7 Cara membuat CV dengan baik agar dilirik perusahaan, efektif bagi fresh graduate



KONTAN.CO.ID - Curriculum Vitae (CV) yang baik akan mudah dilirik oleh perekrut di perusahaan. Hal tersebut akan mempermudah pelamar dalam mencari pekerjaan. 

Namun, faktanya masih banyak pelamar khususnya fresh graduate membuat CV yang asal-asalan. 

Agar hal tersebut tidak terulang, berikut adalah cara membuat CV yang baik agar bisa dilirik perusahaan: 

Baca Juga: 5 Tempat staycation termurah di Bandung, cocok banget untuk liburan nataru

1. Cantumkan informasi yang efektif  Dalam membuat CV yang baik anda harus mencantumkan informasi seefektif mungkin. Pasalnya CV adalah gerbang utama perusahaan melihat anda, oleh karena itu mulailah melakukan kurasi saat membuat CV. 

2. Cantumkan kontak yang bisa dihubungi Agar perusahaan bisa menindaklanjuti lamaran anda, maka cantumkan kontak yang aktif dan bisa dihubungi. Cantumkan kontak anda dengan jelas sehingga memudahkan perekrut menghubungi anda. 

Baca Juga: 8 Rekomendasi raket badminton murah cocok bagi pemula, smash bisa mematikan!

3. Masukan pengalaman kerja  Hal ini penting sekali dimasukkan agar CV anda dapat dilirik perekrut. Pasalnya perusahaan akan melihat lebih jauh jika anda lebih berpengalaman. 

4. Masukan penghargaan yang pernah diraih Selain pengalaman kerja, penghargaan yang pernah diraih juga membuat CV menjadi lebih baik. Perusahaan tentunya akan mencari kandidat yang berprestasi agar dapat meningkatkan reputasi perusahaan itu sendiri. 

5. Desain CV semenarik mungkin  CV yang didesain menarik akan membuat perusahaan tertarik melihat pelamar lebih jauh lagi. Pasalnya, desain CV yang menarik menunjukan kreativitas seseorang sehingga bisa menjadi pertimbangan perusahaan dalam merekrut kandidat. 

Baca Juga: 10 Sepatu vans murah original yang diskon akhir tahun

6. Buat beberapa CV  Banyak kasus ditemukan CV yang dikirim oleh pelamar tidak sesuai dengan lowongan yang tersedia. Hal tersebut akan mempersempit anda dalam mendapatkan pekerjaan. 

Agar bisa memperluas lamaran pekerjaan, maka buatlah beberapa CV sehingga peluang diterima perusahaan akan lebih besar.

7. Perbaharui CV Perbaharui CV anda agar dapat menarik perhatian perusahaan. Jika informasi yang ditampilkan dalam CV tidak diperbaharui akan memperkecil peluang anda mendapatkan pekerjaan. 

Mulailah memperbaharui CV dengan informasi terbaru minimal 2 bulan sekali. 

Itulah beberapa cara membuat CV yang baik agar bisa dilirik oleh perusahaan. Gook luck!

Baca Juga: Bakmi terenak di Bandung, ini 5 rekomendasinya yang wajib dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News