7 Daftar Makanan yang Mencerahkan Kulit secara Alami, Ada Wortel hingga Ikan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar makanan yang mencerahkan kulit beserta nutrisi pentingnya. Kulit membutuhkan asupan nutrisi penting agar tetap sehat dan terlindungi dari gangguan lingkungan.

Kulit merupakan salah bagian tubuh yang sensitif terhadap perubahan lingkungan baik sinar matahari hingga udara kotor.

Penting untuk diingat bahwa makanan sendiri tidak akan secara langsung menghasilkan perubahan besar dalam mencerahkan kulit.


Namun, asupan makanan yang sehat dan kaya nutrisi dapat mendukung kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Cek Yuk!

Berikut adalah beberapa nutrisi makanan yang dapat membantu menjaga kulit sehat dan tampak lebih cerah wajib dikonsumsi.

Daftar nutrisi untuk mencerahkan kulit

  • Vitamin C: Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen, dan memberikan kilau kulit.
  • Vitamin E: Vitamin E juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.
  • Vitamin A: Vitamin A mendukung regenerasi kulit yang sehat dan membantu mengurangi produksi sebum berlebih, yang dapat membantu mencegah jerawat.
  • Beta-Karoten: Nutrisi ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan membantu menjaga kulit terlihat cerah.
  • Omega-3 Asam Lemak: Omega-3 membantu menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, dan dapat memberikan kilau alami pada kulit.
Setelah mengetahui nutrisi penting untuk melindungi dan mencerahkan kulit, Anda patut mencoba dan catat daftar makanan berikut ini.

Simak daftar makanan yang mencerahkan kulit dan melindungi dari berbagai ancaman serius dilansir dari laman Mount Elizabeth.

Baca Juga: 4 Khasiat Teh Hijau Buat Tubuh, Bisa Lunturkan Lemak Hingga Diabetes

Makanan yang mencerahkan kulit

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan mackerel merupakan sumber asam lemak omega-3 yang membantu kulit Anda terlihat kenyal dan bercahaya. Kandungan ini juga dapat mengurangi peradangan, kemerahan, jerawat dan memperkuat kulit Anda terhadap sinar UV.

Dikemas dengan vitamin E, ikan berlemak kaya antioksidan melindungi kulit Anda dari iritasi dan aktivitas radikal yang dapat membuat kulit Anda menua lebih cepat.

Kaya protein dan zinc, nutrisi pada ikan berlemak ini juga membantu memperkuat kulit dan meningkatkan produksi sel kulit baru.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang dapat membantu kulit Anda tetap lembab dan kencang.

Buah ini juga mengandung vitamin C dan E yang merupakan 2 nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung kesehatan kulit dan melawan pembentukan radikal bebas.

Alpukat juga kaya akan biotin, vitamin B yang diyakini beberapa ahli gizi dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Kekurangan biotin dapat menyebabkan masalah kulit seperti ruam, nyeri, psoriasis, dermatitis, dan rasa gatal secara keseluruhan.

3. Kacang kenari

Kacang adalah camilan bergizi yang mengenyangkan, bahkan dalam dosis kecil. Kacang kenari mengandung vitamin E, vitamin C, seng, dan selenium, yang semuanya meningkatkan kesehatan kulit.

Kacang kenari mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dan omega-6 dibandingkan kacang lainnya. Namun, penting untuk menjaga asupan kacang Anda hanya segenggam (1/4 cangkir) sehari.

Konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Selain itu, makan terlalu banyak kenari dapat menyebabkan efek samping tertentu, termasuk kembung, sakit perut, dan alergi kulit pada beberapa individu.

4. Biji bunga matahari

Biji-bijian, bersama dengan kacang-kacangan, adalah camilan sehat yang meningkatkan kesehatan kulit Anda. Biji bunga matahari adalah pilihan yang baik karena mengandung banyak vitamin E, selenium, dan seng.

Minyak biji bunga matahari kaya akan asam linoleat dan asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh Anda untuk mendukung kesehatan kulit.

5. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A, yang melawan sengatan matahari, kematian sel, dan kerutan. Vitamin A juga menambah kilau sehat dan hangat pada kulit Anda.

Vitamin A bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi provitamin A melalui buah-buahan, sayuran, dan produk nabati lainnya. Tubuh kemudian mengubah beta-karoten menjadi vitamin A untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Provitamin A juga dapat ditemukan pada jeruk, bayam, ubi jalar, labu kuning, paprika, brokoli dan masih banyak lagi.

6. Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon yang memblokir estrogen dalam tubuh Anda untuk membantu mengurangi munculnya kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit Anda.

Wanita pascamenopause juga mendapat manfaat dari isoflavon karena mencegah kulit kering dan meningkatkan produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit.

Kedelai juga melindungi kulit Anda dari radiasi UV, yang dapat mencegah beberapa jenis kanker kulit. Anda juga dapat menemukan isoflavon dalam buncis, pistachio, dan kacang tanah.

7. Cokelat hitam

Anda tidak perlu alasan untuk sesekali menikmati camilan manis, tetapi jika Anda sudah menunggu pertanda, ini dia.

Cokelat hitam bermanfaat bagi kulit Anda karena bubuk kakao mengandung banyak antioksidan. Antioksidan ini menghidrasi dan menghaluskan kulit, membuat kulit kurang sensitif terhadap sengatan matahari dan meningkatkan aliran darah di kulit.

Buatlah pilihan yang sehat dengan memilih dengan menggunakan coklat hitam dengan 70% kakao untuk mendapatkan antioksidan dan lebih sedikit gula tambahan.

Ingatlah bahwa mencerahkan kulit juga melibatkan perawatan kulit yang tepat, seperti membersihkan, menghidrasi, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Tentu, efek makanan pada kulit dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor lain seperti genetika, gaya hidup, dan kondisi kesehatan.

Itulah informasi terkait makanan untuk mencerahkan kulit secara alami yang mudah ditemui dan dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News