7 Makanan Berserat Tinggi untuk Diet, Bikin Kenyang Lebih Lama!



MOMSMONEY.ID - Bantu turunkan berat badan karena mengenyangkan. Ini beberapa makanan berserat tinggi untuk diet yang layak dicoba.

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat adalah salah satu cara efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Serat membantu memperlancar pencernaan dan membuat perut kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan.

Bersumber dari Healthline, berikut adalah beberapa makanan berserat tinggi untuk diet yang bisa Anda coba konsumsi:


1. Sayuran Daun Hijau

Sayuran seperti bayam, kale, dan kangkung memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori. Selain itu, sayuran ini kaya akan vitamin dan mineral.

Menambahkan sayuran hijau ke dalam diet harian Anda bisa membuat perut kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi camilan tidak sehat.

Baca Juga: Mengenal Istilah Cheat Day dalam Diet, Simak Juga Tips Melakukannya

2. Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, pir, stroberi, dan blueberry kaya akan serat dan memberikan rasa manis alami. Serat dalam buah membantu menjaga kesehatan pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah memakannya.

3. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti gandum, barley, dan quinoa tidak hanya kaya serat, tetapi juga mengandung protein. Serat dalam biji-bijian utuh bermanfaat untuk menjaga pencernaan tetap sehat serta memberikan rasa kenyang yang bertahan lama.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, dan kacang polong mengandung serat dan protein dalam jumlah tinggi. Camilan kacang-kacangan dapat membantu mengurangi asupan kalori berlebih karena membuat Anda kenyang lebih lama.

Baca Juga: 11 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan Tubuh Anda, Apa Saja ya?

5. Biji Chia dan Flaxseed

Biji chia dan flaxseed adalah sumber serat yang baik serta kaya akan asam lemak omega-3. Anda bisa menambahkannya ke dalam smoothie, yogurt, atau oatmeal untuk meningkatkan asupan serat harian.

6. Kentang dan Ubi Jalar

Kentang dan ubi jalar kaya serat serta mengandung berbagai vitamin dan mineral. Anda dapat menyertakan keduanya dalam hidangan seperti panggangan, sup, atau tumisan untuk meningkatkan asupan serat.

7. Oatmeal

Oatmeal merupakan pilihan sarapan yang kaya serat. Mengonsumsi oatmeal dengan tambahan buah segar atau kacang-kacangan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 9 Dampak Berbahaya Konsumsi Mie Instan Berlebihan, Cari Tahu di Sini!

Itulah beberapa makanan berserat tinggi untuk diet yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Rusia Dikucilkan di KTT PBB, Apa Penyebabnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas