7 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri Beserta Penyebabnya



MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pernah mendapati layar sentuh Android bergerak sendiri? Jika iya, berikut ini cara memperbaiki layar sentuh Android bergerak sendiri. 

Layar sentuh Android bergerak sendiri terjadi saat layar ponsel bereaksi terhadap input atau penekanan yang tidak diinginkan yang tidak Anda buat atau saat bagian layar tertentu tidak responsif terhadap sentuhan Anda.

Nah, ada cara memperbaiki layar sentuh Android bergerak sendiri beserta penyebabnya. 


Baca Juga: Cara Menonaktifkan Layar Sentuh di Android dan iPhone untuk Situasi Tertentu

Berikut ini cara memperbaiki layar sentuh Android bergerak sendiri. 

1. Ganti pengisi daya ponsel

Menggunakan aksesori pengisi daya yang kualitasnya buruk dapat mengganggu digitizer layar, lapisan yang bertanggung jawab untuk membaca sinyal sentuh yang menyebabkan perilaku sentuh tidak menentu.

Untuk memeriksa apakah masalah tersebut disebabkan oleh pengisi daya Anda, gunakan kombinasi pengisi daya dan kabel yang berbeda dan lihat apakah itu membantu.

Jika pengisi daya atau kabel Anda bermasalah, kami sarankan untuk menggantinya dengan yang resmi dari produsen ponsel Anda.

2. Bersihkan layar sentuh ponsel

Baca Juga: Cara Memperbaiki Layar Buram di HP dan Tablet Android

Layar sentuh ponsel Anda memerlukan kontak langsung dari jari-jari Anda agar berfungsi dengan baik. 

Ketika partikel asing seperti kotoran atau debu menumpuk di layar, mereka dapat mengganggu kinerjanya dan menyebabkan ghost touch. Untuk mencegahnya, bersihkan layar sentuh Anda secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan debu.

Untuk membersihkan layar, matikan ponsel Anda dan usap layar dengan lembut menggunakan kain lembut dan sedikit lembap. Kemudian, bersihkan dengan kain kering.

Penting untuk dicatat bahwa masalah ghost touch juga dapat terjadi jika layar ponsel Anda retak. Jika demikian, lihat panduan kami tentang penanganan layar ponsel yang retak.

3. Ganti pelindung layar

Pelindung layar sangat bagus untuk melindungi ponsel Anda dari retakan dan goresan, tetapi juga dapat menyebabkan masalah. Misalnya, debu, kelembapan, atau gelembung udara di antara pelindung layar dan layar ponsel Anda dapat menyebabkan masalah ghost touch.

Masalah seperti itu juga dapat muncul jika pelindung layar berkualitas buruk. Bahan berkualitas rendah yang digunakan pada pelindung layar dapat memengaruhi sensitivitas sentuhan pada layar, yang berpotensi menimbulkan masalah seperti ghost touch.

Coba lepaskan pelindung layar untuk melihat apakah hal itu dapat mengatasi masalah. Jika berhasil, bersihkan layar secara menyeluruh lalu gunakan pelindung layar berkualitas lebih tinggi. Pastikan Anda telah memasangnya dengan benar untuk menghindari masalah serupa di kemudian hari.

4. Pastikan ponsel tidak terlalu panas

Ponsel yang terlalu panas dapat menyebabkan layar tidak berfungsi dengan baik dan mendeteksi sentuhan tanpa masukan Anda. Untuk mencegahnya, Anda harus menghindari penggunaan ponsel dalam waktu lama, terutama di tempat yang sangat panas atau terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga: Layar Sentuh iPhone Kurang Sensitif? Begini Tips Rahasia untuk Memperbaikinya

Panas yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan elektromagnetik, mengganggu kinerja perangkat Anda, dan berpotensi memicu ghost touch serta masalah lainnya.

5. Selalu perbarui perangkat

Ghost touch jarang disebabkan oleh gangguan perangkat lunak, tetapi versi Android yang ketinggalan zaman atau bug terkadang dapat menyebabkan perilaku abnormal yang menyerupai masalah ghost touch. 

Untuk mengatasinya, pastikan perangkat Anda sudah diperbarui, karena pembaruan sering kali menyertakan perbaikan bug yang dapat mengatasi masalah tersebut.

6. Reset pabrik ponsel

Melakukan reset pabrik adalah cara yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah pada ponsel Android Anda, termasuk masalah ghost touch. 

Namun, ingatlah untuk mencadangkan data Anda sebelum melanjutkan, karena reset pabrik akan menghapus semua informasi pada perangkat Anda.

7. Bawa perangkat ke pusat layanan

Jika Anda telah mencoba semua langkah pemecahan masalah dan masih tidak dapat mengatasi masalah ghost touch, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan mengganti layar.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android, Jaga Kerahasiaan dengan Mudah

Masalahnya dapat disebabkan oleh kerusakan layar, kerusakan akibat air, atau komponen yang rusak. Dalam kasus seperti itu, sebaiknya bawa perangkat Anda ke pusat layanan untuk diperbaiki.

Jika ponsel Anda masih dalam garansi, produsen ponsel Anda mungkin menawarkan untuk menggantinya dengan yang baru atau memilih untuk memperbaiki layar sebagai gantinya untuk mencoba memperbaiki masalah tersebut.

Dalam kasus apa pun, pastikan Anda mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengamankan ponsel Android Anda sebelum mengirimkannya untuk diperbaiki.

Tergantung pada situasi Anda, memperbaiki masalah ghost touch mungkin semudah mengganti pelindung layar atau semudah mengatur ulang perangkat atau membawanya ke pusat layanan untuk diperbaiki. 

Apa pun kasusnya, salah satu tips di atas seharusnya dapat memperbaiki masalah mendasar dan membuat ponsel Anda berfungsi normal.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki layar sentuh Android bergerak sendiri. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria