6 Manfaat Olahraga Bowling Buat Kesehatan, Bisa Lepas Stres Juga



MOMSMONEY.ID - Walau kurang banyak diminati, ternyata olahraga bowling juga memiliki manfaat dan keuntungan, loh.

Olahraga bowling adalah salah satu olahraga yang sepi peminat dibanding jenis olahraga lainnya. 

Padahal ada beragam manfaat yang bisa diperoleh jika rutin melakukan olahraga bowling ini.


Apa saja kah keuntungannya? Ini beragam manfaat olahraga bowling:

Baca Juga: Tak Hanya Seru, Ini 5 Manfaat Olahraga Basket Bagi Kesehatan

Berat badan berkurang

Bowling termasuk olahraga cardio yang efektif membantu mengurangi berat badan. Olahraga jenis ini bisa melatih otot-otot yang berguna untuk mempercepat metabolisme.

Metabolisme yang cepat dinilai bagus bagi siapa pun yang ingin mengurangi berat badan. Menurut laman Capitol Bowl, sekali olahraga bowling bisa membantu membakar sebanyak 170-300 kalori.

Namun hasil tersebut tergantung dari berat badan dan juga seberapa usaha saat melakukan olahraga ini.

Memperkuat otot

Olahraga bowling juga bagus untuk membantu memperkuat otot terutama otot bagian bawah. Sebab, banyak gerakan jalan sambil membawa bola bowling yang dilakukan sebelum melempar bola bowling di arena.

Ditambah juga dengan adanya gerakan mengayunkan lengan untuk melempar bola bowling. Kedua gerakan tersebut bisa melatih otot-otot tendon, ligamen, dan juga otot lain di bagian tangan serta tubuh bagian bawah.

Baca Juga: 6 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Salah Satunya Mudah Muncul Memar

Pelepas stres

Selain manfaat bagi tubuh, ada juga manfaat bowling bagi kesehatan mental. Semua jenis olahraga, termasuk bowling, bisa membantu untuk melepas hormon stres yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, olahraga bowling juga bukanlah olahraga ekstrem. Semua umur dapat dengan mudah mempelajari olahraga bowling dan melakukan olahraga ini sebagai sumber pelepas stres.

Mengurangi risiko penyakit kronis

Ternyata, bowling juga bisa membantu mengurangi risiko terserang penyakit kronis, loh.

Melansir dari laman Web MD, semua jenis latihan olahraga, termasuk bowling, bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung, stroke, diabetes, dan mengurangi kadar kolesterol jahat di tubuh.

Selain itu, olahraga ini juga efektif untuk meningkatkan kekuatan tulang dan memperbaiki sirkulasi oksigen di dalam tubuh. Yang tentu saja baik untuk merawat organ-organ vital di tubuh.

Baca Juga: Sering Dilakukan Atlet, Ini 6 Manfaat Ice Bath setelah Olahraga

Meningkatkan koordinasi mata dan tangan

Latihan bowling juga membantu meningkatkan koordinasi tubuh, terutama bagian mata dan tangan. Melemparkan bola bowling untuk menjatuhkan pin membutuhkan banyak koordinasi mata dan tangan.

Oleh sebab itu, dengan rutin melakukan olahraga ini bisa membantu meningkatkan fokus koordinasi mata dan tangan. Tak ketinggalan, bowling juga akan membantu meningkatkan konsentrasi dan strategi taktis.

Meningkatkan kehidupan sosial

Laman The Bowling Foundation menyebutkan bahwa olahraga bowling bisa meningkatkan kehidupan sosial juga. Dalam sebuah pertandingan bowling akan mengizinkan para pemain untuk bertemu rekan satu tim.

Komunikasi tentu diperlukan untuk memenangkan game kelompok ini. Yang tentu saja akan membantu untuk meningkatkan kehidupan sosial seseorang.

Itulah tadi sederet manfaat olahraga bowling yang tak hanya baik bagi kesehatan tubuh, melainkan juga kesehatan mental. Tertarik coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia