7 Buah dan Sayur yang Paling Sedikit Kandungan Nutrisinya, Ada Apa Saja?



MOMSMONEY.ID - Buah dan sayur memang baik untuk kesehatan. Namun siapa sangka, ternyata ada juga deretan buah dan sayur tertentu yang paling sedikit kandungan nutrisinya lho!

Lantas berapakah nilai gizi yang dikandung beberapa makanan tersebut? Mari intip bersama-sama apa saja buah & sayur yang paling sedikit nilai gizinya.

Baca Juga: 7 Kesalahan saat Berolahraga yang Bikin Massa Otot Menurun hingga Cedera


Mentimun

Mentimun adalah salah satu jenis sayur yang paling sedikit kandungan nutrisinya, meski sangat menghidrasi dan rendah kalori.

Dilansir dari Fakaza News, mentimun hanya menawarkan beberapa vitamin & mineral dalam jumlah kecil jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. Meski begitu, kandungan air yang dimilikinya sangatlah tinggi.

Melon

Banyak yang beranggapan bahwa buah melon sangat menyehatkan. Namun itu tak sepenuhnya benar. Buah seperti melon & nanas memiliki Indeks Glikemik (IG) yang sedang karena buah ini manis, sehingga para penderita diabetes harus berhati-hati ketika ingin mengonsumsinya, dikutip dari MD Linx.

Baca Juga: Punya Fungsi Vital, Inilah 7 Jenis Makanan-Minuman yang Dapat Merusak Ginjal

Tauge

Sayur seperti tauge atau toge sering dikonsumsi orang karena khasiatnya yang baik untuk kesuburan maupun elastisitas kulit. Namun sebenarnya, tauge tumbuh di lingkungan lembap & hangat yang mendukung pertumbuhan bakteri seperti Salmonella, Listeria, dan E.Coli.

Maka untuk menghilangkan bakteri yang dibawa tauge, Anda wajib memasaknya hingga benar-benar matang. Terutama bagi anak kecil & wanita hamil, disarankan untuk selalu memastikan tingkat kematangan tauge sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga: 8 Pilihan Sayur Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Dapat Anda Konsumsi

Seledri

Seledri mengandung sejumlah vitamin C & K, serta antioksidan. Namun menurut skala kesehatan yang dikutip dari My Recipes, seledri adalah salah satu jenis sayuran yang sedikit kandungan nutrisinya.

Buah kering

Buah kering bukanlah makanan yang menyehatkan. Buah kering tak lain merupakan permen karena telah melewati tahap mengeringan & dilapisi gula serta bahan kimia.

Jadi jika ingin mengonsumsi buah, konsumsilah dalam bentuk buahasli ataupun jus, daripada harus mengonsumsi buah kering.

Baca Juga: 6 Makanan Diet yang Aman untuk Wanita Selama Masa Menopause

Lobak

Para peneliti mengatakan bahwa lobak tak memiliki banyak manfaat untuk tubuh, selain kandungan vitamin C-nya. Bahkan beberapa orang pernah mengalami masalah perut seperti gas berlebih setelah mengonsumsi lobak.

Baca Juga: Daftar Jenis Makanan yang Bikin Organ Tubuh Rusak Jika Dikonsumsi Berlebihan

Kurma

Kurma memang baik untuk Anda yang ingin melakukan puasa tanpa perlu makan terlalu banyak. Namun perlu diingat, kurma mengandung gula & karbohidrat yang tinggi sehingga tak terlalu baik untuk kesehatan.

Meski kaya akan antioksidan, kalium, tembaga, dan magnesium, namun para penderita diabetes wajib menjaga jarak dengan buah yang satu ini, dikutip dari Healthline.

Itu dia deretan buah dan sayur yang paling sedikit kandungan nutrisinya.

 

Selanjutnya: BNI Finance Salurkan Pembiayaan Alat Berat Rp 72 Miliar hingga Agustus 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti