7 Makanan dan Minuman yang Ampuh Membersihkan Ginjal, Cegah Batu Ginjal!



MOMSMONEY.ID - Cari tahu 7 makanan dan minuman yang ampuh membersihkan ginjal di sini.

Membersihkan ginjal secara teratur akan meningkatkan fungsinya dan mengurangi kembung. Demikian pula, membersihkan ginjal akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproses makanan tertentu, menyerap nutrisi, dan mengubah makanan menjadi energi.

Membuang limbah dan racun dari ginjal akan mencegah potensi infeksi dan mengurangi risiko masalah kandung kemih. Plus, mengurangi kemungkinan timbulnya batu ginjal yang menyakitkan, memperbaiki ketidakseimbangan hormon, serta mencegah timbulnya jerawat, eksim, dan ruam pada kulit.


Melansir Advanced Urology Institute, berikut ini MomsMoney bagikan daftar makanan dan minuman yang ampuh membersihkan ginjal untuk Anda konsumsi.

Baca Juga: 5 Manfaat Menyimpan Bunga di Dalam Rumah Untuk Kesehatan, Ampuh Kurangi Stres Lho

1. Cuka apel

Makanan dan minuman yang ampuh membersihkan ginjal pertama adalah cuka apel.

Cuka apel efektif dalam mencegah stres oksidatif pada ginjal. Cuka apel dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh, menyeimbangkan kadar gula darah, dan menurunkan tekanan darah, sehingga menciptakan kondisi optimal bagi kesehatan ginjal.

Cuka apel mengandung asam sitrat yang mampu melarutkan batu ginjal. Mengonsumsi cuka apel secara teratur juga bisa membuang racun dari ginjal.

2. Kacang merah

Makanan dan minuman yang ampuh membersihkan ginjal kedua adalah kacang merah.

Kacang merah dapat membuang limbah dan racun dari ginjal serta membuang batu ginjal secara efektif.

Kacang merah kaya akan vitamin B, serat, dan beberapa mineral yang membantu membersihkan ginjal sekaligus meningkatkan fungsi saluran kemih.

3. Air lemon

Makanan dan minuman yang ampuh membersihkan ginjal ketiga adalah air lemon.

Air lemon secara alami bersifat asam dan meningkatkan kadar sitrat dalam urin, sehingga menghambat pembentukan batu ginjal. Air lemon juga dapat menyaring darah dan membuang limbah serta racun lainnya.

Mengonsumsi air lemon setiap hari dapat mengurangi laju pembentukan batu ginjal dan melarutkan kristal kalsium oksalat yang merupakan unsur paling umum dari batu ginjal. Bagi penderita batu ginjal, mengombinasikan air lemon dengan minyak zaitun akan memastikan batu keluar dengan lancar.

4. Kemangi

Makanan dan minuman yang ampuh membersihkan ginjal keempat adalah kemangi.

Kemangi merupakan diuretik yang efektif. Kemangi mampu menghilangkan batu ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal. Kemangi juga bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah dan meningkatkan kesehatan ginjal.

Kandungan dalam kemangi seperti minyak esensial dan asam asetat dapat memecah batu ginjal dan memungkinkan pembuangannya dengan lancar.

Baca Juga: Ini 4 Menu Baru di Paris Baguette

5. Kurma

Makanan dan minuman yang ampuh membersihkan ginjal kelima adalah kurma.

Apabila kurma direndam dalam air selama 24 jam dan kemudian dikonsumsi setelah bijinya dibuang, maka kurma efektif dalam melarutkan dan membuang batu ginjal.

Kurma kaya akan serat, yang membantu mengurangi risiko batu ginjal. Kandungan magnesium dalam kurma juga dapat membersihkan ginjal.

6. Semangka

Makanan dan minuman yang ampuh membersihkan ginjal keenam adalah semangka.

Semangka bersifat diuretik ringan. Semangka tidak hanya dapat menghidrasi tubuh, tetapi juga membersihkan ginjal. Semangka kaya akan likopen, yang meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan memastikan ginjal berfungsi dengan baik.

Semangka juga mengandung banyak garam kalium yang mengatur keasaman urin dan mencegah pembentukan batu ginjal. Faktanya, mengonsumsi semangka secara teratur sangat baik untuk kesehatan ginjal.

7. Delima

Makanan dan minuman yang ampuh membersihkan ginjal ketujuh adalah delima.

Sari maupun biji buah delima mengandung banyak kalium dan karenanya efektif dalam menghilangkan batu ginjal.

Kalium mampu menurunkan keasaman urin, mencegah pembentukan batu karena sifat astringennya, menghambat kristalisasi mineral, serta membuang racun dan limbah dari ginjal.

Itulah 7 makanan dan minuman yang ampuh membersihkan ginjal. Kendati bermanfaat untuk membersihkan ginjal, namun pastikan Anda mengonsumsinya dalam porsi yang cukup alih-alih berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma