6 Tempat Terbaik untuk Melihat Aurora, Yuk Agendakan!



MOMSMONEY.ID - Cari tahu 6 tempat terbaik untuk melihat aurora di sini.

Aurora atau disebut juga Northern Light terbentuk oleh partikel bermuatan listrik yang bergerak cepat lalu dipancarkan dari matahari selama badai matahari.

Partikel-partikel tersebut didorong ke arah kutub bumi oleh medan magnetnya, dan warna-warnanya yang berbeda merupakan hasil dari gas-gas yang berbeda di atmosfer bumi.


Aurora muncul dalam siklus matahari 11 tahun. Peluang untuk melihat fenomena menakjubkan ini semakin mengecil dan akan terus mengecil hingga sekitar tahun 2025 atau 2060.

Sebelum terlambat, ada baiknya Anda segera membuat agenda untuk melihat aurora secara langsung, terutama jika Anda sangat mendambakannya.

Untuk melihat aurora secara langsung, ada beberapa tempat di dunia yang dinobatkan sebagai tempat terbaik untuk melihat aurora.

Baca Juga: Pasangan Shio Terbaik Menurut Astrologi China, Shio Babi Cocok dengan Apa?

Melansir Best Served dan Holidify, berikut 6 tempat terbaik untuk melihat aurora yang patut dikunjungi oleh para pemburu aurora.

1. Tromso, Norwegia

Tempat terbaik untuk melihat aurora yang pertama adalah Tromso, Norwegia.

Terletak di jantung zona aurora di Norwegian Arctic, kota ini secara luas dianggap sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat aurora.

Mudah diakses dari Inggris – dengan penerbangan langsung dari London yang hanya memakan waktu 3,5 jam – Tromso menjadi tujuan wisata populer dari tahun ke tahun. Tromso menawarkan pemandangan aurora yang luar biasa dari bulan September hingga April.

2. Ilulissat, Greenland

Tempat terbaik untuk melihat aurora yang kedua adalah Ilulissat, Greenland.

Ilulissat merupakan kota terbesar ketiga di Greenland yang hanya dihuni oleh sekitar 5.000 orang. Terletak di pantai barat, Ilulissat memberikan kesempatan untuk menukar kebisingan dan gangguan dengan alam yang murni.

Menyaksikan aurora di kota ini sangat mudah, berkat minimnya hujan dan rendahnya tingkat angin, sehingga menghadirkan kondisi yang stabil dan menyenangkan. Antara bulan September hingga April adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke Ilulissat.

3. Luosto, Finlandia

Tempat terbaik untuk melihat aurora yang ketiga adalah Luosto, Finlandia.

Pemandangan di sekitar Luosto sangat sempurna untuk melihat aurora dengan jelas. Tempat ini memang kecil, tetapi menawarkan banyak hal. Daya tarik utamanya adalah area hutan yang liar dan belum tersentuh serta tambang Amethyst.

Di Luosto, lengkungan Grand Aurora menyebar dari satu sisi cakrawala ke sisi lainnya. Pada malam yang cerah, di dekat danau terbesar ketiga di Finlandia – Danau Inari, Anda kemungkinan besar akan melihat kilauan aurora di langit.

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Menyebabkan Perceraian Menurut Ahli, Pasutri Wajib Tahu!

4. Fairbanks, Alaska

Tempat terbaik untuk melihat aurora yang keempat adalah Fairbanks, Alaska.

Tempat yang paling dapat diandalkan di Alaska untuk melihat aurora adalah Fairbanks. Fairbanks berada di bawah Aurora Oval, tempat aurora paling sering terlihat.

Menurut Fairbanks Visitors Bureau, jika Anda mengunjungi Fairbanks setidaknya selama tiga hari antara bulan September dan Maret, Anda memiliki peluang 80% untuk menyaksikan fenomena spektakuler aurora.

5. Siberia, Rusia

Tempat terbaik untuk melihat aurora yang kelima adalah Siberia, Rusia.

Jika Anda sanggup menahan suhu di bawah titik beku musim dingin Siberia, maka pertunjukan aurora yang menakjubkan di langit siap menanti Anda. Siberia memiliki tingkat polusi cahaya yang sangat rendah serta malam yang gelap dan panjang.

Sabuk aurora tempat gas matahari bertabrakan dengan medan magnet bumi juga melintasi area ini. Ketiga alasan tersebut menjadikan Siberia tempat yang sempurna untuk melihat aurora.

6. Islandia

Tempat terbaik untuk melihat aurora yang keenam adalah Islandia.

Di Islandia, Anda dapat menyaksikan Aurora Borealis dari hampir semua tempat di negara ini. Islandia juga memiliki pantai. Aurora di dekat pantai sangat spektakuler jika Anda pergi pada malam yang tepat.

Pingvellir National Park menawarkan malam yang lebih gelap daripada bagian lain negara Islandia, sehingga akan memberi Anda pengalaman ajaib di mana seluruh langit menari tepat di atas Anda.

Itulah 6 tempat terbaik untuk melihat aurora. Tertarik untuk berkunjung, Moms?

Selanjutnya: Promo 10.10 Indomaret Spesial Harbolnas, Aneka Es Krim Beli 1 Gratis 1 Hanya Sehari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma