6 Rekomendasi Alat Set Top Box untuk Nonton TV Digital di Rumah



MOMSMONEY.ID - Mulai bulan April 2022 yang lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah gencar menyosialisasikan gerakan migrasi siaran televisi analog ke televisi digital.

Dilansir dari laman siarandigital.kominfo.go.id, migrasi siaran ini sudah dimulai melalui analog switch-off (penghentian siaran analog) tahap pertama pada tanggal 30 April yang lalu.

Bila dibandingkan, siaran TV digital memang lebih menguntungkan daripada siaran TV analog. Salah satu kelebihannya adalah gambarnya yang jauh lebih tajam dan jernih, sehingga pengalaman menonton TV akan lebih menyenangkan.

Baca Juga: Simak, Ini 5 Tips Membuat Kamar Tidur yang Aman untuk Anak

Nah, TV digital ini umumnya bisa dinikmati oleh mereka yang sudah memiliki perangkat TV modern. Namun, jika TV Anda belum mendukung siaran TV digital, jangan khawatir. Pasalnya, Anda bisa memanfaatkan alat bernama set top box alias STB.

Dikutip dari pcmag.com, set top box adalah alat yang dapat mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara, sehingga bisa dinikmati di semua jenis TV (termasuk TV analog lama). Oleh karena itu, alat ini wajib dimiliki jika Anda ingin menikmati siaran TV digital di rumah.

Jika Anda sedang mencari set top box, yuk simak rekomendasinya di bawah ini. Jangan khawatir, semua set top box di bawah ini sudah memiliki sertifikasi Kominfo sehingga Anda bisa menikmati TV digital dengan lebih mudah dan nyaman.

Luby DVB T2 01

Kisaran harga: Rp170.000

Pertama, ada set top box dari Luby dengan bodi metal. Wajib menggunakan antena UHF outdoor saat digunakan, alat ini memiliki panel tombol manual di bagian depan unit, serta sudah dilengkapi dengan 2 port USB, output HDMI dan RCA, serta dapat men-support YouTube dengan Wi-Fi dongle dan merekam siaran TV. Paket set top box ini berisi alat STB, remot, baterai, dan kabel RCA.

Matrix Apple DVB T2

Kisaran harga: Rp217.000

Selanjutnya, ada set top box keluaran Matrix Apple yang cukup populer. Alat ini dilengkapi dengan beberapa fitur, seperti Wi-Fi dongle, port USB, share screen, media player, dual IU, dan port HDMI. Ada dua jenis varian yang tersedia, yaitu varian silver dan merah.

Polytron PDV-610T2

Kisaran harga: Rp275.000

Sebagai salah satu produsen elektronik lokal yang terkemuka, Polytron juga memiliki produk set top box tersendiri. Memiliki bodi yang simpel dan slim, alat ini sudah dilengkapi dengan port USB, output HDMI dan RCA, serta dilengkapi fitur untuk memutar multimedia, panduan jadwal program siaran, perekam acara, hingga penggeser waktu siaran.

Baca Juga: 6 Tips Menciptakan Suasana ala Spa di Kamar Mandi Rumah

EZ-BOX DVB T2

Kisaran harga: Rp190.000

EZ-BOX memiliki alat set top box dengan fitur dan kelengkapan yang tak boleh diragukan. Selain dapat merekam siaran TV dan mendukung YouTube dengan Wi-Fi, set top box ini bisa digunakan dengan pengaturan Bahasa Indonesia, mendukung subtitle, multilanguage, parental lock, dan dapat memainkan berbagai media hiburan.

Baca Juga: Mau Beli Kasur Tipe Spring Bed? Pahami Plus dan Minusnya

Tanaka DVB T2

Kisaran harga: Rp180.000

Set top box dari Tanaka memiliki desain yang sederhana dan diklaim peka terhadap sinyal TV digital. Selain dapat memutar kanal TV digital, set top box ini juga dilengkapi dengan fitur Wi-Fi dongle, output HDMI dan RCA, dan perekam siaran.

Akari ADS-2230

Kisaran harga: Rp255.000

Terakhir, ada set top box dari Akari yang memiliki beberapa fitur standar, seperti output HDMI, USB, RCA, perekam acara TV, dan dapat menyimpan hingga 999 program. Selain itu, set top box ini juga dilengkapi dengan fitur peringatan dini bencana alam, penerima digital VHF dan UHF, electronic program guide, hingga indikator level sinyal dan tingkat kualitas.

Itulah beberapa rekomendasi alat set top box yang bisa Anda pilih. Selamat menikmati siaran TV digital di rumah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita