7 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Berdasarkan Penelitian, Banyak Khasiatnya



MOMSMONEY.ID - Manfaat tanaman lidah mertua ternyata sangatlah banyak. Itulah sebabnya tanaman lidah mertua menjadi salah satu tanaman hias terlaris di dunia.

Apa saja manfaat tanaman lidah mertua? Berdasarkan penelitian dan para ahlii, tanaman lidah mertua memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Mengutip Balcony Garden Web, sebuah penelitian yang diterbitkan baru-baru ini menyatakan bahwa polusi udara di dalam ruangan sama mematikannya dengan polusi udara di luar ruangan.


Baca Juga: 8 Manfaat Air Plant, Tanaman yang Punya Banyak Khasiat yang Tidak Diketahui

Ada banyak cara untuk mengurangi polusi udara dalam ruangan; dua artikel dari University of Kentucky Extension dan NASD ini menunjukkan sumbernya dengan baik dan mengontrolnya.

Berikut ini tujuh manfaat tanaman lidah mertua berdasarkan penelitian. 

1. Penghasil Oksigen 

Abstrak penelitian yang dipublikasikan di Harvard University Extension mengamati bahwa tanaman ular merupakan salah satu tanaman dalam ruangan penghasil oksigen terbaik. Ficus dan pothos adalah tanaman lain yang masuk dalam daftar.

2. Tampilan Unik

Selain sebagai salah satu tanaman pemurni udara terbaik, tampilannya sangat bagus dan unik. 

Dedaunan yang tidak miring, lebat, dan tinggi tanpa batang terlihat begitu modern, dan di atasnya terdapat corak hijau, kuning, atau abu-abu dengan garis-garis horizontal menjadikannya tanaman indoor yang diidamkan.

3. Bantu Hilangkan Polutan Udara

Salah satu manfaat kesehatan tanaman ular yang terbaik adalah kontribusinya yang kecil dalam menghilangkan polutan udara beracun. 

Baca Juga: Tanaman Lidah Mertua Layu dan Terkulai? Ini yang Bisa Anda Lakukan

Selain CO2, ia dapat menyerap benzena, formaldehida, xilena, dan toluena. Polutan penyebab kanker ini berbahaya bagi kesehatan kita, sebuah fakta yang sudah terbukti.

Eksperimen NASA yang terkenal pada tahun 1989 pada tanaman dalam ruangan membuktikan bahwa tanaman dengan luas permukaan daun lebih banyak (tanaman lebih berdaun dan lebih besar) melakukan pemurnian udara lebih baik, dan tanaman ular adalah salah satunya.

4. Menyerap CO2 di Malam Hari

Eksperimen NASA yang terkenal pada tahun 1989 pada tanaman dalam ruangan membuktikan bahwa tanaman dengan luas permukaan daun lebih banyak (tanaman lebih berdaun dan lebih besar) melakukan pemurnian udara lebih baik, dan tanaman ular adalah salah satunya.

Ini adalah pertanyaan yang membingungkan dan tidak percaya bahwa tanaman ular atau tanaman lainnya terus-menerus melepaskan oksigen di malam hari. Kami tidak menemukan bukti substansial yang membuktikan hal itu. Namun tanaman ular memang mampu mengurangi CO2 bahkan di malam hari.

Baca Juga: Banyak Khasiat yang Didapatkan, Catat 9 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

5. Melawan Alergi

Karena Metabolisme Asam Crassulacean (CAM), kemampuan untuk melakukan jenis fotosintesis tertentu. 

Tanaman CAM merupakan tanaman yang tahan terhadap kekeringan dan iklim kering, misalnya sukulen. Mereka membuka stomata di malam hari untuk meminimalkan kehilangan air dalam kondisi panas.

6. Energi Pelindung

Beberapa orang percaya bahwa tanaman ular bukanlah tanaman yang baik jika dilihat dari feng shui. Hal ini jauh dari kenyataan. Jika ditempatkan pada posisi yang ideal, ia membawa energi pelindung dan pemurnian ke rumah atau kantor.

Dalam feng shui, tanaman runcing dianggap sangat baik melawan Chi negatif. Karena mereka sangat agresif, Anda perlu menempatkan mereka di daerah yang jarang dilalui orang. Beberapa spot terbaik adalah sudut Tenggara, Selatan, dan Timur.

7. Perawatan Rendah 

Dengan semua Manfaat dan fakta Tanaman Ular lainnya  yang tercantum di atas, satu lagi yang perlu ditambahkan adalah ini adalah salah satu tanaman hias dengan perawatan rendah terbaik di dunia. 

Ia dapat tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh, di tempat teduh penuh, dan kekurangan air. Pada dasarnya, hal ini tumbuh subur jika diabaikan. 

Nah itulah beberapa manfaat tanaman lidah mertua berdasarkan penelitian yang dapat Anda dapatkan banyak khasiatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria