63 Tahun Bank Kalteng: Logo Baru, Bank Kalteng Siap Jawab Tantangan di Era Digital



KONTAN.CO.ID - Bank Kalteng kini menginjak usia 63 tahun, usia yang cukup panjang bagi sebuah bisnis untuk dapat tetap eksis, bahkan terus bertumbuh tahun demi tahun. Pertumbuhan ini ditandai dengan meluasnya jangkauan layanan Bank Kalteng yang tersebar di 14 Kabupaten/ Kota se- Kalimantan Tengah dengan total 108 jaringan kantor dan sebaran terminal perbankan elektronik (ATM/CDM/CRM) sebanyak 254 unit di seluruh Kalimantan Tengah sehingga total keseluruhan jaringan adalah 361 jaringan (per September 2024).

Tren kinerja positif juga tercermin dari kinerja keuangan Bank Kalteng yang bertumbuh sejak tahun 2023 sampai dengan bulan September 2024. Secara year on year (yoy) total Aset Bank Kalteng bertumbuh 25,92% atau sebesar Rp18.5 T dan telah mencapai 108,18% dari target, penyaluran kredit tumbuh sebesar 12,19% dibanding tahun 2023 atau tersalur sebesar Rp10,4 T, dengan persentase Kredit Modal Kerja yang lebih tinggi 18,58% dibanding tahun sebelumnya, serta Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 23,22% dari tahun sebelumnya atau sebesar Rp13,3 T lebih tinggi 13,7% dari target.

Perayaan ulang tahun Bank Kalteng tahun ini tidak hanya menjadi ajang refleksi sebuah perjalanan panjang dalam membangun ekonomi daerah sejak tahun 1961, karena dengan mengangkat tema ”Go Digital Service Transformation” perayaan tahun ini menjadi langkah besar menuju masa depan yang mengarah ke transformasi produk dan layanan digital, hingga pengenalan awal untuk identitas perusahaan yang baru.


Launching Logo Baru

Bank Kalteng melakukan launching logo baru pada Malam Puncak perayaan HUT ke-63 Bank Kalteng di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya pada hari Selasa (29/10), prosesi dilakukan secara langsung oleh Muhamad Katma F Dirun selaku Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, komisaris dan direksi PT Bank Kalteng serta pengurus lainya. Adapun launching logo baru ini ditujukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas, logo baru Bank Kalteng yang akan efektif pada tahun 2025.

Plt. Direktur Utama Bank Kalteng, Maslipansyah, mengungkapkan bahwa perubahan ini bukan sekadar visual semata, tetapi sebuah langkah nyata untuk menghadirkan layanan perbankan yang lebih canggih dan relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. “Logo ini mencerminkan karakter, kemampuan, dan harapan kami untuk terus berinovasi. Bank Kalteng ingin terus berperan sebagai motor penggerak perekonomian daerah sekaligus merangkul teknologi digital dalam setiap aspek layanannya,” ujarnya.

Logo baru ini menyimpan filosofi mendalam, terinspirasi dari Burung Tingang, ikon khas Kalimantan. Burung ini bukan hanya melambangkan kepemimpinan dan kewibawaan, tetapi juga menyiratkan kesetiaan, keindahan, serta kesejahteraan bagi daerah dan masyarakatnya.

Adapun elemen warna yang menjadi identitas baru Bank Kalteng mencerminkan ketegasan (hitam), keberanian (merah), harapan (hijau), energi positif (kuning), kedamaian (ungu), Melalui filosofi ini, Bank Kalteng bertekad untuk menghadirkan layanan yang penuh ketegasan dan keberanian dalam mengambil langkah maju, energi positif dalam perubahan, dan harapan, kedamaian, serta kebijaksanaan untuk masa depan yang lebih cerah.

”Pesan utama dari perkenalan logo baru ini tentunya juga untuk memberikan statement pada publik bahwa Bank Kalteng itu berubah. Budaya kerja kita akan berubah menjadi lebih baik, lincah, produktif dan tentunya adaptif. Dengan logo yang baru dan terlihat lebih dinamis ini, proses bisnis seperti kredit dan berbagai layanan jasa kita juga akan lebih baik, menunjukkan bahwa kita adalah orang-orang yang militan,” ulas Maslipansyah.

Bagi masyarakat Kalimantan Tengah, perubahan ini tentu menjadi angin segar. Dengan wajah dan semangat baru, Bank Kalteng siap memasuki babak baru yang lebih inovatif, namun tetap setia pada misi melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

Go Digital Service Transformation

Menilik tema yang diusung pada HUT ke-63 Bank Kalteng yakni ”Go Digital Service Transformation”, terdapat makna mendalam yang menegaskan bahwa Bank Kalteng telah berada pada track yang tepat, adaptif dengan persaingan perbankan saat ini yang tiap transaksi serta layanannya telah berbasis digital. Maka dari itu, pada Malam Puncak HUT ke-63, Bank Kalteng tak hanya memperkenalkan logo baru, namun juga meningkatkan dan menambahkan berbagai fitur baru pada produk-produk digital yang telah ada, di antaranya adalah:

• Penambahan fitur layanan SISKEUDES (Sistem Keuangan Desa), Pembayaran Pajak Negara MPN Gen 3, serta BI-Fast pada Cash Management System (CMS) Bank Kalteng;

• Penambahan fitur layanan Cardless serta perubahan tampilan baru dari Betang Mobile yang fokus pada kemudahan dan kenyaman saat menggunakan aplikasi;

• Penyediaan Smart EDC Laku Pandai, yang dapat digunakan oleh para agen Laku Pandai Bank Kalteng.

Adapun fitur dan aplikasi lain yang akan segera dihadirkan (coming soon) oleh Bank Kalteng dalam waktu dekat dan disampaikan juga pada gelaran Malam Puncak HUT ke-63 Bank Kalteng adalah Super App; QRIS dan Kalteng Portal Payment (layanan VA untuk lembaga) pada Betang Mobile; SIPLAH – BPDAja untuk pembayaran pembelanjaan dana BOS pada CMS Corporate Bank Kalteng; EPOK (E-Money Bank Kalteng); SIPD (untuk pencairan SP2D); dan Betang Agunan (informasi agunan yang akan dijual Bank Kalteng).

Inisiasi ini adalah bagian sederhana dari transformasi digital yang lebih kompleks, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman perbankan yang lebih cepat, mudah, dan aman bagi seluruh nasabah.

“Transformasi ini artinya ada perubahan dan goals yang ingin kita capai, namun perubahan itu harus berdasarkan tahapan-tahapan yang terarah, terukur, dan gradual. Nah ada tiga tahapan yang kita lakukan dalam transformasi digital ini, yaitu: Penguatan IT; penguatan SDM; dan mengenalkan/ mengedukasi/ membentuk persepsi masyarakat bahwa transaksi digital itu mudah, cepat, aman,” ulas Maslipansyah.

Rangkaian 63rd Anniversary Bank Kalteng

Sejumlah rangkaian kegiatan telah dilaksanakan sepanjang bulan Oktober 2024 untuk merayakan HUT ke-63 Bank Kalteng, yaitu Anjangsana, Donor Darah serta lomba internal Bank Kalteng hingga Malam Puncak dengan detil acara sebagai berikut:

• Anjangsana

Kegiatan tahunan ini bertujuan untuk menyambung tali silaturahmi dengan masyarakat sekitar. Dalam kegiatan ini, pegawai hingga Direksi Bank Kalteng melakukan kunjungan dan memberikan bantuan sosial sebagai bentuk kepedulian. Adapun lokasi-lokasi yang dikunjungi pada tahun ini adalah Masjid At Tarbiyah, Panti Asuhan Nurul Sholihin, Vihara Avalokitesvara Buddhayana, SLBN 2 Palangka Raya, Pura Penataran Agung Dalem Prajapati, TK Duhung, STIE YBPK, dan Gereja Maranatha.

• Donor Darah

Bank Kalteng bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan kegiatan donor darah yang melibatkan karyawan Bank Kalteng sebagai wujud kontribusi kepada kesehatan masyarakat.

• Lomba Internal

Berbagai lomba digelar untuk mempererat kebersamaan di antara karyawan Bank Kalteng, mulai dari lomba olahraga, permainan tradisional di masing-masing kantor cabang, hingga lomba kreativitas yaitu Lomba Reels Promosi produk-produk Bank Kalteng.

• Malam Puncak HUT ke-63 Bank Kalteng

Acara Malam Puncak HUT ke-63 Bank Kalteng dikemas secara meriah di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya dengan menghadirkan Rossa sebagai pengisi acara utama. Acara yang dihadiri oleh Pejabat yang hadir malam puncak yaitu Acara Malam Puncak HUT ke-63 Bank Kalteng juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Pj. Walikota Palangka Raya, Pj. Bupati Sukamara, Pj. Bupati Seruyan, Pj. Bupati Katingan, Pj. Bupati Barito Selatan, Pj. Bupati Kotawaringin Barat, serta perwakilan dari OJK, yaitu Erwan Suryono dan Bayu Kurniawan Pratama.ni berlangsung lancar. Launching logo baru Bank Kalteng serta produk dan fitur layanan terbaru menjadi ulasan utama dalam acara ini.

Dalam sambutannya, Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Muhamad Katma F. Dirun, menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Bank Kalteng. Beliau berharap agar Bank Kalteng terus memberikan layanan terbaik dan menjadi mitra terpercaya bagi masyarakat di Bumi Tambun Bungai.

Ari Gunawan, selaku Ketua Panitia, mengungkapkan bahwa tema perayaan HUT Bank Kalteng yang ke-63 kali ini adalah "Go Digital Service Transformation", mencerminkan komitmen Bank Kalteng dalam bertransformasi digital untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta kualitas layanan bagi masyarakat Kalimantan Tengah.

Plt. Direktur Utama Bank Kalteng, Maslipansyah, menambahkan, "Kami menyadari bahwa untuk tetap relevan dan memberikan layanan terbaik kepada nasabah, PT Bank Kalteng harus mampu beradaptasi. Transformasi digital kini bukan lagi pilihan, melainkan sebuah keharusan.

Baca Juga: Sinergi Bisnis, BPD Buka Opsi Pembentukan Kelompok Usaha Bersama

Selanjutnya: Tingkatkan Pengawasan, OJK Terbitkan POJK SMI dan POJK Satgas Usaha Tanpa Izin

Menarik Dibaca: Bahayakan Kesehatan, Ini Cara Bersihkan Buah dan Sayur dari Pestisida Berbahaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti