7 Pupuk Alami untuk Anggrek yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah



MOMSMONEY.ID - Ada beberapa pupuk alami untuk anggrek yang bisa dibuat sendiri di rumah. Pupuk alami untuk anggrek ini dapat menggunakan bahan-bahan yang aman. 

Pupuk alami untuk anggrek yang bisa dibuat sendiri dapat Anda simak di artikel ini.

Bahan-bahan yang digunakan juga mudah ditemukan di sekitar rumah. Pupuk alami ini tentunya lebih aman karena tidak ada kandungan bahan kimia. 


Baca Juga: 12 Daftar Bunga Paling Populer di Dunia Menurut Google Tahun 2024

Nah, berikut ini pupuk alami untuk anggrek yang bisa dibuat sendiri. 

1. Pupuk Larut Air

Pupuk ini merupakan sumber nitrogen yang sangat baik dan dapat digunakan sebagai alternatif penyiraman rutin setiap bulan sekali. Lihat di bawah:

Resep : Tuang sisa kopi hitam atau teh ke dalam teko, campurkan empat kali air, dan 1 sendok teh cuka sari apel. Simpan larutan ini dalam wadah kedap udara tetapi jangan disimpan di lemari es. 

Dapat disimpan selama 5-7 hari. Sirami anggrek Anda dengan larutan ini sebagai pengganti penyiraman rutin sebulan sekali dan saksikan anggrek Anda berubah menjadi hijau subur dengan lebih banyak bunga!

2. Pupuk Butiran

Baca Juga: 10 Daftar Bunga Tercantik di Dunia yang Cocok Jadi Dekorasi

Anda bisa mengaplikasikan makanan kaya nitrogen ini sebulan sekali pada anggrek untuk mendapatkan nutrisi lengkap yang mengandung ekstra fosfor dan kalsium.

Resep : Campurkan 2 cangkir tepung tulang, 2 cangkir tepung biji kapas, dan 2 cangkir abu kayu ke dalam mangkuk. 

Oleskan 3 sendok makan campuran ini ke dalam campuran anggrek setiap 2-3 bulan sekali. Anda bisa menyimpan sisa adonan dalam wadah kedap udara.

3. Pupuk Daun Cangkang Telur

Anda dapat menggunakan ini pada dedaunan anggrek untuk memberi mereka dosis yang kaya akan nitrogen, kalium, dan kalsium.

Resep : Rendam 12 kulit telur semalaman, lalu haluskan dengan penggiling atau lesung dan alu. 

Tambahkan campuran bubuk kulit telur ini ke dalam 1 liter air mendidih di dalam panci. Saring larutan ke dalam botol semprot bersih dan semprotkan pada anggrek setiap 10-14 hari sekali.

4. Air Rebusan Kentang atau Nasi

Baik kentang maupun air rebusan nasi mengandung kalsium dan potasium. Selain itu, air beras juga mengandung vitamin B. Anda bisa menyimpan airnya di lemari es setelah memasak atau merebus kentang dan nasi.

Sebelum digunakan, keluarkan air dari lemari es dan biarkan mencapai suhu ruangan. Gunakan tepung cair ini setiap 3-4 minggu sekali pada anggrek Anda untuk mendapatkan daun yang lebih hijau dan bunga yang mekar lebih lebat.

5. Menggunakan Garam Epsom

Untuk memberi makan anggrek Anda dengan makanan kaya magnesium, campurkan satu sendok teh garam Epsom ke dalam 2 liter air. Rendam akar anggrek dalam larutan tersebut selama 10-20 menit. Anda bisa melakukan ini setiap 3-4 bulan sekali.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias untuk Bisnis, Bisa Untung dan Hasilkan Uang Banyak

6. Molase

Campurkan dua sendok teh molase ke dalam satu galon air dan gunakan untuk menyiram tanaman Anda. Ini akan memberikan dosis potasium yang sangat dibutuhkan anggrek. 

Ini biasanya digunakan dalam hortikultura dan membantu mekarnya bunga.

7. Susu Sapi

Susu sapi sangat baik untuk melawan penyakit jamur yang rentan menyerang anggrek. Encerkan 1 bagian susu dengan 4 bagian air dan gunakan pada tanaman Anda setiap 2-4 minggu sekali. 

Ini adalah sumber kalsium dan protein pembentuk nitrogen yang membantu kesehatan tanaman secara keseluruhan.

Nah, itulah beberapa pupuk alami untuk anggrek yang bisa dibuat sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria