7 Rekomendasi Pengganti Santan untuk Diet, Cek Ada Apa Saja!



MOMSMONEY.ID - Jika Anda sedang diet, coba pertimbangkan beberapa rekomendasi pengganti santan untuk diet ini, yuk!

Santan adalah bahan dalam masakan yang memberikan rasa gurih dan kaya pada berbagai hidangan. Namun, bagi yang sedang menjalani diet rendah lemak atau ingin mengurangi konsumsi, ada beberapa alternatif pengganti santan yang lebih sehat dan tetap memberikan tekstur serta rasa yang enak.

Melansir dari Healthline, inilah beberapa rekomendasi pengganti santan untuk diet:


1. Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan alternatif nabati dengan kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan santan. Anda bisa menggunakan susu kedelai dengan perbandingan yang sama dalam berbagai resep. Pilih susu kedelai tanpa pemanis agar tidak mengubah rasa masakan.

Baca Juga: 8 Minuman Terbaik agar Kulit Awet Muda, Air Kelapa Salah Satunya

2. Susu Almond

Susu almond adalah pilihan rendah kalori dengan rasa netral, cocok untuk smoothies, sereal, atau bahan untuk baking. Jika ingin menambah kekentalan saat menggantikan santan, Anda bisa menambahkan sedikit jus lemon.

3. Susu Mete

Susu mete memiliki tekstur yang lembut dan kaya, menjadikannya pengganti santan yang baik untuk saus atau sup. Untuk hasil yang lebih kental, Anda bisa menggunakan krim mete.

4. Susu Oat

Susu oat adalah pilihan tepat untuk dicampur dalam kopi atau latte. Susu oat dapat digunakan dengan perbandingan yang sama dengan santan, terutama pada resep yang memerlukan pemanasan tinggi.

Baca Juga: 10 Makanan Terbaik agar Kulit Awet Muda, Jaga Kesehatannya dari Dalam!

5. Susu Rami

Susu rami memiliki rasa yang manis dengan sedikit sentuhan pedas, sehingga bisa menjadi pengganti santan yang berguna, terutama dalam baking.

6. Susu Beras

Susu beras lebih encer dibandingkan santan, namun cocok untuk oatmeal, smoothies, atau beberapa jenis dessert. Selain itu, susu beras adalah alternatif yang hypoallergenic, sehingga aman bagi mereka yang memiliki alergi.

7. Tahu Sutra

Tahu sutra adalah pilihan vegan yang serbaguna. Anda bisa menggunakannya dalam sup, smoothies, atau saus. Campurkan tahu sutra dengan susu kedelai untuk mendapatkan tekstur yang halus dan konsistensi yang mirip dengan santan.

Baca Juga: 10 Buah Rendah Kalori yang Bagus untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Itulah beberapa pengganti santan untuk diet yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Tonton: Masuk Umur 40-an Tahun, Begini Cara Efektif Turunkan Berat Badan

Selanjutnya: Dorong Literasi Anak, Alfamidi dan SGM Salurkan Buku Bacaan di 11 Kota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas