7 Buah dengan Indeks Glikemik Tinggi yang Harus Dihindari Penderita Diabetes



MOMSMONEY.ID - Ini dia buah tinggi gula yang wajib dihindari penderita diabetes supaya kadar gula dalam tubuh tidak naik dalam waktu singkat.

Pada dasarnya, buah-buahan sangat baik untuk tubuh. Sayangnya, penderita diabetes wajib menghindari buah-buahan dengan indeks glikemik (GI) yang tinggi karena terdapat gula dalam jumlah banyak di dalamnya.

Semakin besar porsi buah yang Anda santap, semakin besar pula kandungan glikemiknya yang justru akan memengaruhi gula darah, dikutip dari Very Well.


Baca Juga: Rekor 5 Besar Saus Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 16 Juta SHU!

Selain porsi buah, kematangan buah juga menentukan kadar gula pada suatu buah. Semakin matang buah tersebut, maka semakin tinggi indeks glikemiknya. Artinya, buah matang akan meningkatkan gula darah lebih banyak dibanidngkan makanan dengan indeks glikemik rendah.

Indeks glikemik dengan jumlah di atas 56 dianggap sudah cukup tinggi. Beberapa contoh makanan tinggi gula atau indeks glikemik di antaranya ada semangka (GI: 72), Pisang (GI: 58), serta nanas (GI: 56).

Selain ketiga jenis buah tersebut, ada beberapa buah tinggi gula lainnya yang wajib Anda hindari, ini dia selengkapnya.

Baca Juga: Bolehkah Makan Pisang Setiap Hari? Ini 7 Efek yang Akan Dirasakan Tubuh Anda

Mangga

Mangga kerap kali disebut sebagai Rajanya buah-buahan karena rasanya yang manis dan disukai banyak orang. Namun mangga mengandung gula yang terbilang cukup tinggi.

Buah tinggi gula ini menjadi pilihan berisiko bagi penderita diabetes. Sebab dalam 1 buah mangga ukuran sedang, kandungan gula didalamnya mencapai 45 gram.

Kandungan glikemiknya yang tinggi bisa cepat meningkatkan kadar gula darah yang tentunya dihindari penderita diabetes, dikutip dari Times of India.

Baca Juga: 6 Jenis Olahraga Terbaik yang Dapat Redakan Gejala Anxiety dan Depresi

Semangka

Sebagai buah-buahan yang mengandung tinggi air, menyegarkan, dan juga menghidrasi, buah semangka adalah pilihan utama yang dicari terutama saat musim panas tiba.

Tapi berhati-hatilah terhadap buah yang satu ini. Ini karena semangka merupakan buah tinggi gula dengan indeks glikemik super tinggi mencapai 72-80, yang menandakan dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah Anda, dikutip melalui BeatO App.

Pisang

Pisang mengandung kadar gula yang berbeda, bergantung tingkat kematangannya. Namun rata-rata indeks glikemik pisang berada pada angka 42-62.

Pisang matang cenderung memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi. Jadi, disarankan untuk memilih pisang yang kurang matang & memakannya dalam jumlah sedang jika Anda adalah penderita diabetes.

Baca Juga: 6 Makanan yang Mengandung Vitamin C Lebih Tinggi dari Jeruk

Nanas

Nanas juga menjadi jenis buah tinggi gula yang mengandung indeks glikemik sedang hingga tinggi, bernilai antara 50-66.

Gula alami dalam buah nanas juga dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh secara instan. Jadi akan lebih baik untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedikit saja.

Kismis

Kismis merupakan buah anggur yang dikeringkan. Buah yang dikeringkan tentunya memiliki kadar gula berlipat ganda.

Kismis itu sendiri memiliki indeks glikemik bernilai 43-64 yang dapat dikatakan tinggi.

Baca Juga: 6 Makanan Peningkat & Penurun Kadar Dopamin dalam Tubuh, Sangat Pengaruhi Mood

Buah kalengan

Buah buahan dalam kaleng mengandung surup gula tambahan yang tentunya dapat meningkatkan kadar gula darah seseorang secara signifikan.

Akan lebih baik memilih buah segar daripada buah kalengan yang mengandung gula tambahan.

Baca Juga: Dianjurkan Para Ahli, Ternyata Ini 6 Manfaat Melamun Selama 10 Menit Setiap Hari

Buah kering

Buah kering kehilangan kelembapan sehingga kandungan gula didalamnya jadi lebih pekat. Ini tentu berbahaya bagi penderita diabetes sebab gula darah bisa meningkat pesat segera setelah memakannya.

Jika Anda tak sengaja memakan buah kering, lebih baik konsumsi protein & lemak baik untuk membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti