa suhu tinggi. 

Hal itu agar kandungan dalam minyak kelapa seperti phenolic tidak hilang atau rusak. Senyawa phenolic berperan sebagai antioksidan. 


Lantas, apa saja manfaat minyak kelapa bagi kesehatan? 

Baca Juga: Cari Pelembap Kulit? Gunakan 5 Bahan Alami Ini, Cocok untuk Jadi Moisturizer

Manfaat minyak kelapa bagi kesehatan 

Dirangkum dari laman resmi Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, berikut adalah sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan: 

1. Meningkatkan energi 

Manfaat minyak kelapa yakni dapat meningkatkan energi lantara kandungan minyak jenuhnya. Namun, penelitian membuktikan, lemak jenuh dalam minyak kelapa cenderung tidak berbahaya.   

Minyak jenuh dalam minyak kelapa hanya mengandung asam lemak rantai medium yang digunakan sebagai sumber energi cepat. Lain halnya dengan lemak rantai lebih panjang yang cenderung di simpan sebagai lemak di tubuh dan membuat gemuk.

2. Meningkatkan metabolisme 

Struktur unik minyak kelapa yang berantai medium membuatnya beraksi seperti glukosa yang memberi makan tubuh di tingkat selular. Sehingga, manfaat minyak kelapa dapat meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

Minyak kelapa juga dapat mengenyangkan perut sehingga dapat mengurangi nafsu makan berlebihan.  

Baca Juga: Tidak Diragukan Lagi, 5 Manfaat Zaitun untuk Kesehatan Ini Memang Luar Biasa