6 Minuman Penurun Darah Tinggi yang Sayang untuk Dilewatkan



MOMSMONEY.ID - Makanan penurun darah tinggi mungkin Anda sudah tahu. Bagaimana dengan minuman penurun darah tinggi? Ada apa saja?

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Salah satu cara efektif untuk mengendalikan tekanan darah adalah melalui konsumsi minuman sehat.

Bersumber dari Healthline, berikut adalah enam minuman yang sayang untuk dilewatkan dalam upaya menurunkan tekanan darah tinggi:


1. Teh hijau

Teh hijau, terkenal karena manfaat kesehatannya yang beragam, juga efektif dalam menurunkan tekanan darah. Kaya akan antioksidan seperti catechin, teh hijau dapat membantu melebarkan pembuluh darah, yang pada gilirannya mengurangi tekanan darah.

Studi menunjukkan, konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu menurunkan baik tekanan darah sistolik maupun diastolik.

Baca Juga: Rekomendasi Teh Terbaik untuk Kesehatan, Sudah Pernah Minum?

2. Jus bit

Bit kaya akan nitrat yang ketika dikonsumsi, diubah menjadi oksida nitrat di dalam tubuh. Oksida nitrat ini membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan pada akhirnya menurunkan tekanan darah.

Jus bit adalah cara lezat dan mudah untuk memperoleh manfaat kesehatan ini.

3. Jus delima

Delima kaya akan antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan mencegah pengerasan arteri.

Konsumsi rutin jus delima telah terbukti efektif dalam mengurangi tekanan darah tinggi, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang menghadapi hipertensi.

Baca Juga: Inilah Buah Penurun Darah Tinggi Alami Paling Cepat, Jeruk Termasuk!

4. Jus tomat

Jus tomat adalah pilihan yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, berkat kandungan kaliumnya yang tinggi. Kalium dalam jus tomat membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh, yang merupakan faktor utama dalam meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, antioksidan alami dalam tomat, seperti likopen, juga berkontribusi pada kesehatan pembuluh darah dan mendukung pengelolaan tekanan darah yang efektif.

5. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak merupakan sumber kalsium yang baik, dan kalsium memainkan peran kunci dalam mengatur tekanan darah. Studi telah menunjukkan bahwa asupan kalsium yang cukup dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi.

Baca Juga: 7 Manfaat Konsumsi Susu Almond untuk Kesehatan, Minuman Sehat Kekinian!

6. Jus beri

Jus beri, terutama dari blueberry, raspberry, dan strawberry, merupakan minuman yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Kaya akan antioksidan dan polifenol, jus beri membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang keduanya penting dalam mengelola hipertensi.

Flavonoid yang ditemukan dalam beri juga berperan dalam menurunkan tekanan darah dan mendukung fungsi kardiovaskular yang sehat.

Nah, itulah beberapa minuman penurun darah tinggi yang bisa Anda coba. Selain mengonsumsi minuman ini, penting juga untuk mengadopsi gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Hal ini termasuk menjaga diet seimbang, berolahraga secara teratur, membatasi konsumsi alkohol, dan menghindari rokok. Konsultasi dengan profesional kesehatan juga penting untuk mendapatkan rencana pengelolaan hipertensi yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas